Formulasi Pembelajaran Al Qur'an Hadits Madrasah Ibtida'iah

Di indonesia Banyak perguruan tinggi, dan masing-masing mereka mempunyai identitas masing-masing. Dan salah satunya adalah kampus kita yaitu Universitas Islam Negeri Malang yang mempunyai ciri keislaman. Di kampus kita ada berbagai fakultas, fakultas tarbiyah dan keguruan, fakultas Saintek, fakultas psikologi, fakultas Humaniora budaya, Fakultas Syari'ah dan lain-lain. Di masing-masing fakultas itu ada berbagai jurusan diantaranya ada jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah kalau umumnya juga bisa disebut guru agama karena lebel lulusan Sudah S.Pd bukan S.Pd.I.

Di Jurusan PGMI ini pasti mempelajari Al-Qur'an dan Hadits, itu wajib, karena lebel PGMI adalah guru keislaman. lebih sepesifik disini saya akan membahas mengenai formulasi Pembelajaran AL Qur'an Hadits di Madrasah Ibtida'iyah. Di dalam standar kompetensinya disini memiliki tujuan: mahasiswa mampu secara filosofis, menganalisis, mengimplementasikan, dan mengembangkan pembelajaran Al Qur'an Hadits.

Kalau kompetensi dasarnya: Memahami pengertian dan Komponen-komponen Pembelajaran Baca tulis Al Qur'an, Menganalisa aplikasi Ilmu tajwid dalam pembelajaran Baca tulis al Qur'an, Menganalisa aplikasi pembelajaran Ghoroib al Qiro'ah dalam pembelajaran baca tulis al Qur'an, memahami tahap-tahap pembelajaran baca tulis al qur'an, memahami dan menganalisa macam-macam metode Pembelajaran Baca tulis al Qur'an, memahami perkembangan metode Pembelajaran Baca tulis al Qur'an, memahami pembelajaran tulis al Qur'an bagi pemula.

Memahami dan menganalisa buku ajar Pembelajaran baca Al Qur'an, memahami pengembangan bahan ajar pembelajaran baca tulis al Qur'an, memahami qiroatul qur'an al Adzim dan yang terakhir memahami motivasi dalam Pembelajaran Baca tulis al Qur'an "Keutamaan dan etika membaca Al Qur'an". Itulah kompetisi dasar yang akan di ajarkan dan sudah diajarkan bagi mahasiswa yang sudah semester atas di jurusan PGMI.

Penulis: 
M. Imamul Muttaqin