Dekan FITK Ajak Civitas Akademika Bergabung di FGD

 

Dekan FITK Ajak Civitas Akademika Bergabung di FGD

 

Jadi Sarana Berdiskusi dan Memunculkan Ide-Ide Kreatif

FITK NEWS - Perhatian Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Dr. H. Nur Ali, M.Pd terhadap pengembangan akademik patut diacungi jempol. Pria berkopyah tersebut menggagas focus group discussion (FGD) dan mengajak dosen-dosen ASN serta Civitas Akademika FITK untuk bergabung dalam forum tersebut.

Nur Ali menegaskan jika FGD sangat penting bagi dosen. Sebab akan menimbulkan dinamika berpikir positif dan dapat sharing keilmuan antar dosen. Tak hanya itu, lewat FGD ini pula, diharapkan dapat memunculkan ide-ide akademik untuk menulis karya ilmiah, baik buku atau jurnal ilmiah. ”Di FDG, para dosen akan terbiasa dengan menulis makalah ilmiah dan berdiskusi. Tentunya akan meningkatkan kemampuan menulis maupun presentasi,” tuturnya.

Muhammad Tulus, M.Pd.I selaku koordinator FGD menyampaikan jika kegiatan tersebut dilakukan seminggu sekali, tepatnya setiap Rabu di ruang dosen FITK. Kegiatan berlangsung antara 13.00-WIB sampai 14.00 WIB. ”Kegiatan ini sebagai jalan untuk terus menumbuhkan semangat berkarya,” kata Tulus.

Materi apa yang dibahas di FGD? Dia menyatakan jika materi yang didiskusikan tergantung keilmuan pemateri. Misalnya jika ahli Bahasa Inggris, maka materi yang disampaikan juga terkait Bahasa Ingggris. ”Kami sudah melaksanakan FGD sekitar 9 kali. Materi yang telah dikaji berkaitan dengan profesionalistas kinerja dosen, statistik dan Bahasa Inggris. Ke depan akan banyak hal yang akan didiskusikan,” ungkap Tulus.

Salah satu dosen ASN Siti Ma’rifatul Hasanah, M.Pd mengaku jika kegiatan FGD dirasa sangat penting bagi pengembangan keilmuannya. Sebab satu dosen dapat berbagi ilmu dengan dosen lainnya. ”Saya senang sekali ada FGD. Sebab saya dapat belajar tentang statistik, Bahasa Inggris-Arab dan ilmu lainnya. Semoga FGD ini terus dijalankan agar dosen-dosen FITK semakin professional dan berkualitas,” ujarnya.  (IM/ gung)