Enam Puluh Persen Mahasiswa PKL FITK di Luar Malang

 

FITK NEWS – Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun ini terbilang beda dibanding tahun sebelumnya. Jika sebelumnya PKL hanya berkutat di area Malang Raya, kali ini pelaksanaannya 60 persen luar Malang. Selain itu, mahasiswa peserta PKL juga wajib melakukan pengabdian masyarakat di dalam dan luar sekolah. Tercatat ada sekitar 736 mahasiswa Jurusan PAI, PIPS, PGMI, PBA, MPI dan PIAUD yang mengikuti PKL, baik dalam maupun luar negeri.

Kepala Lab. Microteaching dan P3M Drs. A. Zuhdi, MA mengatakan jika PKL dibagi menjadi dua, yaitu dalam dan luar negeri. Untuk PKL di dalam negeri, dilaksanakan di sekolah-sekolah wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat (red: Cirebon). “Di dua wilayah tersebut, mahasiswa sudah mulai ke lapangan sejak 22 Januari 2019 sampai 9 April 2019”, ujar Zuhdi.

Sebelum terjun ke lapangan, lanjut Zuhdi, mahasiswa telah diberikan pembekalan di masing-masing jurusan terkait cara membuat perangkat pembejaran, langkah-langkah penelitian PTK sampai pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajran. Kegiatan pembekalan tersebut dilakukan di kampus.  

Pria asal Madura itu menegaskan selama PKL, mahasiswa diwajibkan melakukan proses KBM (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran) dengan team teaching bersama guru -pamong masing-masing sesuai mapel. Selain itu juga melakukan program pengabdian masyarakat dalam bentuk layanan kependidikan di madrasah/sekolah, seperti layanan di ruang tatib, perpustakaan, ruang guru dan lainnya. “Termasuk melakukan pengadbian masyarakat sekitar sekolah misalnya les privat bagi anak-anak, mengajar TPQ, mengikuti kegiatan kemasayarakatan lainnya (dibaiyah, yasinan dan tahlil, khutbah, kultum)”, ujar Zuhdi