Artikel Terbaru >>>>

Sejarah Peradaban dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Assalamualaikum Beijing

Masjid Xi'an
Masjid NiuJiei

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Itulah ungkapan petuah Arab yang sering kita dengar. Ungkapan yang menggambarkan bahwa sebuah ilmu pengetahuan harus dikejar walau sampai ke negeri Cina. Novel Assalamualaikum Beijing ini memberikan gambaran tentang keberadaan Islam di negeri Tirai Bambu. Peradaban Islam sudah muncul beberapa waktu silam di Cina. Hal ini ditandai dengan bangunan Masjid bernama Niu Jie. Masjid ini dibangun sejak tahun 996 pada masa Dinasti Liao, terletak di Niujie yang berarti jalan sapi. Bangunan perpaduan Cina dan Arab ini merupakan masjid tertua dan terbesar di Cina. Di sekitarnya juga terdapat jam penunjuk waktu shalat.

Penulis: 
Dwi Masdi Widada

MEMAHAMI HAKIKAT KEBAHAGIAAN PADA ORANG

Kebahagiaan adalah sebuah impian di mana semua orang ingin memilikinya. Tidak ada seorang pun yang ingin menderita hidupnya. Namun, tidak semua orang tahu akan kriteria bahagia secara kaffah. Dalam pandangan Islam, seseorang yang bahagia adalah seorang mukmin sholeh yang selalu taat akan menunaikan hak-hak Tuhannya dan memenuhi hak-hak akan makhluk lainnya dengan berpedoman kepada svriat, baik lahir maupun batin.

Penulis: 
Dwi Masdi Widada

Be Global Citizen, Kenalkan Sistem Terbaru Manajemen Zakat Produktif Di Kancah Internasional

Zakat bagaikan tonggak utama keuangan dan kunci kemajuan umat islam di era global, kalimat tersebut merupakan salah satu ranah kajian diskusi saya dengan para pakar zakat internasional, saat mengikuti the 9th ISDEV International Islamic Development Management Conference (IDMAC 2015) di Universiti Sains Malaysia, 8 Desember 2015

Kembalikan Fitrah Pendidikan!

Siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, dialah orang yang beruntung. Begitulah Nabi Muhammad saw mengajarkan kepada kita, bahwa setiap hari harus ada peningkatan, ada trafik perkembangan ke arah yang lebih baik. Sebab, siapa yang hari ini masih sama dengan kemarin, disebut orang rugi. Meminjam istilah pesantren, “wujuduhu ka ‘adamihi”, adanya seperti tidak ada.Yang lebih parah lagi, siapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin, dialah orang yang celaka, nasibnya sial dan ujung-ujungnya akan berakhir pada penyelasan.
 

Jejak Peradaban Islam dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa

Eropa dikenal sebagai perlambang kemewahan dan simbol kemajuan jaman terutama pada abad 21. Menelusuri tempat-tempat wisata di Eropa merupakan hasrat semua wisatawan. Beberapa wisata Eropa termasuk Menara Eiffel, Menara Pisa, Colosseum Roma, Museum Louvre, dan lain-lain merupakan rangkaian yang tak terlupa. Semua itu terinspirasi dengan kemegahan peradaban Islam di benua Eropa Abad Pertengahan. Eropa menyimpan gairah spirit renaisance sebuah peradaban. Itu semua tentu berhubungan dengan sejarah peristiwa masa lampau terkait dengan peradaban Islam di Andalusia atau dikenal dengan negara Spanyol.

Penulis: 
Dwi Masdi Widada

MELATIH DAN MENGENAL KETELADAN DALAM BERSABAR

Dalam kehidupan, semua yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah SWT. Bahkan, daun yang jatuh sekalipun tidak luput dari ketentuan yang sudah digariskan-Nya. Kejadian demi kejadian terus berlanjut menyisakan duka mendalam bagi kita. Siapa pun tidak berharap akan terjadinya musibah itu.

Penulis: 
Dwi Masdi Widada

PENDIDIKAN MURAH TUNISIA DAN REVOLUSI MENTAL

Penduduk Tunisia hanya sekitar 11 jutaan, kurang dari 10 persen dibanding jumlah warga negara Indonesia.Tidak seperti negara Arab di Timur Tengah, Tunisia hanya mengandalkan sektor pariwisata dan perkebunan Zaitun.Namun, negara bekas jajahan Perancis ini, tergolong makmur.Salah satu indikasinya, selain tingkat penghasilan warga, adalah tingkat pendidikan.

Penulis: 
Dr. H. R. Taufiqurrochman, MA

Halaman