PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

 

 

IDENTITAS PROGRAM STUDI

 

1.

Nama Program Studi

:

PEndidikan aGama islam

2.

Ijin Penyelenggaraan Prodi

:

Dj.I/867/2010 Tanggal 6 Desember 2010

3.

Akreditasi  Prodi

:

a  (135/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VI/2013)

4.

Gelar Akademik Beserta Singkatannya

:

Sarjana Pendidikan Agama Islam (s.Pd)

5.

Jenis Pendidikan

:

Akademik

6.

Program Pendidikan

:

Program Sarjana (Level 6)

7.

Bahasa Pengantar Kuliah

:

Bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab

8.

Masa Studi Program Sarjana

:

8 (delapan) semester atau 4 (empat) Tahun

9.

No. Telepon

:

0341-551398

10.

Faksimil

:

0341-551398

11.

Hompage

:

http://fitk.uin-malang.ac.id/

12.

E-mail PS

:

pai@uin-malang.ac.id

 

VISI PROGRAM STUDI

Pada Tahun 2030 menjadi Jurusan/Program Studi terkemuka dalam menyiapkan tenaga pendidik Agama Islam dan pengelola pada satuan pendidikan keagamaan Islam yang berkarakter Ulul Albab dan memiliki wawasan internasional.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik agama Islam di sekolah/Madrasah dan jenis pendidikan keagamaan Islam lainnya, serta menjadi pengelola satuan pendidikan keagamaan Islam.
  2. Mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga kependidikan Islam.
  3. Mengembangkan paradigma baru manajemen pendidikan dan menciptakan iklim akademis religius dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi sebagai pendidik agama Islam
  4. Mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Islam baik pada jalur pendidikan formal, non formal maupun informal.
  5. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  6. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika profesional dan moral akademis untuk pengendalian mutu program studi

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan pendidik agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan Islam di sekolah/madrasah.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program, dan mengembangkan inovasi-inovasi program satuan pendidikan keagamaan Islam.
  3. Menghasilkan lulusan tambahan sebagai Konselor dan penyuluh Pendidikan Agama Islam di sekolah dan keluarga; Pendidik PAI di Luar Negeri; Trainer Pendidikan Agama Islam; Pengelola Lembaga pendidikan Islam; Pembimbing manasik haji; Pemimpin sosial-keagamaan di sekolah/madrasah dan masyarakat; Jurnalis Pendidikan Islam; Sosiolog Pendidikan Islam; Intrepreneur Islam; dan Juru Dakwah / Muballigh.

 

PROFIL LULUSAN PRODI

 

1. Profil Utama:

Sebagai Pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

 

2. Profil Tambahan:

  1. Konselor dan penyuluh Pendidikan Agama Islam di sekolah dan keluarga
  2. Pendidik PAI di Luar Negeri
  3. Trainer Pendidikan Agama Islam
  4. Pengelola Lembaga pendidikan Islam
  5. Pembimbing haji
  6. Pemimpin sosial-keagamaan di sekolah/madrasah dan masyarakat
  7. Jurnalis Pendidikan Islam
  8. Sosiolog Pendidikan Islam
  9. Intrepreneur Islam
  10. Juru Dakwah/Muballigh

 

 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) PRODI PAI

Untuk mencapai visi, misi, tujuan dan profil lulusan yang ideal, kurikulum prodi PAI dirancang memiliki empat kompetensi utama sebagai berikut:

 

1.

Kemampuan Kerja

  1. Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mampu memanfaatkan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
  3. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

2.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.
  2. Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas,  mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
  3. Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.
  4. Menguasai konsep integrasi  keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.
  5. Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah.

3.

Kemampuan Manajerial

  1. Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekoah/madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevan
  2. Mampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah Pendidikan Agama Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan  peserta didik
  3. Mampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta  isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

4.

Tanggung Jawab

  1. Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.
  2. Mampu  menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME)

Capaian pembelajaran prodi PAI yaitu untuk mencapai indikator kompetensi (kemampuan) utama tersebut di atas, yang dijabarkan melalui capaian pembelajaran sebagai berikut:

  • Sikap dan Tata Nilai

Kode

Deskripsi Sikap dan Tata Nilai

A-01

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

A-02

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

A-03

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila

A-04

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta bertanggung jawab pada bangsa dan negara

A-05

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain

A-06

Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

A-07

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

A-08

Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik

A-09

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri

A-10

Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

A-11

Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman

A-12

Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran,  kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya.

A-13

Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;

A-14

Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas;

A-15

Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.

A-16

Menunjukkan etos kerja,  tanggung jawab, rasa bangga dan cinta menjadi pendidik, dan percaya diri.

A-17

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri.

 

  • Keterampilan / Kemampuan Kerja

 

Kode

Deskripsi Keterampilan / Kemampuan Kerja

B-01

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

B-02

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

B-03

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

B-04

Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

B-05

Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

B-06

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

B-07

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

B-08

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

B-09

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi

B-10

Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan  keilmuan  dan kemampuan kerja;

B-11

Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

B-12

Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar

B-13

Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)

B-14

Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar.

B-15

Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum

B-16

Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

B-17

Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

B-18

Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan  dan keMampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat

B-19

Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum

B-20

Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran

B-21

Mampu melaksanakan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

B-22

Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati.

  • Penguasaan Pengetahuan

Kode

Deskripsi Penguasaan Pengetahuan

C-01

Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;

C-02

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)

C-03

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

C-04

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

C-05

Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin

C-06

Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;

C-07

Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.

C-08

Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

C-09

Menguasai teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI di sekolah/madrasah

C-10

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.

C-11

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.

C-12

Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan  Pendidikan Agama Islam yang mencakup bidang keilmuan al-qur’an-hadits, akidah-akhlak, ushul fikih-fikih, dan sejarah kebudayaan Islam.

C-13

Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

C-14

Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif

C-15

Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sebagai ibu dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah

 

  • Manajerial (Kewenagan dan Hak)

Kode

Deskripsi Manajerial (Kewenangan dan Hak)

D-1

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data

D-2

Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri

D-3

Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara kelompok

D-4

Mampu bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dalam dunia kerja

D-5

Mampu diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi  dalam dunia kerja

 

 

KURIKULUM PRODI PAI

Untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) dan capaian pembelajaran (learning outcome), prodi PAI menyajikan konten kurikulum sebesar 150 SKS, dengan sebaran mata kuliah sebagai berikut:

 

  • Mata Kuliah Wajib Umum/Universitas (34 SKS)

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1700101

Pancasila

2

MK. Wajib Universitas

2

1700102

Kewarganegaraan

2

MK. Wajib Universitas

3

1700103

Bahasa Indonesia

2

MK. Wajib Universitas

4

1700104

Bahasa Inggris I

3

MK. Wajib Universitas

5

1700105

Bahasa Inggris II

3

MK. Wajib Universitas

6

1700107

Filsafat Ilmu

2

MK. Wajib Universitas

7

1700107

Studi Al-Qur`an dan Al-Hadits

2

MK. Wajib Universitas

8

1700108

Studi Fiqh

2

MK. Wajib Universitas

9

1700109

Teosofi

2

MK. Wajib Universitas

10

1700110

Sejarah Peradaban Islam

2

MK. Wajib Universitas

11

1700111

Bahasa Arab Maharah Istima I

1

MK. Wajib Universitas

12

1700112

Bahasa Arab Maharah Kitabah I

1

MK. Wajib Universitas

13

1700113

Bahasa Arab Maharah Kalam I

2

MK. Wajib Universitas

14

1700114

Bahasa Arab Maharah Qiro`ah I

2

MK. Wajib Universitas

15

1700115

Bahasa Arab Maharah Istima` II

1

MK. Wajib Universitas

16

1700116

Bahasa Arab Maharah Kitabah II

1

MK. Wajib Universitas

17

1700117

Bahasa Arab Maharah Kalam II

2

MK. Wajib Universitas

18

1700118

Bahasa Arab Maharah Qiro`ah II

2

MK. Wajib Universitas

Jumlah

34

 

  • Mata Kuliah Wajib Fakultas (43 SKS)

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1710201

Penulisan Karya Ilmiah

2

MK. Wajib Fakultas

2

1710202

Teori Belajar Dan Psikologi Perkembangan

3

MK. Wajib Fakultas

3

1710203

Evaluasi Pembelajaran

2

MK. Wajib Fakultas

4

1710204

Dasar-Dasar Pendidikan Islam

2

MK. Wajib Fakultas

5

1710205

Penelitian Tindakan Kelas

2

MK. Wajib Fakultas

6

1710206

Manajemen Pendidikan Islam

2

MK. Wajib Fakultas

7

1710207

Pengembangan Kurikulum

3

MK. Wajib Fakultas

8

1710208

Pengabdian Pada Masyarakat

2

MK. Wajib Fakultas

9

1710209

Statistik Pendidikan

2

MK. Wajib Fakultas

10

1710210

Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran

2

MK. Wajib Fakultas

11

1710211

Keterampilan Dasar Mengajar (KDM)

3

MK. Wajib Fakultas

12

1710212

Metodologi Penelitian Kualitatif

2

MK. Wajib Fakultas

13

1710213

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

MK. Wajib Fakultas

14

1710214

Bimbingan Konseling

2

MK. Wajib Fakultas

15

1710215

Magang I

1

MK. Wajib Fakultas

16

1710216

Magang II

1

MK. Wajib Fakultas

17

1710217

Seminar Proposal Penelitian

0

MK. Wajib Fakultas

18

1710218

Komprehensif

0

MK. Wajib Fakultas

19

1710219

Praktik Kerja Lapangan PKL

4

MK. Wajib Fakultas

20

1710220

Skripsi

6

MK. Wajib Fakultas

Jumlah

43

 

  • Mata Kuliah Wajib Prodi (63 SKS)

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1711301

Ilmu Pendidikan Islam

3

MK. Wajib Prodi

2

1711302

Sejarah Pendidikan Islam

3

MK. Wajib Prodi

3

1711303

Kapita Selekta Pendidikan Islam

3

MK. Wajib Prodi

4

1711304

Qur'an Hadits 1

3

MK. Wajib Prodi

5

1711305

Qur'an Hadits II

3

MK. Wajib Prodi

6

1711306

Fiqh I

3

MK. Wajib Prodi

7

1711307

Fiqh II

3

MK. Wajib Prodi

8

1711308

Akidah Akhlak I

3

MK. Wajib Prodi

9

1711309

Akidah Akhlak II

3

MK. Wajib Prodi

10

1711310

Sejarah Kebudayaan Islam I

3

MK. Wajib Prodi

11

1711311

Sejarah Kebudayaan Islam II

3

MK. Wajib Prodi

12

1711312

Qiroatul Kutub

3

MK. Wajib Prodi

13

1711313

Hikmatut Tasyri'

3

MK. Wajib Prodi

14

1711314

Pemikiran Pendidikan Islam

3

Mk. Wajib Prodi

15

1711315

Psikologi Pendidikan

2

MK. Wajib Prodi

16

1711316

Kepemimpinan Pendidikan Islam

3

MK. Wajib Prodi

17

1711317

Metode Khusus PAI

3

MK. Wajib Prodi

18

1711318

Etika Profesi Guru PAI

2

MK. Wajib Prodi

19

1711319

Ushul Fiqh

2

MK. Wajib Prodi

20

1711320

Masail Fiqh

3

MK. Wajib Prodi

21

1711321

Perencanaan Pembelajaran PAI

2

MK. Wajib Prodi

22

1711502

Sosiologi Pendidikan

2

MK. Wajib Prodi

23

1711503

Sosiologi Agama

2

MK. Wajib Prodi

Jumlah

63

 

 

  • Mata Kuliah Pilihan / Penunjang (19 SKS)

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1711513

Pendidikan Enterpreneurship*

2

MK. Pilihan (penunjang)

2

1711514

Pendidikan Jurnalistik

2

MK. Pilihan (Penunjang)

3

1711515

Manajemen Dakwah

2

MK. Pilihan (Penunjang)

4

1711516

Teknologi Informasi

2

MK. Pilihan (Penunjang)

5

1711517

Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an*

2

MK. Pilihan (penunjang)

6

1711518

Studi Agama-Agama

2

MK. Pilihan (Penunjang)

7

1711519

Pendidikan Multikultural*

2

MK. Pilihan (penunjang)

8

1711520

Pendidikan Anti Korupsi*

2

MK. Pilihan (penunjang)

9

1711521

Desain Komunikasi Visual PAI*

3

MK. Pilihan (penunjang)

Jumlah

19

 

 

  • Sebaran Mata Kuliah Per Semester

SEMESTER I

 

 

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1700101

Pancasila

2

MK. Wajib Universitas

2

1710201

Penulisan Karya Ilmiah

2

MK. Wajib Fakultas

3

1700103

Bahasa Indonesia

2

MK. Wajib Universitas

4

1700107

Filsafat Ilmu

2

MK. Wajib Universitas

5

1700111

Bahasa Arab Maharah Istima I

1

MK. Wajib Universitas

6

1700112

Bahasa Arab Maharah Kitabah I

1

MK. Wajib Universitas

7

1700113

Bahasa Arab Maharah Kalam I

2

MK. Wajib Universitas

8

1700114

Bahasa Arab Maharah Qiro`ah I

2

MK. Wajib Universitas

9

1710204

Dasar-Dasar Pendidikan Islam

2

MK. Wajib Fakultas

10

1711315

Psikologi Pendidikan

2

MK. Wajib Prodi

11

1711516

Teknologi Informasi

2

MK. Pilihan (pilihan)

JUMLAH SKS/JS

20

 

 

 

 

 

 

SEMESTER II

 

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1700115

Bahasa Arab Maharah Istima` II

1

MK. Wajib Universitas

2

1700116

Bahasa Arab Maharah Kitabah II

1

MK. Wajib Universitas

3

1700117

Bahasa Arab Maharah Kalam II

2

MK. Wajib Universitas

4

1700118

Bahasa Arab Maharah Qiro`ah II

2

MK. Wajib Universitas

5

1700102

Kewarganegaraan

2

MK. Wajib Universitas

6

1710202

Teori Belajar Dan Psikologi Perkembangan

3

MK. Wajib Fakultas

7

1710209

Statistik Pendidikan

2

MK. Wajib Fakultas

8

1711302

Sejarah Pendidikan Islam

3

MK. Wajib Prodi

9

1711314

Pemikiran Pendidikan Islam

3

Mk. Wajib Prodi

10

1711518

Studi Agama-Agama

2

MK. Pilihan (Penunjang)

JUMLAH SKS/JS

21

 

 

 

 

 

 

SEMESTER III

 

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1700104

Bahasa Inggris I

3

MK. Wajib Universitas

2

1700107

Studi Al-Qur`an dan Al-Hadits

2

MK. Wajib Universitas

3

1700108

Studi Fiqh

2

MK. Wajib Universitas

4

1700109

Teosofi

2

MK. Wajib Universitas

5

1710206

Manajemen Pendidikan Islam

2

MK. Wajib Fakultas

6

1711301

Ilmu Pendidikan Islam

3

MK. Wajib Prodi

7

1711303

Kapita Selekta Pendidikan Islam

3

MK. Wajib Prodi

8

1711312

Qiroatul Kutub

3

MK. Wajib Prodi

9

1710215

Magang I

1

MK. Wajib Universitas

10

1700110

Sejarah Peradaban Islam

2

MK. Wajib Universitas

JUMLAH SKS/JS

23

 

 

SEMESTER IV

 

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1700105

Bahasa Inggris II

3

MK. Wajib Universitas

2

1710207

Pengembangan Kurikulum

3

MK. Wajib Fak.

3

1710212

Metodologi Penelitian Kualitatif

2

MK. Wajib Fak.

4

1711304

Qur'an Hadits 1

3

MK. Wajib Prodi

5

1711306

Fiqh I

3

MK. Wajib Prodi

6

1711308

Akidah Akhlak I

3

MK. Wajib Prodi

7

1711310

Sejarah Kebudayaan Islam I

3

MK. Wajib Prodi

8

1711503

Sosiologi Agama

2

MK. Wajib Prodi

9

1710203

Evaluasi Pembelajaran

2

MK. Wajib Fakultas

JUMLAH SKS/JS

24

 

 

 

 

 

 

SEMESTER V

 

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1710210

Pengembangan Sumber Dan Media Pembelajaran

2

MK. Wajib Fakultas

2

1710213

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2

MK. Wajib Fakultas

3

1710216

Magang II

1

MK. Wajib Fakultas

4

1711305

Qur'an Hadits II

3

MK. Wajib Prodi

5

1711307

Fiqh II

3

MK. Wajib Prodi

6

1711309

Akidah Akhlak II

3

MK. Wajib Prodi

7

1711311

Sejarah Kebudayaan Islam II

3

MK. Wajib Prodi

8

1711317

Metode Khusus PAI

3

MK. Wajib Prodi

9

1711316

Kepemimpinan Pendidikan Islam

3

MK. Wajib Prodi

JUMLAH SKS/JS

23

 

 

 

 

 

 

SEMESTER VI

 

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1710205

Penelitian Tindakan Kelas

2

MK. Wajib Fakultas

2

1710211

Keterampilan Dasar Mengajar KDM

3

MK. Wajib Fakultas

3

1710214

Bimbingan Konseling

2

MK. Wajib Fakultas

4

1711313

Hikmatut Tasyri'

3

MK. Wajib Prodi

5

1711318

Etika Profesi Guru PAI

2

MK. Wajib Prodi

6

1711319

Ushul Fiqh

2

MK. Wajib Prodi

7

1711321

Perencanaan Pembelajaran PAI

2

MK. Wajib Prodi

8

1711515

Manajemen Dakwah

2

MK. Pilihan (Penunjang)

9

1711320

Masail Fiqh

3

MK. Wajib Prodi

10

1711514

Pendidikan Jurnalistik

2

MK. Pilihan (Penunjang)

JUMLAH SKS/JS

23

 

 

SEMESTER VII

 

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1710208

Pengabdian Pada Masyarakat

2

MK. Wajib Fakultas

2

1710217

Seminar Proposal Penelitian

0

MK. Wajib Fakultas

3

1711502

Sosiologi Pendidikan

2

MK. Wajib Prodi

4

1710219

Praktik Kerja Lapangan PKL

4

MK. Wajib Fakultas

 

 

 

 

 

1

1711513

Pendidikan Enterpreneurship*

2

MK. Pilihan (penunjang)

2

1711517

Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an*

2

MK. Pilihan (penunjang)

3

1711519

Pendidikan Multikultural*

2

MK. Pilihan (penunjang)

4

1711520

Pendidikan Anti Korupsi*

2

MK. Pilihan (penunjang)

5

1711521

Desain Komunikasi Visual PAI*

3

MK. Pilihan (penunjang)

JUMLAH SKS/JS

10

 

*) Mata Kuliah pilihan diambil 2 SKS, Maksimal 4 SKS

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER VIII

 

 

No.

Kode

Matakuliah

SKS

Keterangan

1

1710218

Komprehensif

0

MK. Wajib Fakultas

2

1710220

Skripsi

6

MK. Wajib Fakultas

JUMLAH SKS/JS

6

 

 

DOSEN PAI

No

Nama Dosen Tetap

NIDN

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

 
 

-1

-2

-3

-4

-5

-6

-7

-8

 

1. 

Prof. Dr. H. Imam Suprayogo

2002015701

2 Januari 1951

Guru Besar / IVe

Drs

S1 IAIN Sunan Ampel

Kependidikan Kemasyarakatan Islam

 

Dr

S3 Universitas Airlangga

Ilmu Sosial

 

2.

Prof. Dr. H. Muhaimin, MA

2011125601

11 Desember 1956

Guru Besar/ Direktur Pascasarjana

Drs

S1, IAIN Sunan Ampel Malang

Ilmu Pendidikan Agama Islam

 

MA

S2,  IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ilmu Pendidikan Islam

 

Dr

S3, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ilmu Pendidikan Islam

 

3.

Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I

2031125604

31 Desember 1956

Guru Besar / IVe

Drs.

S1-IAIN     Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.PdI

S2- UNISMA

Pendidikan Agama Islam

 

Dr.

S3- Universitas Negeri Malang

Manajemen Pendidikan

 

4.

Dr. H. Asmaun Sahlan, M.Ag

2010115201

10 November 1952

Lektor Kepala

Drs

S-1:IAIN SA Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M. Ag.

S-2: Universitas Muhammadiyah Malang

Studi Islam

 

Dr

IAIN Sunan Ampel Surabaya

Ilmu Ke-Islaman

 

5.

Dr. H. Farid Hasyim, M.Ag

9990263752

9 Maret 1952

Lektor Kepala

Drs

S1, IAIN SA Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.Ag

S2,  UMM Malang

Studi Islam

 

Dr

S3, IAIN SA Surabaya

Ilmu Keislaman

 

6.

Dr. H. Muhammad Zainuddin, MA

2007056201

7 Mei 1962

Lektor Kepala

Drs.

S1, IAIN Sunan Kalijaga Yogja

Sejarah Kebudayaan islam

 

MA

S2, IAIN Sunan Kalijaga Yogja

Pendidikan

 

Dr.

S3, IAIN SA Surabaya

Ilmu Keislaman

 

7.

Dr. H. Agus Maimun, M.Pd

2017086503

17 Agustus 1965

Lektor Kepala

Drs

S1, IAIN SA Malang  

Metodologi Penelitian

 

M.Pd

S2,  IKIP Malang

Teknologi Pembelajaran

 

Dr

S3, UNJ Jakarta

Metodologi Penelitian

 

8.

Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd

2026056901

26 Mei 1969

Lektor Kepala

S.Pd

S1, IKIP Malang

Teknologi Pendidikan

 

M.Pd

S2, IKIP Malang

Manajemen Pendidikan

 

Dr

S3, Universitas Negeri Malang

Manajemen Pendidikan

 

9.

Dr. H. Nur Ali, M.Pd

2003046501

3 April 1965

Lektor Kepala

Drs.

S1, IAIN SA Malang

Tadris Bahasa Inggris

 

M.Pd

S2, IKIP Malang

Manajemen Pendidikan

 

Dr.

S3, Univ. Negeri Malang

Manajemen Pendidikan

 

10.

Dr. Hj. Sulalah, M.Ag

2012116501

12 November 1965

Lektor Kepala

Dra.

S1, IAIN SA Malang

Pendidikan Bahasa Arab

 

M.Ag

S2, IAIN SA Surabaya

Pendidikan Islam

 

Dr.

S3, IAIN SA Surabaya

Ilmu Keislaman

 

11.

Dr. H. M. Padil, M.Pd.I

2005126502

5 Desember 1965

Lektor Kepala

Drs

S1, IAIN SA Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.PdI

S2,  IAIN SA Surabaya

Pendidikan Islam

 

Dr

S3, IAIN SA Surabaya

Ilmu Keislaman

 

12.

Dr. Suaib H. Muhammad, M.Ag

2031125704

31 Desember 1957

Lektor Kepala

Drs

S1, IAIN SA Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.Ag

S2,  UMM Malang

Studi Islam

 

Dr

S3, IAIN SA Surabaya

Tafsir

 

13.

Dr. Hj. Suti’ah, M.Pd

2005106501

6 Oktober 1965

Lektor Kepala

Dra

S1, IAIN SA Malang

Dasar – Dasar Pendidikan

 

M.Pd

S2, Universitas Negeri Malang

Teknologi Pendidikan

 

Dr

S3, Universitas Negeri Malang

Teknologi Pendidikan

 

14.

Dr. H. M. Samsul Hady, M.Ag

2025086601

25 Agustus 1966

Lektor Kepala

Drs

S1, IAIN SA Malang

Pendidikan Agama

 

M.Ag

S2,  IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pengkajian Islam

 

Dr

S3, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Pengkajian Islam

 

15.

Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag

2020126701

20 Desember 1967

Lektor Kepala

Drs

S1, IAIN SA Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.Ag

S2,  UMM Malang

Studi Islam

 

Dr

S3, IAIN SA Malang

Ilmu Keislaman

 

16.

H. Triyo Supriyatno, M.Ag, Ph.D

2027047001

27 April 1970

Lektor Kepala

S. PdI

S1, IKIP Malang

Pendidikan Bahasa Arab

 

M.Ag

S2,  UMJ Jakarta

Pendidikan Islam

 

Ph.D

University of Malaya Malaysia

Islamic Education

 

17.

Dr. H.M. Mujab, MA

20-2111-6601

21 Nopember 1966

Lektor

Drs

S1, Darul Ulum Deoband India

Hadist

 

MA

S2, Aligarh Muslim Univ. Hadist India

Sejarah Peradaban Islam

 

PhD

S3, Aligarh Muslim Univ. Hadist India

Ilmu Hadis

 

18.

Dr. H. Mohammad Asrori, M.Ag

2020106901

20 Oktober 1969

Lektor Kepala

S.Ag

S1, IAIN SA Malang

Pendidikan Bahasa Arab

 

M.Ag

S2,  UNISMA Malang

Studi Islam

 

Dr

S3, IAIN SA Surabaya

Ilmu Keislaman

 

19.

Dr. H. Bakhruddin Fannani, MA

2020046301

20 April 1963

Lektor Kepala

Drs.

S1, IAIN Sunan Gunung Jati Bandung

Pendidikan Agama Islam

 

MA

S2 UGM

Ilmu Perbandingan Agama

 

Dr.

S3- OIU Khartoum, Republic of Sudan

Perbandingan Pendidikan

 

20.

Dr. Mohammad Samsul Ulum,M.Ag

2006087201

6 Agustus 1972

Lektor

S.Ag

S1, STAIN Malang

Bahasa Arab

 

MA

S2, STAIN Malang

Pembelajaran Bahasa Arab

 

Dr.

S3, UIN Malang

Pembelajaran Bahasa Arab

 

21.

Dr. Marno, M.Ag

2022087203

22 Agustus 1972

Lektor Kepala

S.Ag

S1, STAIN Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.Ag

S2, STAIN Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

Dr

S3, UIN Maliki Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

22.

Dr. Istianah Abu Bakar, M.Ag

2009077701

9 Juli 1977

Lektor

S.Ag

S1, STAIN Malang

Pendidikan Islam

 

M.Pd

S2, UMM Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

Dr

S3, UIN Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

23.

Dr. Mulyono, M.A

2026066602

26 Juni 1966

Lektor

S.Pd

S1, STAIN Malang

Kependidikan Islam

 

M.Pd

S2, STAIN Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

Dr

S3, UPI Bandung

Administrasi Pendidikan

 

24.

Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I

2016067603

16 Juni 1976

Lektor

S.Ag

S1. STAIN Malang

Bahasa Arab

 

M.PdI

S2, IAIN SA Surabaya

Pendidikan Islam

 

Dr

S3, Universitas Negeri Malang

Manajemen Pendidikan

 

25.

Dr. M. Fahim Tharaba, M.Pd

2001108001

1 Oktober 1980

Lektor

S.Ag

S1, STAIN Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.Pd

S2, UIN Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

Dr.

S3, UIN Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

26.

Dr. Esa NurWahyuni, M.Pd

2006037201

6 Maret 1972

Lektor

S.Ag

S1, STAIN Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.Pd

S2, UM Malang

Psikologi Pendidikan

 

Dr

S3 UM Malang

Psikologi Pendidikan

 

27.

Dr. H. Rasmianto, M.Ag

2031127003

21 Januari 1970

Lektor Kepala

M.Ag

S2 UMM

Sosiologi Islam

 

Dr

S3 IAIN Surabaya

Dirosah Islamiah

 

28.

Dr. H. Zeid B. Semeer, Lc., MA

2015036701

15 Maret 1967

 Lektor

Lc.

S1, Universitas Al-Azhar Cairo Mesir

Theologi Hadis

 

MA

S2, STAIN Malang

Pendidikan Bahasa Arab

 

Dr.

S3, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Studi Hadis

 

29.

Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd

2006097502

6September 1975

Lektor

S.Pd I

S1, STAIN Malang

Pendidikan Bahasa Arab

 

M.Pd

S3, UIN Maliki Malang

Pendidikan Bhs Arab

 

Dr.

S3, UIN Maliki Malang

Pendidikan Bhs Arab

 

30.

Dr. Hambali, M.Ag

2004047305

4 April 1973

Asisten Ahli

S.Ag

S1, STAIN Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.Ag

S2, UIN Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

Dr.

S3, UIN Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

31.

Dr. Zaenu Zuhdi, M.Hi

2027027601

27 Februari 1976

Lektor

Lc

S1 Al-Azhar Kairo

Syari’ah

 

M.Hi

S2, IAIN SA Surabaya

Syari’ah

 

Dr.

S3, IAIN SA Surabaya

Dirosah Islamiah

 

32.

Imron Rosyidi, M.Ed

2012116502

12 Nopember 1965

Lektor

Drs.

S1, Kulliayatul Muallimin, Gontor

Studi Islam

 

M.Th.

S2, Darul Ulum Deoband India

Filsafat Pendidikan

 

M.Ed

S2,Internasional Islamic Univ. Malaysia

Teologi dan Filsafat Pendidikan

 

33.

Dra. Siti Annijat Maimunah, M.Pd

2027095702

27 September 1957

Lektor Kepala

Dra.

S1, IKIP Malang

Bahasa Indonesia

 

M.Pd

S2, IKIP Malang

Bahasa Indonesia

 

 

Sedang S3, UNESA Surabaya

Teknologi Pembelajaran

 

34.

A. Zuhdi, M.Ag

2011026901

11 Februari 1969

Lektor

Drs.

S1, IAIN SA Malang

Pendidikan  Agama Islam

 

M.Ag

S2, UMM Malang

Studi Islam

 

 

Sedang S3, UIN Malang

Pendidikan Agama Islam Interdisipliner

 

35.

Mujtahid, M.Ag

2005017501

5 Januari 1975

Lektor

S.Ag

S1, UMM Malang

IlmuPendidikan Islam

 

M.Ag

S2, UMM Malang

Manajemen Pendidikan

 

 

Sedang S3, UIN Malang

Manajemen Pendidikan

 

36.

A. Nurul Kawakip, M.Pd., MA

2031077501

31 Juli 1975

Lektor

S.Ag

S1, IAIN SA Surabaya

Pendidikan Agama Islam

 

M.Pd

S2, UIN Malang

Manajemen Pendidikan

 

MA

Univ. Victoria Austaralia

Pengembangan Kurikulum

 

37.

Muhammad Subky Hasby, M.Ag

2021037101

21 Maret 1971

Lektor

S.Ag

S1 IAIN Wali Songo

Tafsir dan Hadis

 

M.Ag

S2 IAIN Wali Songo Semarang

Aqidah dan Filsafat Islam

 

38.

Syamsul Arifin, M.Ag.

2031126505

31 Desember 1965

Lektor

Drs.

S1, IAIN Sunan Ampel Surabaya

Pendidikan Islam

 

M.Ag

S2, IAIN Sunan Kalijogo Yogyakarta

Pendidikan Islam

 

39.

Yuanda Kusuma, M.Ag.

2024107903 

 24 Oktober 1979

Asisten Ahli

Lc

S1, al-Azhar Kairo 

Studi Al-Qur’an dan Tafsir 

 

M.Ag

 S2, UIN Malang

Dirosah Islamiyah

 

40.

Benny Afwadzi, M.Hum.

2002029001

 2 Februari 1990

Asisten Ahli

Lc

 S1, UIN Sunan Kalijaga Yogja

 Tafsir Hadis

 

M.Ag

S2, UIN Sunan Kalijaga Yogja

Studi al-Qur’an Hadits 

 

41.

Abdul fattah, M.Th.I

2008098601

8 September 1986

Asisten Ahli

Lc

S1, Al-Azhar Kairo

Studi Al-Qur’an dan Tafsir

 

M.Th.I

S2, UIN Sunan Ampel Surabaya

Dirosah Islamiah

 

42.

Angga Teguh Prasetyo, M.Pd

 

22 Juli 1985

Dosen

S.Pd.I

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pendidikan Agama Islam

 

M.Pd

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

 

Sedang S3, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Manajemen Pendidikan Islam

 

 

PERKEMBANGAN PENDAFTAR

Selama lima tahun terahir, pendaftar mahasiswa baru terus meningkat. Berikut rekapitulasi penerimaan mahasiswa baru PAI  5 tahun terakhir.

Academic Year

Applicants

No. Applied

No. Offered

No. Admitted

Total

2012/2013

240

1970

240

8.2

2013/2014

275

1828

280

6.53

2014/2015

333

6555

250

26.22

2015/2016

241

6538

249

26.26

2016/2017

199

7442

211

35.27

Total

1288

24333

1230

19.78

 

Mahasiswa Asing PAI

NO

Nama Mahasiswa

Asal Negara

Tahun Masuk

1

Tres Rahas

Kandal, Kamboja

2013

2

Lim Maza

Kandal, Kamboja

2013

3

Osman Safni

Kandal, Kamboja

2013

4

Mohammad Saddam Hayeemasae

Pattani, Thailand

2013

5

Sakeeroh Masae

Pattani, Thailand

2013

6

Kaosar Ali Adam

Pattani, Thailand

2013

7

Romlee Yeekabjee

Songkhla, Thailand

2014

8

Nasafee Heemsuwan

Songkhla, Thailand

2014

9

Mohumudzakee Daerh Salaeh

Songkhla, Thailand

2014

10

Radon Yeewangcharoen

Songkhla, Thailand

2014

11

Sorur Khaled  Abdulatif

Libya

2014

12

Muhammad Alif Bin Sarbini

Malaysia

2015

12

Baddariyah Smad

Thailand

2016

 

MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, kerja kelompok, active learning, dan discovery-inquiry learning. Selain itu, karakteristik proses pembelajaran terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.

  • Interaktif yaitu suatu capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen, mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan murobbi, mahasiswa dengan musyrif, serta didukung dengan budaya lingkungan ma’had yang memadahi.
  • Holistik yaitu proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi atmosfir pembelajaran yang kondusif, baik secara formal pada perkuliahan di jurusan PAI maupun cara non formal mengikuti program-program di ma’had.
  • Integratif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin ilmu yang dikembangkan univesitas, serta penghayatan nilai-nilai ulul Albab.
  • Saintifik yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama, kebangsaan, dan keumatan yang rahmatan lil alamin.
  • Kontekstual yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya sebagai calon pendidik (guru) pendidikan Agama Islam di Sekolah/madrasah.
  • Tematik yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi PAI dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan transdisiplin yang dipelajari melalui desain kurikulum dan bahan kajian setiap mata kuliah.
  • Efektif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu 4  (empat) tahun melalui pemasaran (hierarki) mata kuliah setiap semesternya.
  • Kolaboratif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan baik diperoleh secara langsung pada proses pembelajaran melalui perkuliahan di kelas, maupun di luar proses perkuliahan, seperti proses magang, PKL, PPM dan program ma’had.
  • Berpusat pada mahasiswa yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan dengan studi observasi, eksperimen, baik secara kelompok maupun individu.

 

 

KEGIATAN AKADEMIK

  1. Perkuliahan pendekatan Andragogi dan berbasis integratif
  2. Perkuliahan Bahasa Arab program intensif selama 1 tahun
  3. Layanan konsultasi dan bimbingan studi
  4. Layanan konsultasi dan bimbingan karier
  5. Praktik kerja lapangan integratif, baik di dalam negeri maupun luar negeri
  6. Pengabdian pada Masyarakat (Posdaya berbasis Masjid)
  7. Kuliah Tamu/Seminar nasional
  8. Observasi lapangan (Magang I dan Magang II)
  9. Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah bagi mahasiswa
  10. Internasional Class Program (ICP) Arab dan Inggris
  11. Publikasi Jurnal Pendidikan Agama Islam (J-PAI)
  12. Layanan Konsultasi dan bimbingan Individual
  13. Uji kemampuan (kompetensi) materi ke-PAI-an dan pedagogi

 

KEGIATAN NON AKADEMIK

  1. Pembinaan intensif keagamaan di ma’had selama 1 tahun
  2. Khotmil al-Qur’an setiap minggu akhir per bulan
  3. Pelatihan Ilmiah Leadership dan Management (PILM)
  4. Layanan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) Pusat Bahasa
  5. Pembinaan menghafal alqur’an melalui Hai’ah Tahfid al-Qur’an (HTQ)
  6. Olah raga dan seni setiap hari Jum’at
  7. Pembinaan Manasik Haji
  8. Pengenalan budaya dan tradisi akademik melalui OPAK, OSFAK dan OSJUR
  9. Layanan Kesehatan Poliklinik UIN Maliki Malang
  10. Pelatihan Kepramukaan

 

EVALUASI PEMBELAJARAN

Untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara teoritik dan praktis, prodi PAI melakukan bentuk kegiatan evaluasi yang telah dipatenkan oleh bagian akademik universitas yaitu Quiz, Tugas, Praktikum, Ujian Tahap I (middle test), Ujian Tahap II (final test).

Proses evaluasi pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan capaian pembelajaran, karakteristik dan tujuan mata kuliah masing-masing. Kegiatan evaluasi pembelajaran melalui kegiatan menyusun esai, makalah, observasi lapangan, seminar presentasi, diskusi, kinerja, dan ujian praktek.

 

Konversi nilai :

No.

Interval Skor

Nilai Huruf

Nilai Angka

Status

1

85-100

A

4,00

Lulus

2

75-84

B+

3,50

Lulus

3

70-74

B

3,00

Lulus

4

65-69

C+

2,50

Lulus

5

60-64

C

2,00

Lulus

6

50-59

D

1,00

Tidak Lulus

7

< 50

E

0,00

Tidak Lulus

 

Dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, prodi PAI melalukan upaya dengan cara memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan setiap semester melalui kontrak perkuliahan dan jurnal perkulihan yang dipegang oleh dosen dan mahasiswa (ketua kelas). Evaluasi didasarkan pada data kehadiran dosen dan mahasiswa, kesiapan materi perkuliahan, kesesuaian antara RPS dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas, serta penilaian hasil belajar. Hasil evaluasi digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki program pembelajaran pada semester berikutnya dan disampaikan pada forum rapat dosen rutin yang dilakukan pada setiap awal perkuliahan.

 

SARANA PRASARANA

Sebagai penunjang kegiatan akademik dan Non Akademik, sarana dan prasarana meliputi:

  1. Ruang Dekan, Ruang Wakil Dekan I, Ruang Wakil Dekan II, dan Ruang Wakil Dekan III
  2. Ruang Layanan Prodi PAI, yang terdiri dari Ketua Jurusan, sekretaris Jurusan dan Staff Jurusan
  3. Ruang Kuliah sebanyak 10 ruang, berkapasitas 30-45 tempat duduk yang dilengkapi dengan LCD dan wifi
  4. Ruang Laboratorium: Laboratorium Mikroteaching, Laboratorium PAI, Laboratorium Komputer, Laboratorium  Bahasa pada Pusat Pengembangan Bahasa (PPB)
  5. Ruang perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas
  6. Ruang Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
  7. Ruang Pembelajaran ICP sebanyak 5 Ruang
  8. Ruang Publikasi Jurnal dan Informasi
  9. Ruang Layanan keuangan
  10. Ruang Puskom dan Perencanaan
  11. Masjid Tarbiyah dan Masjid Ulul Albab
  12. Ruang sidang / pertemuan Mikro Teaching  lt. 2 (kapasitas 150 orang)
  13. Ruang Pertemuan Gedung Dr (HC). Ir. Soekarno Lt. 5 (kapasitas 600 orang)
  14. Ruang Pertemuan Gedung C Lt. 3 (kapasitas 300 orang)
  15. Ruang sport center (SC)
  16. Ruang UKM kemahasiswaan
  17. Ruang Arsip dan Gudang
  18. Finger Print untuk merekam kehadiran dosen dan karyawan

 

INTERAKSI KOMPONEN PEMBELAJARAN

  1. Interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan berikut:
    1. Tatap muka terjadwal dalam kegiatan perkuliahan di dalam kelas
    2. Konsultasi permasalahan akademik dan uji kompetensi berkala melalu buku kepenasehatan akademik
    3. Kegiatan akademik melalui kuliah tamu, seminar-seminar, international conference, konsultasi tugas-tugas kuliah, konsultasi tugas akhir (skripsi), ujian skripsi, lokakarya, diskusi serta pertemuan ilmiah lainnya.
    4. Interaksi kegiatan ektrakulikuler melalui khotmul qur’an, ta’aruf akademik (osjur), shalat dhuhur berjama’ah, kultum dhuhur, kajian ramadhan.
    5. Interaksi pembelajaran bahasa Arab secara indoor maupun out door dilingkungan kampus.

 

  1. Interaksi akademik antara mahasiswa dengan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan berikut:
  1. Interaksi belajar di ruang perkuliahan (kelas), ruang baca perpustakaan, laboratorium, Gazibo (taman lingkungan) kampus.
  2. Interaksi belajar intensif di Pusat Ma’had selama 1 Tahun, melalui kegiatan ta’lim al Afkar al Islamiyah, Bi’ah Arabiyah, Al yaum al Araby, Al Musyabaqah al Arabiyah, English Day, English Contest, Shabah al Lughah, dan kegiatan Halaqah.
  3. Interaksi melalui program  pembelajaran bahasa Asing (Arab dan Inggris)
  4. Interaksi antar mahasiswa melalui kegiatan UKM, OMIK yang berpusat di gedung SC (student Center)
  5. Interaksi melalui kegiatan-kegiatan kepanitiaan, baik diselenggarakan oleh universitas, fakultas mapun jurusan.
  1. Interaksi Interaksi antara dosen dengan dosen sebagai berikut:
  1. Pertemuan rutin dosen setiap awal semester untuk membahas masalah akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. 
  2. Kegiatan seminar proposal penelitian, seminar hasil penelitian yang dikelola bagian akademik (wadek I)
  3. Interaksi melalui kegiatan khotmul Qur’an universitas setiap Hari Kamis akhir per bulan, dan setiap hari jum’at minggu awal perbulan (khotmul Qur’an fakultas).
  4. Interaksi dosen dengan dosen ketika melaksanakan shalat dhuhur berjama’ah sekaligus Kultum oleh dosen secara bergantian setiap hari (Senin-Jum’at) di Masjid At-Tarbiyah.
  5. Interaksi dalam rapat-rapat pimpinan, seperti Rapat Tinjauan Management (RTM), diskusi dengan nasumber tamu, baik berasal dari dalam maupun luar negeri.

 

 

PRESTASI MAHASISWA PAI

No.

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan

Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional)

Prestasi yang Dicapai

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Lomba Cerdas Cermat Qur’an dalam rangka Semarak FITK Oktober 2014.

Lokal

Juara 3

2

”Lomba Micro Teaching” dalam rangka FITK Festival yang diselenggarakan DEMA-FITK UIN Maliki Malang 28 Oktober 2015

Lokal

Juara 2

3

”Lomba Poster” dalam Islamic Education Festival (IEF) Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI FITK UIN Maliki Malang 2015

Lokal

Juara 1

4

Musabaqoh Tilawatil Qur'an Mahasiswa Regional (MTQMR) di Uneversitas Trunojoyo Madura. Lomba MTQ

Regional

Juara 2

5

Lomba Writing Essay Competition in Maliki English Festival (MEF) 2014

Lokal

Juara 3

6

Lomba Tafsir Bahasa Arab Putri LPTQ Kabupaten Malang 2014

Regional

Juara 1

7

Lomba MTQ Bali 2014

Regional

Juara 2

8

Lomba MTQ Kota Malang 2014

Regional

Juara 3

9

Duta pendidikan malang 12 April 2015

Regional

Juara

10

Lomba dakwah pondok Al-Haromain 12 April 2015

Lokal

Juara 2

11

Lomba paduan suara “sapta gita" USM Kategori folkori 22 Mei 2016

Nasional

Juara 2

12

The 1 st China Indonesia frinshp Choir Competitior 2-3 April 2016

Nasional

Juara 2

13

Lomba  media pembalajaran berbasis IT gebyar KT 2013

Regional

Juara 2

14

Lomba artikel HMJ UIN Maliki Malang 2013

Lokal

Juara 1

15

Lomba pidato Bahasa  arab Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2014

Lokal

Juara 1

16

Lomba cerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2013

Lokal

Juara 2

17

Lomba talent show cerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2013

Lokal

Juara 1

18

Lomba talent showcerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2015

Lokal

Juara 2

19

Lomba I-Pop (Islamic Pop) 17 juni 2014

Lokal

Juara I

20

Lomba karya tulis ilmiah al-quran (LKTIQ) tingkat mahasiswa nasional 2015

Nasional

Semifinalis

21

Lomba News Menulis cerpen tentang KKM 30 November 2015

Lokal

Juara 3

23

Lomba Menulis puisi Kebudayaan Derah 21 Mei 2016

Lokal

Juara 2

24

Lomba esay UIN Maliki Malang, Oktober 2014

Nasional

Juara 3

25

Lomba MSQ Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2014

Lokal

Juara 1

26

Festiva banjari se-Nusantara diPP.Kranji lamongan24 Desember 2015

Nasional

Juara 2

27

Festival Banjari se-Jatim di Masjid Jami’ Gresik 20 Mei 2015

Regional

Juara 1

28

Festival Banjari se-Jatim 20 Desember 2015

Regional

Juara 2

29

Festival Banjari se-Jatim UKM sen religius uin malang 25-26 April 2014

Regional

Juara 3

30

Lomba LKTIN ILP2MI di Universitas Muhammadiyah Makasar9 Maret 2015

Nasional

Juara 1

31

Festifal AL-banjari di Uiversitas Islam Malang5 April 2016

Regional

Juara 3

32

Festifal AL-banjari di Pp. Bahrul Maghfiroh13 Mei 2016

Regional

Juara 3

33

Festifal AL-banjaridi STAINU Malang 25 Mei 2016

Regional

Juara 1

34

Lomba Syarhi al-Qurandi Kab.Nganjuk3 September 2014

Regional

Juara 3

35

Lomba Islamic Pop7 Maret 2013

Lokal

Juara 1

36

Festival Banjari Se-Nusantaradi JawaPos Surabaya 18 Desember 2015

Nasional

Juara 3

37

Lomba MTQ (Olimpiade Al-Qur'an UIN Maliki Malang) 1 Januari 2014

Regional

Juara 1

38

Lomba Musabaqoh Qira'ah Sab'ah di Universitas Negeri Malang;29-31 Mei 2014

Regional

Juara 3

39

Lomba MTQ 10 Juz (Tahfidz)di Universitas Trunojoyo Madura; 19-22 Juli 2016

Regional

Juara 1

40

Lomba kaligrafi kontemporer putri di Ma’had Sunan Ampel al-Aly Desember 2015

Lokal

Juara 2

41

Lomba CCQ Cerdas Cermat Qur’anFITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Oktober 2014

Lokal

Juara 1

42

LOMBA FUTSAL CUP 20 Agustus 2015

Regional

Juara 1

43

Lomba MTQ di Universitas Trunojoyo Madura 22 juli 2016

Regional

Juara 2

44

Lomba MTQ di Universtas Negeri Malang Maret 2015

Nasional

Juara 1

45

Lomba Bola Voly putra se-Jatim di IAIN Tulungagung 2016

Regional

Juara 1

46

Lomba Bola Voly putra se-Malang raya di Universitas Machung 2016

Regional

Juara 1

47

Lomba Musikalisasi Hadist se Jawa Bali 2016

Regional

Juara 1

48

Seleksi est java scout challenge 2015 kota Malang

Regional

Juara 1

49

Jambore routing Sukun Kota Malang 2015

Regional

Juara 3

50

Lomba Kaligrafi se-Kabupaten Malang di Kantor Kemenag Kab. Malang 2015

Regional

Juara 1

51

Open turnament Surabaya cup Taekwondo Mei 2016

Regional

Juara 1

52

Lomba LKTN di Universitas Muhammadyah Makasar 10 Maret 2015

Nasional

Juara 1

53

Lomba tulis dan baca puisi dan se-Jawa Bali 2015

Regional

Juara 3

54

National English research 2014

Nasional

4 Besar

55

Lomba LKTA 29 November 2014

Nasional

Semifinalis

56

Lomba MMQ-MTQ Jatim 2015

Regional

Juara Harapan 1

57

Lomba MMQ-MTQ kab. Malang 2014

Regional

Juara 2

58

Presenter hasil peneltian di IIU Malaysia

Internasional

 

59

Menerbitkan buku di Jerman

Internasional

 

 

 

IPK (indeks Prestasi Kumulatif ) Prodi PAI

Mahasiswa Angkatan

Jumlah Mahasiswa

IPK Mahasiswa

<2.5

2.5 -  3.0

3.00 -3.50

3.50 - 4.00

2013

266

1

8

34

223

2014

239

3

4

52

180

2015

244

7

6

47

184

2016

209

2

2

42

163

 

Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen FITK

Tahun Akademik

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi  Profesional

Kompetensi Kepribadian

Kompetensi Sosial

Rata-rata

Ganjil 2013-2014

4.01

4.01

4.03

4.01

4.01

Genap 2013-2014

4.01

4.01

4.03

4.01

4.01

Ganjil 2014-2015

4.09

4.07

4.12

4.1

4.1

Genap 2014-2015

4.07

4.06

4.11

4.10

4.09

Ganjil 2015-2016

4.07

4.06

4.11

4.10

4.09

Genap 2015-2016

4.10

4.09

4.13

4.11

4.11

 

 

tag: