Kupas Bidang Kajian PBA dan Online Research

 

 Kupas Bidang Kajian PBA dan Online Research

FITK NEWS – Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Metodologi Penelitian bagi mahasiswa semester VII. Sekitar 140-an mahasiswa PBA mengikuti kegiatan yang berlangsung di Aula Microteaching, Selasa (18/07) ini. Acara bimtek secara resmi dibuka langsung oleh Plt. Dekan FITK, Dr. H. Nur Ali, M.Pd.

Ada dua pemateri andal di acara tersebut. Yaitu Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd (Guru Besar UM) dan Mufid, M.Hum (Pustakawan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Dalam kesempatan itu, Prof. Ainin membahas secara gamblang tentang masalah dan desain penelitian dalam penulisan skripsi. Dikatakan agar efektif, dalam penyusunan skripsi hendaknya memperhatikan dua hal yakni managerial (pengelolaan diri) dan substansi (kualitas skripsi). Managerial berkaitan dengan istiqamah, tekun, telaten, sabar dalam proses konsultasi. Selain itu juga memiliki target waktu dan menikmati dalam proses penulisan skripsi.

Terkait kualitas skripsi, lanjut Prof. Ainin, berkaitan dengan sumbahsih skripsi dalam perkembangan ilmu pengetahuan, kelayakan, kebaruan sampai ketersediaan data. “Ketersediaan data juga akan mempengaruhi kualitas suatu karya sebab jika data tidak tersedia, suatu karya ilmiah tidak akan berkualitas” ujar Prof Ainin.

Tak kalah pentingnya, Prof. Ainin juga memaparkan bidang kajin penelitian PBA sehingga para mahasiswa tidak hanya berkutat pada satu tema saja. Bidang yang dapat dikaji lebih lanjut di antaranya pembelajaran Bahasa Arab, pembelajaran Bahasa Arab untuk anak, kemahiran berbahasa Arab, penerjemahan, pembelajaran Bahasa Arab untuk tujuan khusus sampai kajian tentang linguistik. Beliau juga membahas dengan tuntas tentang kajian kualitatif, kuantitatif dan mixed methods.

Sementara itu, Mufid M.Hum lebih menerangkan tentang beberapa sumber ilmiah online yang bisa dijadikan refensi seperti Etheses, Research Repository, E-journal, Moraref, DOAJ, Indonesian Publication Index, Registry of Open Acces Repository, Google Scholar, Emeral Insight, proQuest dan Springerlink.