Visi, Misi dan Tujuan Program Studi

  1. Visi

Menjadi Program Studi Tadris Matematika terkemuka dalam penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang ketarbiyahan dan keguruan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan menjadi penggerak kemajuan masyarakat yang siap bersaing di tingkat nasional dan ASEAN.

    2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik matematika di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren, dan masyarakat luar sekolah.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk membentuk tenaga guru yang menguasai pengetahuan dasar matematika, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan tanggap terhadap inovasi pendidikan matematika.
  3. Melaksanakan dan mendukung program penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi pembangunan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika serta berkontribusi pada pengembangan keilmuan di bidang pembelajaran matematika berbasis integratis agama dan sains.
  4. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk membentuk tenaga guru dan tenaga kependidikan matematika yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, serta kematangan profesional sebagai matematikawan muslim.
  5. Menggiatkan penelitian yang diarahkan untuk mengembangkan keilmuan, menggunakan metodologi keilmuan, dan menjawab tantangan masa depan akan kebutuhan tenaga guru matematika yang profesional.
  6. Ikut merespon perkembangan masyarakat serta melakukan upaya pembaharuan dan pemberdayaan masyarakat yang islami sesuai dengan bidang pendidikan matematika yang berbasis sains dan teknologi.
  7. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dengan penuh tanggung jawab.

3. Tujuan

  1. Terwujudnya lulusan yang memiliki kompetensi: (a) pedagogik, (b) kepribadian, (c) profesional, (d) sosial, dan (e) kepemimpinan.
  2. Terwujudnya lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-­inovasi pendidikan dan/atau pembelajaran baik tingkat nasional maupun internasional.
  3. Terwujudnya tenaga guru atau tenaga kependidikan matematika yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu bidang matematika khususnya di lingkungan kementerian agama dan lembaga pendidikan islam.
  4. Terwujudnya hasil-hasil penelitian yang dijadikan rujukan bagi pengembangan ilmu pendidikan dan pembelajaran matematika.
  5. Teraplikasikannya hasil-hasil penelitian dalam praktik-praktik pembelajaran matematika di madrasah/sekolah.
  6. Terciptanya suasana kondusif bagi pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi di lingkungan fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan terutama di bidang pendidikan matematika.
  7. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan masyarakat dalam pengembangan program pendidikan matematika di madrasah dan sekolah.