VISI, MISI DAN TUJUAN

 

  1. VISI, MISI DAN TUJUAN FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
  1. Visi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

‘’Menjadi Fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di bidang ketarbiyahan yang berorientasi pada lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dalam menggerakkan kemajuan masyarakat di tingkat nasional dan internasional.’’

  1. Misi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
    1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren, dan masyarakat luar sekolah.
    2. Mempersiapkan lulusan berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
    3. Mengembangkan manajemen yang kondusif dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi ketarbiyahan.
    4. Melaksanakan dan mendukung program penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi pembangunan dalam bidang pendidikan dan atau berkontribusi pada pengembangan keilmuan.
    5. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dengan penuh tanggung jawab.
  2. Tujuan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  1. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi: (a) pedagogik; (b) kepribadian; (c) profesional; (d) sosial; dan (e) kepemimpinan.
  2. Terwujudnya lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dan/atau pembelajaran baik tingkat nasional dan internasional.
  3. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi agama secara integral.
  4. Terciptanya suasana kondusif bagi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
  5. Terciptanya tata kelola fakultas yang transparan, berkeadilan dan terintegrasi untuk menunjang efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya.
  6. Terwujudnya hasil-hasil penelitian yang dijadikan rujukan bagi pengembangan ilmu pendidikan.
  7. Teraplikasikannya hasil-hasil penelitian dalam praktik-praktik pembelajaran di madrasah/sekolah.
  8. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan masyarakat dalam rangka pengembangan program pendidikan di madrasah/ sekolah
  9. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan masyarakat dalam rangka pengembangan program keagamaan, sosial, ekonomi, dan budaya.

 

  1. VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI
    1. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
  1. Visi Program Studi PAI

Pada Tahun 2030 menjadi Jurusan/Program Studi terkemuka dalam menyiapkan tenaga pendidik Agama Islam dan pengelola pada satuan pendidikan keagamaan Islam yang berkarakter Ulul Albab dan memiliki wawasan internasional          

  1. Misi Program Studi PAI
    1. Menyelenggarakan pendidikan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik agama Islam di sekolah/Madrasah dan jenis pendidikan keagamaan Islam lainnya, serta menjadi pengelola satuan pendidikan keagamaan Islam.
    2. Mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga kependidikan Islam.
    3. Mengembangkan paradigma baru manajemen pendidikan dan menciptakan iklim akademis religius dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi sebagai pendidik agama Islam
    4. Mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Islam baik pada jalur pendidikan formal, non formal maupun informal.
    5. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
    6. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika profesional dan moral akademis untuk pengendalian mutu program studi.
  2. Tujuan Program Studi PAI
    1. Menghasilkan pendidik agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan Islam di sekolah/madrasah.
    2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program, dan mengembangkan inovasi-inovasi program satuan pendidikan keagamaan Islam.
    3. Menghasilkan lulusan tambahan sebagai Konselor dan penyuluh Pendidikan Agama Islam di sekolah dan keluarga; Pendidik PAI di Luar Negeri; Trainer Pendidikan Agama Islam; Pengelola Lembaga pendidikan Islam; Pembimbing manasik haji; Pemimpin sosial-keagamaan di sekolah/madrasah dan masyarakat; Jurnalis Pendidikan Islam; Sosiolog Pendidikan Islam; Intrepreneur Islam; dan Juru Dakwah/Muballigh.

 

  1. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS)

Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial terselenggara untuk menunjang sumber daya manusia yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan serta memberikan jalan keluar bagi hambatan – hambatan pembangunan. Berdasarkan kebutuhan akan pengembangan sumber daya manusia tersebut, khususnya kebutuhan terhadap calon guru mata pelajaran IPS di sekolah/ madrasah dan kebutuhan dunia usaha.  Dan Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Prodi PIPS) didasarkan atas Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/138/1999 tentang Penyelenggaraan Jurusan Tarbiyah Prodi Tadris IPS pada STAIN Malang tertanggal 18 Juni 1999, yang ditindaklanjuti oleh Surat Nomor 811/D/T/2003 tertanggal 16 April 2003 perihal Rekomendasi Pembukaan Program-program Studi Umum termasuk di dalamnya Prodi PIPS pada STAIN Malang oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional serta Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam No. DJ.II/54/2005 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Jenjang Strata I (S-1) Prodi PIPS pada Universitas Islam Negeri (UIN) Malang Jawa Timur tertanggal 28 Maret 2005 dan memperoleh akreditasi A  pada tahun 2007 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor 010/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007. Pada Tahun 2013 Jurusan Pendidikan IPS telah melakukan akreditasi yang kedua dengan menghasilkan nilai A, Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 74ISK/BAN-PT/Ak-XV7S/VIlI/2013. Keberadaan program ini semakin dipercaya terlebih setelah rutin mengikuti Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) sejak 2008.

Keberadaan program ini dimaksudkan untuk menunjang sumber daya manusia yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan seni serta dapat memberikan jalan keluar bagi hambatan-hambatan pembangunan. Berdasarkan kebutuhan akan pengembangan sumber daya manusia tersebut, khususnya kebutuhan terhadap calon guru mata pelajaran IPS di sekolah/madrasah dan kebutuhan dunia usaha, maka Program Studi Pendidikan IPS dalam penyelenggaraan pendidikannya menghendaki para lulusannya kompeten dalam enam bidang, yaitu:

Pertama, kompeten dalam pengusaan landasan teoretik keislaman, bahasa asing (Arab-Inggris) dan ilmu kependidikan sebagai basis dan titik tolak pengembangan pendidikan IPS pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Kedua, menguasai substansi kajian pendidikan IPS yang meliputi penguasaan substansi ilmu-ilmu sosial program studi pendidikan ekonomi, penguasaan isi dan bahan ajar pendidikan IPS serta pengembangannya.

Ketiga, menguasai teori-teori pembelajaran IPS, meliputi kemampuan mengidentifikasi karakteristik peserta didik, menyusun rancangan pembelajaran, memilih dan menyusun strategi pembelajaran, merencanakan dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar, merencanakan dan melaksanakan penelitian, dan mengelola serta memanfaatkan laboratorium.

Keempat, menguasai keterampilan membimbing dan menggerakkan kegiatan sosial dan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara pada jalur pendidikan formal dan informal.

Kelima, menguasai pengelolaan  satuan pendidikan ilmu pengetahuan sosial yang menyangkut kemampuan merencanakan program pendidikan ilmu pengetahuan sosial, kemampuan mengorganisasi komponen satuan pendidikan ekonomi, kemampuan melaksanakan program pendidikan ekonomi, kemampuan melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program pendidikan ilmu pengetahuan sosial, serta kemampuan mengembangkan inovasi-inovasi program dan bentuk penyelenggaraan pendidikan ekonomi.

Keenam, mengembangkan kepribadian dan keprofesionalan, meliputi kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, kemampuan bekerja mandiri dan kerjasama melalui kemitraan, penguasaan sumber-sumber baru untuk pengembangan keahliannya, memiliki komitmen terhadap profesi dan tugas keprofesionalan, meningkatkan diri dalam kinerja/profesi yang sesuai dengan disiplin keilmuannya.

  1. Visi Program Studi P.IPS

Visi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah Menjadi Program Studi terkemuka dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang ilmu pengetahuan sosial yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi penggerak kemajuan masyarakat yang siap bersaing di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2030

  1. Misi Program Studi P.IPS
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik (guru) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren, dan masyarakat luar sekolah.
  2. Menyelenggarakan program penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mengembangkan keilmuan program studi.
  3. Menjalin kemitraan dengan para stakeholder di wilayah ASEAN dalam aspek tri dharma perguruan tinggi dan kewirausahaan.

 

 

  1. Tujuan Program Studi P.IPS
  1. Terwujudnya lulusan sebagai tenaga pendidik Ilmu Pengetahuan Sosial yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, personal, sosial dan kepemimpinan. 
  2. Terwujudnya lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dan/atau pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial baik tingkat nasional dan internasional.
  3. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi untuk berwirausaha dengan menerapkan nilai-nilai islam.
  4. Terwujudnya lulusan yang kompeten untuk studi lanjut pada perguruan tinggi unggulan baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Terwujudnya hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial yang dijadikan rujukan bagi pengembangan ilmu pendidikan.
  6. Teraplikasinya hasil-hasil penelitian dalam praktik-praktik pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di madrasah/sekolah.
  7. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan masyarakat dalam rangka pengembangan program pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di madrasah/sekolah.

 

  1. Visi, Misi Dan Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Program Studi (Prodi ) S-1 PGMI merupakan program studi yang telah meraih akreditasi A dengan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No 462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014/XII. Program studi ini disiapkan untuk menghasilkan calon guru Madrasah Ibtidaiyah maupun Sekolah Dasar yang akan mengisi kebutuhan guru dengan kualifikasi S-1 sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang dan peraturan pemerintah.

  1. Visi Program Studi PGMI

Terdepan di Kawasan Asia dalam Mengintegrasikan Keunggulan Spritual, Akhlak, Ilmu dan Keterampilan untuk Menghasilkan Guru Profesional pada SD/MI.

  1. Misi Program Studi PGMI
  1. Meningkatkan kegiatan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul, berciri khas Islam dan berakar pada karakter pendidikan dasar.
  2. Menuntaskan pengelolaan program studi menjadi program studi yang mandiri dan mempunyai tatakelola yang baik (Good Governance).
  1. Tujuan Program Studi PGMI
    1. Menjadi Learning program studi yang unggul, mantap, berciri khas Islam dan berakar pada karakter pendidikan dasar.
    2. Menjadi program studi yang mandiri dan mempunyai tatakelola yang baik (Good Governance.

 

  1. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Nomor : 1429 Tahun 2012, tentang Penataan Program Studi di Perguruan Tinggi Agama Islam Tahun 2012, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menetapkan perpindahan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab melalui Surat Keputusan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Nomor: Un.3/PP.00.9/1211/2014 dari Fakultas Humaniora dan Budaya ke Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Berdasarkan rangkaian kebijakan tersebut pada tanggal 25 Maret 2014 program studi PBA secara resmi berada di bawah naungan FITK. Kemudian secara resmi ketua dan sekretaris di tetapkan ulang oleh rektor berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor:Un.3/Kp.07.6/1472/2014 menjadi ketua dan sekretaris program studi PBA di lingkungan FITK.

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah terakreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 dengan masa berlaku dari 29 Desember 2015 sampai 29 Desember 2020.

  1. Visi Program Studi PBA

Menjadi program studi  terkemuka dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang pendidikan bahasa Arab yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi penggerak masyarakat yang siap bersaing di tingkat  nasional dan internasional.

 

 

  1. Misi Program Studi PBA
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik bahasa Arab di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren dan masyarakat luar sekolah.
  2. Menyelenggarakan program penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan keilmuan program studi.
  3. Menjalin kemitraan dengan para stakeholder di wilayah ASEAN dalam aspek tri dharma perguruan tinggi
  1. Tujuan Program Studi PBA
  1. Menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik Bahasa Arab yang memiliki kompetensi keguruan dan integritas keagamaan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan inovasi pendidikan dan atau pembelajaran Bahasa Arab.   
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai tenanga non kependidikan (penerjemah, jurnalis, guide, entrepreneurship di bidang pendidikan).     
  4. Menghasilkan lulusan sarjana yang menguasai metodologi penelitian pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban.
  5. Menghasilkan hasil-hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan Bahasa Arab di sekolah/madrasah, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan lainnya.
  6. Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri. 
  7. Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga non kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri. 

 

  1. Visi, Misi Dan Tujuan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

a.    Visi Program Studi PIAUD

Menjadi Program Studi terkemuka dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan Raudlatul Athfal  yang berorientasi pada lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional dalam menggerakkan kemajuan masyarakat.

 

 

b.    Misi Program Studi PIAUD

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik Raudlatul Athfal pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga kependidikan Raudlatul Athfal pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Mempersiapkan lulusan berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional
  4. Menyelenggarakan program penelitian untuk mengembangkan keilmuan program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  5. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat untuk memajukan pendidikan pada tingkat Raudlatul Athfal khususnya dan AUD pada umumnya.
  6. Menjalin kemitraan dengan para stakeholder di wilayah nasional dalam aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi.

c.    Tujuan Program Studi PIAUD

  1. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, dan social dalam bidang pendidikan Raudlatul Athfal.
  2. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi tambahan yang unggul di bidang kependidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Terwujudnya lulusan berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan professional.
  4. Terciptanya suasana kondusif bagi pengembangan program penelitian yang dapat dijadikan rujukan bagi pengembangan keilmuan bidang Raudlatul Athfal.
  5. Terwujudnya hasil penelitian yang dapat diaplikasikan pada program pengabdian masyarakat untuk memajukan pendidikan Raudlatul Athfal.
  6. Terjalinnya kemitraan dengan para stakeholder dalam aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

  1. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  1. Visi Program Studi MPI

Menjadi Program Studi terdepan dalam menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan professional berkarakter Ulul Albab yang berdaya saing di tingkat ASEAN dan internasional.

  1. Misi Program Studi MPI
  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk melahirkan tenaga kependidikan profesional berbasis Teknologi Informasi dan kewirausahaan yang berkarakter Ulul Albab.
  2. Menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk melahirkan pendidik profesional bidang Manajemen Pendidikan berkarakter Ulul Albab.
  3. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang manajemen pendidikan yang mendukung peningkatan mutu akademik dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk pengembangan manajemen pendidikan Islam.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan dan non pendidikan baik dalam maupun luar negeri.
  6. Mengimplementasikan manajemen strategik dalam pengembangan program studi yang berdaya saing di tingkat ASEAN dan internasional tahun 2030.
  1. Tujuan Prodi Studi MPI
  1. Terwujudnya pendidikan bermutu untuk melahirkan tenaga kependidikan profesional berbasis Teknologi Informasi dan kewirausahaan yang berkarakter Ulul Albab.
  2. Terwujudnya pendidikan bermutu untuk melahirkan pendidik profesional bidang Manajemen Pendidikan berkarakter Ulul Albab.
  3. Terselenggaranya penelitian dalam bidang manajemen pendidikan yang mendukung peningkatan mutu akademik dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk pengembangan manajemen pendidikan Islam.
  5. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kerjasama dengan lembaga pendidikan baik dalam maupun luar negeri.
  6. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kerjasama dengan lembaga non pendidikan baik dalam maupun luar negeri.
  7. Terimplementasikannya manajemen strategik dalam pengembangan program studi yang berdaya saing di tingkat ASEAN dan internasional tahun 2030
    1. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI)
  8. Visi Program Studi TBI

Menjadi Program Studi Tadris bahasa Inggris terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan  di bidang bahasa dan sastra yang memiliki kedalaman spiritul, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat.

  1. Misi Program Studi TBI
  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam dalam mempersiapkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang profesional dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten dibidang ilmu tadris bahasa Inggris dan mampu mengaplikasikannya baik sebagai ilmu murni maupun ilmu terapan.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan kajian-kajian dalam upaya menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang bahasa, sastra Inggris, dan sastra Islam.
  4. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah sosial keagamaan dan memberikan layanan yang profesional kepada masyarakat yang menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang bahasa, sastra Inggris, dan sastra Islam.
  5. Menjaga nilai-nilai religius dan etika profesional-akademik dalam menyelenggarakan program studi.
    1. Tujuan Program Studi TBI
  1. Menghasilkan Sarjana di bidang Tadris Bahasa Inggris yang memiliki keluhuran akhlak, kedalaman spiritual, keluasan ilmu, dan kematangan professional.
  2. Menghasilkan Sarjana di bidang Tadris Bahasa Inggris yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis dengan baik dan benar.
  3. Menghasilkan Sarjana di bidang Tadris Bahasa Inggris yang memahami secara mendalam tentang ilmu Tadris Bahasa Inggris sebagai suatu bidang kajian keilmuan.
  4. Menghasilkan Sarjana di bidang Tadris Bahasa Inggris yang menguasai metodologi kajian bahasa dan sastra, dan mampu mengaplikasikanya untuk mengkaji dan mengapresiasi karya sastra berbahasa Inggris.
  5. Menghasilkan Sarjana di bidang Tadris Bahasa Inggris yang secara profesional mampu memanfaatkan ilmu dalam bidang bahasa, baik sebagai ilmu murni maupun ilmu terapan
    1. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Tadris Matematika (TM)
      1. Visi Program Studi TM

Menjadi Program Studi Tadris Matematika terkemuka dalam penyelenggaraan Tri Darma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang ketarbiyahan dan keguruan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan professional, dan menjadi penggerak kemajuan masyarakat yang siap bersaing di tingkat nasional dan ASEAN.

  1. Misi Program Studi TM
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik matematika di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren, dan masyarakat luar madrasah/sekolah.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk membentuk tenaga guru yang menguasai pengetahuan dasar matematika, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan tanggap terhadap inovasi pendidikan matematika.
  3. Melaksanakan dan mendukung program penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi pembangunan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika serta berkontribusi pada pengembangan keilmuan di bidang pembelajaran matematika berbasis integratis agama dan sains.
  4. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk membentuk tenaga guru dan tenaga kependidikan matematika yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, serta kematangan profesional sebagai matematikawan muslim.
  5. Menggiatkan penelitian yang diarahkan untuk mengembangkan keilmuan, menggunakan metodologi keilmuan, dan menjawab tantangan masa depan akan kebutuhan tenaga guru matematika yang profesional.
  6. Ikut merespon perkembangan masyarakat serta melakukan upaya pembaharuan dan pemberdayaan masyarakat yang islami sesuai dengan bidang pendidikan matematika yang berbasis sains dan teknologi.
  7. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dengan penuh tanggung jawab.

 

 

 

  1. Tujuan Program Studi TM
  2. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi: (a) pedagogik, (b) kepribadian, (c) profesional, (d) sosial, dan (e) kepemimpinan.
  3. Terwujudnya lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-¬inovasi pendidikan dan/atau pembelajaran baik tingkat nasional maupun internasional.
  4. Terwujudnya tenaga guru atau tenaga kependidikan matematika yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu bidang matematika khususnya di lingkungan kementerian agama dan lembaga pendidikan islam.
  5. Terwujudnya hasil-hasil penelitian yang dijadikan rujukan bagi pengembangan ilmu pendidikan dan pembelajaran matematika.
  6. Teraplikasikannya hasil-hasil penelitian dalam praktik-praktik pembelajaran matematika di madrasah/sekolah.
  7. Terciptanya suasana kondusif bagi pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi di lingkungan fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan terutama di bidang pendidikan matematika.
  8. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan masyarakat dalam pengembangan program pendidikan matematika di madrasah dan sekolah.
  9. Visi, Misi dan Tujuan International Class Program (ICP)

Di era globalisasi ini,  UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tidak hanya dituntut mampu bersaing dengan perguruan tinggi dalam negeri, tetapi juga mampu bersaing dengan perguruan tinggi di luar negeri.  International Class Program (ICP) adalah program kelas internasional yang menjadi program unggulan setiap jurusan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki Malang. Penyelenggaraan kelas internasional ini didasarkan pada beberapa pertimbangan, yaitu:

  1. Adanya tuntutan terhadap UIN Maliki Malang pada umumnya dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan pada khususnya untuk mampu bersaing dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mempunyai taraf internasional.
  2. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebagai bagian dari UIN Maliki Malang mendukung upaya UIN Maliki Malang untuk menjadi bagian dari World Class University dengan membuka peluang bagi mahasiswa asing menuntut ilmu tentang pendidikan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
  3. Untuk merespon adanya kebutuhan tenaga pendidik, khusus guru-guru PAI di wilayah Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, dan lainnya.
  4. Untuk mengakomodasi kebutuhan guru-guru PAI, IPS, MI/SD dan Bahasa Arab yang mampu melaksanakan pembelajaran pada sekolah-sekolah internasional.
  5. Berdasarkan pada beberapa alasan tersebut, maka perintisan kelas internasional sangat relevan dalam menjawab tantangan dan kebutuhan di bidang pendidikan.
  1. Visi ICP

Mengembangkan potensi mahasiswa secara optimal, baik dalam bidang akademik, kepribadian, maupun spiritual.

  1. Misi ICP
  1. Mengantarkan mahasiswa agar menjadi tenaga pendidik PAI, IPS, MI/SD dan Bahasa Arab yang profesinal.
  2. Mengembangkan potensi mahasiswa agar memiliki kepribadian yang baik dan responsif terhadap perkembangan ipteks.
  3. Membekali mahasiswa agar mampu berkompetisi baik dalam taraf nasional maupun internasional.
  1.  Tujuan ICP

Tujuan umum program ini adalah untuk menciptakan pendidik profesional, khususnya di bidang pendidikan agama Islam, pendidikan IPS, MI/SD dan Bahasa Arab, yang memiliki kompetensi pedagogik, berkepribadian baik, kepedulian sosial yang tinggi, dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Secara khusus tujuan program ICP adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa, agar memiliki kemampuan berpikir strategis, kreatif, kontekstual, kritis, sintesis dalam menghadapi tantangan secara global.
  2. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  3. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sehingga mampu bersaing pada taraf nasional maupun internasional.