Peran Alumni Pendidikan Bahasa Arab di Masa Mendatang

Oleh Yuniar Rismayanti*

 

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab merupakan program studi yang banyak diminati mahasiswa. Banyak khalayak yang sudah menyadari urgensi bahasa arab di era milenial sekarang ini. Di prodi ini, mahasiswa diajarkan tata bahasa arab dari aspek linguistik, kesastraan, dan ilmu kependidikan. Lulusan Pendidikan Bahasa Arab diharapkan dapat menjadi pengajar Bahasa Arab di masa mendatang. Di kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang salah satunya. Bisa dibilang satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki prodi Pendidikan Bahasa Arab dari S1 hingga jenjang S3.

Memasuki semester tujuh, mahasiswa harus memilih mata kuliah peminatan. Diantara mata kuliah peminatan tersebut adalah Al-Arabiyah lil athfal, Produksi Media, Jurnalistik, dan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Al-Arabiyah lil athfal yang berhubungan dengan pengajaran Bahasa Arab kepada anak-anak. Disini mahasiswa dituntut untuk membuat permainan yang menyenangkan bagi anak-anak, lagu-lagu berbahasa arab yang dikemas khusus untuk anak-anak, serta teknik-teknik mengajar yang sesuai dengan usia anak. Berikutnya adalah Produksi media. Mahasiswa diharapkan mampu membuat media pembelajaran se-kreatif dan se-menarik mungkin, karena Bahasa Arab cenderung dianggap sebagai bahasa yang susah dan membosankan. Selanjutnya adalah Jurnalistik. Bukan namanya mahasiswa kalau tidak mempunyai tulisan. Mungkin ini salah satu tujuan diadakan peminatan Jurnalistik bagi mahasiswa semester tujuh. Adapun beberapa mata kuliah dalam jurnalistik, yaitu Tarjamah Fauriyah, Penulisan Naskah Jurnalistik, serta Reportase dan Publishing. Yang terakhir adalah BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Selain diajarkan desain dan metode pengajaran Bahasa Indonesia kepada non-native speaker, di BIPA juga diajarkan bagaimana mengenal dan memahami antar budaya yang berbeda.

Peminatan ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa supaya mampu mengembangkan kemampuannya dalam Bahasa Arab. Mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Arab tidak selamanya menjadi guru atau pendidik Bahasa Arab yang profesional. Tetapi alumni juga diharapkan menjadi pengelola media, wartawan dan reporter, dan penulis buku berbahasa arab yang handal.

*) Mahasiswa PBA Semester VII Kelas Jurnalistik.

Tags: