Delapan Mahasiswa MPI Magang di DPR RI

 

Delapan Mahasiswa MPI Magang di DPR RI

 

FITK NEWS – Delapan mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FITK, memulai langkah awalnya untuk menjajal dunia kerja lewat program magang di Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI. Prosesi Penyerahan dilakukan oleh Dekan FITK Dr. H. Nur Ali, M.Pd yang ditemani Dr. Mulyono, M.Pd (Kajur MPI) serta diterima dengan hangat oleh Dr. Rahaju Setya Wardani, S.H, M.M (Kapusdiklat Setjen DPR RI) dan Y.O.I Tahapari, S.H, M.Si (Kaporim).

Nur Ali mengatakan kegiatan magang tersebut dilakukan selama sebulan penuh. Tepatnya mulai 1 Februari sampai 1 maret 2017. Dia memaparkan ada 3 aspek yang ingin dibidik dari magang. Yaitu manajemen, administrasi dan kepemimpinan.

Terkait manajemen, para mahasiswa akan belajar bagaimana manajemen di Setjen DPR RI, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai proses monitoring. Sementara dalam aspek administrasi, mereka akan bersentuhan langsung dengan arsiparis, korespondensi dan lain-lian.

Sementara dalam aspek kepemimpinan, sambung Nur Ali, lebih mengarah bagaimana mengatur kerja suatu lembaga, menjalankan prosedur dan aturan yang jelas, memberikan motivasi dan apresiasi anggota tim sampai menerima dan melakukan perubahan.

”Makanya untuk mengetahui bagaimana keefektifan dan peran serta mahasiswa dalam program magang, tim Setjen DPR RI secara langsung yang akan memberikan nilai,” ujar pria asal Lamongan tersebut.

Terpisah, dia melanjutkan dalam acara serah terima tersebut ada beberapa kesepatakan. Di antaranya akan dilakukan kerja sama antara Pusdiklat dan FITK terkait penataan dan pengembangan untuk merancang formulasi yang efekktif dan efisien dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Selain itu juga akan digelar pelatihan parlementaria bagi mahasiswa. Kemudian Pusdiklat DPR RI akan memberikan kesempatan jika mahasiswa FITK ingin melakukan magang secara berkelanjutan.