FITK Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan

 

Dorong Dosen Kuliah S3 di Luar Negeri dan Dampingi Dosen agar Segera Profesor

FITK NEWS – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) terus ikut andil meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Maula Malik Ibrahim Malang. Di bawah kepemimpinan Dr. H. Agus Maimun, M.Pd, fakultas ini telah menyiapkan berbagai program penunjang.  

Komitmen tersebut tercermin dalam rapat penyusunan rencana strategis (renstra) dan rencana operasional (renop) 2018-2022 di Hotel Bromo Park, Probolinggo, 08-10 April lalu. Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan FITK Dr. H. Agus Maimun, M.Pd. Selain para dekanat, para kajur dan sekjur ditambah kabag, kasubag  dan beberapa tenaga kependidikan FITK juga hadir dalam rapat.

Acara yang berlangsung selama tiga hari itu dibagi menjadi empat sidang komisi dan satu sidang pleno. Sidang komisi pertama membicarakan tentang pembahasan dan penyusunan renstra. Selanjutnya sidang komisi kedua membahas dan menyusun renop. Dilanjutkan sidang komisi ketiga berupa pembahasan dan penyusunan program kerja (proker) program studi (prodi). Sementara untuk sidang komisi keempat membahas sekaligus menyusun proker unit (laboratorium). Usai sidang komisi, acara dilanjutkan dengan sidang pleno. Sesi ini membahas penetapan renstra, renop dan proker 2018.

Agus Maimun menegaskan, dari semua hasil renstra dan renop tersebut, dirinya sangat menekankan perlunya peningkatan kualitas dosen. Sebab dengan tenaga pendidik yang berkualitas diharapkan bisa membimbing mahasiswa sebaik mungkin. “Kami akan mendorong para dosen yang masih S2 segara bisa melanjutkan S3 di luar negeri,” ujar Agus Maimun di depan puluhan pasang mata.

Sementara untuk dosen yang sudah menyelesaikan jenjang S3, dirinya juga tengah menyiapkan pendampingan agar mereka bisa segera meraih gelar profesor. “Kami telah menyiapkan tim untuk mendeteksi siapa saja yang perlu diberikan pendampingan agar segera meraih gelar profesor,” kata Agus Maimun dalam sambutannya.

Selain itu, lanjut Agus Maimun, dia juga berencana mendirikan museum pendidikan Islam di FITK. Fungsi museum ini nantinya sebagai tempat edukasi tentang perkembangan Islam, baik di nusantara maupun di dunia.