Apakah Bahasa Arab Bahasa Agama ?

Ummi Muzayyanah*

 

Bahasa Arab di Indonesia mempunyai posisi strategis dalam kajian islam karena sumber utama ajaran islam dan mayoritas referensi ilmu kaislaman itu berbahasa Arab. Umar bin khattab pernah menyatakan, pelajarilah Bahasa Arab karena ia bagian integral ajaran agamamu

Bahasa Arab sudah dikenal sejak masuknya islam ke wilayah Indonesia. Bagi bangsa Indonesia khususnya umat islam Bahasa Arab bukanlah bahasa asing karena muatannya menyatu dengan kebutuhan umat islam, sayangnya sikap dan pandangan sebagian kaum muslim Indonesia masih beranggapan, bahwa Bahasa Arab bahasa agama. Sehingga perkembangan Bahasa Arab terbatas dilingkungan kaum muslimin yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan agama.

Hanya lingkungan kecil yang menyadari betapa Bahasa Arab selain bahasa agama merupakan bahasa ilmu pengetahuan dan sains yang berhasil melahirkan karya-karya besar ulama di berbagai bidang ilmu pengetahuan, filsafat, sejarah dan sastra. Karena itu Bahasa Arab merupakan peletak dasar bagi pertumbuhan ilmu pengetahuan modern yang berkembang cepat.

            Dalam buku The Arabic Language dinyatakan bahwa Bahasa Arab telah digunakan lebig dari 150 juta orang sebagai bahasa ibu atau bahasa sehari-hari  mereka dan tidak ada bukti dokumentasi yang menyatakan bahswa Bahasa Arab adalah bahasa tertua apabila disbanding dengan bahasa lainnya, namun juga tidak dapat dipastikan bahwa Bahasa Arab jauh lebih muda disbanding bahasa lainnya.

            Bahasa Arab bukanlah Bahasa Asing yang benar-benar asing bagi umat islam pada khususnya karena pada hakikatnya Bahasa Arab adalah bahasa yang menjadi muatan dari kebutuhan umat islam hal ini sesuai dengan salah satu fungsi bahasa yaitu alat pada Spiritualis.

*) Mahasiswa PBA Semester VII Kelas Jurnalistik.

 

Tags: