GEMMA IPS Ajak Siswa SMP Progresif Zainul Ulum Cintai Pendidikan

 

GEMMA IPS Ajak Siswa SMP Progresif Zainul Ulum Cintai Pendidikan

 

Buat Gebrakan Kreatif dan Inovatif Pembelajaran di Momen Hardiknas

Bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS), Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei tak hanya sebagai peringatan belaka namun sebagai refleksi terhadap pentingnya pendidikan bagi generasi bangsa. Sadar akan hal tersebut, 30 mahasiswa yang tergabung dalam komunitas GEMMA IPS (Gerakan Mengabdi Mahasiswa) melakukan wujud nyata ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa di SMP Progresif Zainul Ulum, Rejoyoso, Bantur, Kabupaten Malang, Jum’at (5/5). Mereka melakukan berbagai gebrakan yang kreatif dan inovatif dalam hal pembelajaran.

Yuni Maratus Sholicha selaku koordinator kegiatan yang bertema “Aktualisasi Peran Mahasiswa IPS Peduli Pendidikan untuk Indonesia Pintar” mengatakan lewat momen Hardiknas timnya ingin mengajak agar setiap orang peduli dengan dunia pendidikan. Terutama agar para siswa lebih cinta terhadap pendidikan sehingga mereka dapat menjadi generasi yang dapat diandalkan suatu hari.   

Selain itu, lanjut Yuni, kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk melatih para mahasiswa menjadi guru yang kreatif dan inovatif bagi siswa. Tentunya dengan mempraktikkan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah. ”Kami juga mengaplikasikan inovasi pembelajaran terbaru bagi siswa-siswi” ujarnya.

Dikatakan, aplikasi pembelajaran yang kreatif dan inovatif itu tercermin dalam beberapa agenda. Di antaranya Teaching for Review, Inspiration Class, Introduction of Profession, Take of Dream dan juga Edu Games.

Dia memaparkan, Teaching for Review dilakukan dengan metode yang inovatif untuk memberikan warna baru pembelajaran bagi siswa SMP Progresif Zainul Ulum. Sementara Inspiration Class dan Motivation berupa kegiatan motivasi kepada siswa agar sadar pentingnya belajar. Selanjutnya Introduction of Profession memiliki tujuan memberikan wawasan keprofesian bagi siswa.

Kemudian lewat Take of Dream, para siswa diajak mengetahui cita-citanya masing-masing dan diajari cara meraihnya. Terakhir, Edu Games berupa beberapa permainan yang mengajarakan kerja sama dan ketepatan dalam memilih jawaban secara cepat. “Dengan jargon Dari hati, Siap Mengabdi untuk Negeri” semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di hari-hari pendidikan selanjutnya,” harapnya.  

“Saya sangat senang dengan kedatangan kakak-kakak mahasiswa dari UIN Malang hari ini, karena kita mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan belajar dengan bersenang-senang” kata Farizi, salah satu siswa kelas IX.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kajur P.IPS, Dr. H. Abdul Basith M.Si sangat mendukung dan mengapresiasi. menurutnya lewat acara itu mahasiswa akan mengetahui keadaan nyata di sekolah, khususnya keadaan kelas. Bapak Imamuddin selaku Kepala Sekolah SMP Progresif Zainul Ulum juga sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional di sekolahnya. Mengingat selama ini belum ada mahasiswa yang berkunjung ke sekolah tersebut.