Urgensi Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Mahasiswa Berprestasi di FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pembinaan mahasiswa berprestasi yang dilakukan oleh Unit Kemahasiswaan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertujuan untuk mengoptimalkan pengetahuan umum dan keagamaan (knowledge-based worker) mahasiswa. Di samping itu, Unit Kemahasiswaan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berupaya keras dalam memperkuat keterampilan (multiskilling worker) mahasiswa sehingga mereka memiliki bekal yang cukup serta mampu menyesuaikan diri dengan standar tinggi dalam berbagai lingkungan pendidikan pasca menyelesaikan studi di kampus almamaternya.

Kunci utama keberlangsungan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terletak pada mahasiswanya. Menyadari hal tersebut, penguatan kemampuan mahasiswa berprestasi menjadi pilihan utama dan strategis dalam menjaga mutu pendidikan tinggi di FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Tantangan utama yang dihadapi oleh Unit Kemahasiswaan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah menyiapkan mahasiswa FITK yang mampu menatap optimis masa depan. Kehidupan masa depan yang akan dijalani mahasiswa sangat mungkin mengalami turbulensi yang tidak menentu. Kondisi tersebut membutuhkan persiapan dan kematangan langkah yang sistematis baik dari personalia mahasiswa maupun dari kelembagaan (FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

Atas dasar itu, Prinsip dalam menjalankan program pembinaan mahasiswa berprestasi berbasis kepada “kesenangan”. Hal ini mengandung makna setiap program pembinaan mahasiswa berprestasi di FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diupayakan berangkat, berproses dan mnghasilkan kesenangan dalam semua program pembinaan. Jabaran program yang dijalankan pun mengadaptasi dari berbagai kecerdasan dan keunikan yang dimiliki oleh mahasiswa berprestasi. Dalam aspek penguatan intelektualitas, setiap mahasiswa lintas jurusan rutin berdialog dengan mengemas isu-isu mutakhir yang didesain dengan pembelajaran aktual dan menantang.
Bagi yang menyukai seni, musik ataupun olahraga dipersilahkan untuk mengaktualisasikan diri dengan berbagai program yang mendukung hal tersebut. Mahasiswa juga dikenalkan denhan manajemen perkantoran maupun administrasi organisasi di FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai bekal apabila kelak menjadi penerus di FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah memiliki wawasan yang cukup untuk menjalankan aktifitas di sana.

Terdapat tiga konsep pembinaan mahasiswa yang dilakukan oleh Unit Kemahasiswaan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ketiga konsep tersebut meliputi: pertama, pembinaan mahasiswa adalah subtansi/ nilai inti adanya unit ini. Hal ini berarti Unit Kemahasiswaan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki konsep yang jelas dan sistematis mengenai tujuan, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan kemahasiswaan di lingkungan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kedua, pembinaan mahasiswa yang dilakukan oleh FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dimaknai sebagai sebuah sistem. Adapun sistem yang terbangun meliputi berbagai personalia yang terlibat hingga standar kinerja dan capaian hasil yang diinginkan. Hal ini berarti manajemen pembinaan mahasiswa yang dilakukan oleh Unit Kemahasiswaan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki acuan yang jelas serta sistem manajerial yang telah teruji.

Ketiga, pembinaan mahasiswa dimaknai sebagai suati program yang berjalan secara kontinyu dengan perbaikan terus menerus. Dalam menggapai ke arah sana, pembinaan mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan tanggung jawab seluruh sivitas akademika. Titik tekan dari konsep pembinaan mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang holistik dan melibatkan seluruh pihak ini adalah pada akhirnya beriktiar untuk mewujudkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam bidang profesional-spiritualitas.

Kesemua proses tersebut merupakan wujud dari Proses pembudayaan yang sebenarnya membiasakan diri mahasiswa untuk membudayakan pengelolaan karier semenjak dini. Diharapkan dari awal perkuliahan, mahasiswa sudah memiliki imajinasi dan impian yang inspiratif dalam menjalani semua tahapan perkuliahan.

Sisi terpenting yang tidak boleh dilupakan dari pembinaan mahasiswa berprestasi adalah memastikan mereka menjadi agen of change di tengah masyarakat global. Kunci untuk mendapatkannya tidak lain hanya dengan memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki mahasiswa dengan dukungan secara penuh dari FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Inilah sebuah sistem yang menjadikan mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang semakin credible ( terpercaya) di kalangan masyarakat luas.

Penulis: 
Angga Teguh Prastyo, S.Pd.I., M.Pd.

Comments

Komitmen mengawal mutu mahasiswa berprestasi FITK UIN Maliki Malang

Menjaga konsistensi prestasi

Siap

siap