Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah salah satu Prodi yang sekarang  berada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Malang. Keberadaan  Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di fakultas ini berdasar pada Surat Keputusan Rektor nomor Un.3/PP.00.9/1211/2014 sebelumnya Prodi Pendidikan Bahasa Arab berada di Fakultas Humaniora dan Budaya yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/Dt.I.IV/1/PP.00.9/510.B/2007 tertanggal 31 Mei 2007 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Jenjang S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Surat Keputusan Direktur Pendidikan Islam Nomor 1223 tahun 2012 tentang Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi. Kemudian memperoleh akreditasi B (nilai 340) sesuai dengan surat keputusan BAN PT No 036/BAN-PT/Ak-XIII/S1/I/2011 tentang status, peringkat, dan hasil akreditasi program sarjana di Perguruan Tinggi tanggal 7Januari 2011.

Visi Prodi PBA adalah “Menjadi program studi  terkemuka dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang pendidikan bahasa Arab yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional,dan menjadi penggerak masyarakat yang siap bersaing di tingkat  nasional dan internasional”.Mengacu pada visi di atas, maka prodi PBA mengemban misi: (1). Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik bahasa Arab di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren dan masayarakat luar sekolahMenyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik bahasa Arab di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren dan masayarakat luar sekolah (2)Menyelenggarakan program penelitian  dan pengabdian masyarakat untuk mengembangkan keilmuan program studi(3) Menjalin kemitraan dengan parastakeholderdi wilayah ASEAN dalam aspek tri dharma perguruan tinggi

Mengacu pada visi-misi di atas, tujuan penyelenggaraan Prodi PBA adalah: (1) Menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik Bahasa Arab yang memiliki kompetensi keguruan dan integritas keagamaan.(2) Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan inovasi pendidikan dan atau pembelajaran Bahasa Arab (3)  Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai tenanga non kependidikan (penerjemah, jurnalis, guide, entrepreneurship di bidang pendidikan).(4) Menghasilkan lulusan sarjana yang menguasaimetodologi penelitian pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban. (5)Menghasilkan hasil-hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan Bahasa Arab di sekolah/madrasah, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan lainnya (6) Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri (7) Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga non kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri. 

Laporan Evaluasi Diri diri ini disusun dalam rangka untuk memperoleh dan meningkatkan hasil akreditasi Prodi PBA setelah pada tahun 20011-2015 memperoleh akreditasi B dengan skor 340. Aspek-aspek yang dianalisis dalam Evaluasi Diri ini ada tujuh komponen, yaitu: (1) Visi, Misi, Tujuan Sasaran dan Strategi Pencapaian; (2) Tatapamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Penjaminan Mutu dan Sistem Informasi; (3) Mahasiswa dan Lulusan; (4) Sumber Daya Manusia; (5) Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik; (6) Pembeayaan, Sarana, dan Prasarana; (7) Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama.

Sejak berdiri pada tahun 2007 hingga saat ini (2014-2015), Prodi PBA telah meluluskan sebanyak 388 alumni dan mayoritas telah bekerja di sektor pendidikan sesuai dengan visi misinya. Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya =  96%. Data ini diperoleh dengan cara:

  1. Mengidentifikasi data tempat bekerja setiap lulusan.
  2. Mengelompokkan jabatan dalam pekerjaan tersebut (sesuai atau tidak sesuai).
  3. Menjumlahkan lulusan yang bekerja sesuai dan tidak sesuai dengan keahliannya.
  4. Mencari persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya dengan cara membagi point 3 dengan total sampel = (96/100)x100%= 96%.

Kondisi ini menunjukkan bahwa Prodi PBAmemiliki relevansi dengan kebutuhan stakeholder dan dapat dijadikan sebagai modal bagi pengembangan Prodi ke depan.

Kekuatan Prodi antara lain terletak pada visinya sebagaiprogram studi  terkemuka dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang pendidikan bahasa Arab yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional,dan menjadi penggerak masyarakat yang siap bersaing di tingkat  nasional dan internasional.Visi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi dan berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang terintegrasi antara sains dan Islam. Pencapaian visi misi ini juga dimudahkan karena secara institusional UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memberikan support baik secara kelembagaan, program dan aktivitas akademik yang ada dalam kampus ini banyak yang berbasis bahasa Arab. Bisa dikatakan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah kampus yang punya kepedulian yang sangat tinggi terhadap pengembangan bahasa Arab. Indikatornya adalah UIN Maulana Malik Ibrahim saat ini adalah satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki Jurusan  Pendidikan Bahasa Arab S1, S2 dan S3. Selain itu kebijakan di kampus ini menetapkan, semua mahasiswa baru selama satu tahun, mulai jam 14.00 sampai 20.00 harus mengikuti program intensif bahasa Arab dan menetap di Ma’had al-Aly.

Keberadaan Ma’had al- Aly bagi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mempunyai fungsi yang sangat strategis setidaknya dilihat dari dua hal; pertama, terbentuknya bia’h arabiyah. Kedua,  implementasi kurikulum integratif yang diselenggarakan melalui sintesa pembelajaran model ma’had (pondok pesantren) dan universitas.

Sementara dari komponen tatapamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, penjaminan mutu dan sistem informasi menunjukkan bahwa pola manajemen dan kepemimpinan operasional, organisasi, dan publik. Prodi ini telah memiliki tatakelola dan sistem organisasi yang dijalankan berdasarkan Sistem Standar Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dan didukung dengan sistem teknologi informasi berbasis web di home page www.siakad.uin-malang.ac.id. Hanya saja pemanfaatan hasil rekomendasi dari tim manajemen mutu perlu dioptimalkan. Pengelolaan Prodi bersifat semi otonom, ada pembagian tugas dan kerjasama antara pimpinan prodi dengan pimpinan Fakultas yang dijalankan berdasarkan open management danpendekatan kolegial.

Komponen mahasiswa dan lulusan  ditunjukkan dengan data-data jumlah peminat yang semakin meningkat, sistem seleksi yang relatif ketat dan beragam, sehingga menghasilkan lulusan yang sejalan dengan visi misi prodi. Interaksi antara pengelola program dengan mahasiswa Prodi PBA selama ini cukup harmonis, antara lain ditandai dengan adanya sejumlah kegiatan pelayanan untuk mahasiswa, kepenasehatan akademik, kegiatan kolaboratif antara Prodi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan, sinergitas antara prodi dan forum ketua kelas dalam pengembangan kompetensi mahasiswa ataupun evaluasi perkuliahan  dan kesempatan mahasiswa untuk mengikuti sejumlah kegiatan ekstra kurikuler.

          Sumber daya manusia (SDM) dari unsur dosen dan tenaga pendukung, menunjukkan bahwa dosen tetap prodi cukup memadai (41 orang dengan rincian 20 dosen tetap prodi, 1 native speaker dari Sudan,  20 dosen tetap fakultas dan  5 dosen luar biasa), baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya (tingkat pendidikan); demikian juga dengan tenaga pendukungnya.

          Komponen kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik meliputi struktur dan isi kurikulum, kompetensi dan etika lulusan, derajat integrasi, kurikulum lokal, matakuliah pilihan dan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri di masa depan setelah lulus. Kurikulum lokal dan matakuliah pilihan disusun berdasarkan prinsip relevansi dan integrasi agar lulusannya dapat mengembangkan pilihan profesi sebagai guru yang menguasai bidang pembelajaran bahasa Arab. Aspek pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan proses, dan penilaian hasil hasil belajar. Aspek-aspek tersebut secara teknis sudah diatur dalam buku Pedoman Pendidikan, manual mutu akademik dan standar mutu akademik. Sedangkan suasana akademik berkaitan dengan budaya akademik: otonomi keilmuan, kebebasan akademik, dan kebebasan mimbar akademik melalui keikutsertaan sivitas akademika dalam kegiatan-kegiatan ilmiah seperti seminar, workshoppenyusunan bahan ajar, penyusunan silabus antar dosen yang serumpun dan kegiatan akademik lainnya.

          Komponen pembiayaan, sarana, dan prasarana merupakan komponen input yang berperan penting bagi kelangsungan proses pembelajaran prodi. Sumber, sistem alokasi, akuntabilitas dan pemanfaatan anggaran dana selama ini ditangani secara terpusat dan relatif tidak ada hambatan yang berarti. Untuk efisiensi dan efektivitas pengembangan prodi, perlu dipertimbangkan ke depan kemungkinan prodi dapat mengelola alokasi dana operasional secara mandiri. Ketersediaan dan kualitas sarana prasarana Prodi dari segi gedung fisik atas bantuan Islamic Development Bank (IDB) yang selesai pada tahun 2008 sangat memadai; Untuk menunjang tercapainya kompetensi pedagogik, sarana lab micro teaching memadai,lab bahasa memadai,lab pengembangan media pembelajaran, galery kaligrafi juga lab public speaking juga memadai.

          Komponen penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasamameliputi produktivitas judul-judul penelitan, publikasi karya tulis ilmiah, dan intensitas serta manfaat kerjasama dengan stakeholder baik dalam maupun luar negeri (yang disesuaiakan dengan sasaran jangka menengah yaitu reputasi regional/regional recognition).

          Berdasarkan analisis SWOT antar tujuh komponen evaluasi diri tersebut, menunjukkan bahwa posisi prodi pada kuadran IV, yang berarti lebih banyak memiliki  kekuatan dari pada kelemahan, dan memiliki lebih besar peluang dari pada ancaman. Masalahnya, kekuatan dan peluang tersebut belum dapat dioptimalkan untuk mencapai sasaran jangka menengah 2011-2015 yang diarahkan untuk mencapai tahap menuju reputasi regional (regional recognition), yaitupeningkatan mutu institusi di level internasional negara-negara tetangga yang merupakan target renstra berikutnya mulai tahun 2016 yaitu reputasi internasional (international recognition).

          Untuk mencapai sasaran tersebut, strategi pengembangan/perbaikan program yang telah, sedang dan terus akan dilakukan adalah:

  1. Meningkatkan kualitas dosen sebagaimana tuntutan universitas yang tertuang dalam Renstra UIN Malang, bahwa pada tahun 2020 seluruh dosen diharapkan bergelar doktor. Hal ini telah terealisasi sebanyak 14 dosen tetap Prodi PBA telah bergelar doktor, 6 orang sedang studi lanjut S3 yang saat ini tinggal menyelesaikan disertasinya.
  2. Sejalan dengan strategi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah merealisasikan pembelian lahan kampus baru di wilayah kota Batu seluas ­+ 100 ha, penyediaan sarana laboratorium produksi media penting segera direncanakan dan dialokasikan dananya.
  3. Untuk memperoleh peminat prodi secara lebih selektif dan berkelanjutan, sosialisasi dan kerjasama aktif dengan negara-negara berpenduduk muslim di Eropa Timur, China, dan Asia Tenggara penting ditindaklanjuti dan dioptimalkan.
  4. Sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, maka lulusan Prodi PBA telah merancang proposal penyiapan laboratorium sekolah (lab school) sebagai praktik riil teaching
  5. Kekuatan Prodi PBA terutama terletak pada visi-misi, profesionalisme SDM, fleksibelitas kurikulum dan peluang lulusan menjadi guru bidang studi bahasa Arab di semua jenjang pendidikan baik sekolah/madrasah ataupun pesantren semakin tinggi. Kekuatan dan peluang tersebut belum dioptimalkan. Oleh karena itu, prodi masih perlu mengkomunikasikan visi, misi, tujuan dan sasaran, serta pencapaian program kepada pimpinan dan stakeholder secara terus menerus dan berkelanjutan. 

 

 

Visi

Menjadi program studi  terkemuka dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang pendidikan bahasa Arab yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional,dan menjadi penggerak masyarakat yang siap bersaing di tingkat  nasional dan internasional.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul untuk menghasilkan tenaga pendidik bahasa Arab di lingkungan madrasah/sekolah, pondok pesantren dan masyarakat luar sekolah.
  2. Menyelenggarakan program penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan keilmuan program studi.  
  3. Menjalin kemitraan dengan para stakeholder di wilayah ASEAN dalam aspek tri dharma perguruan tinggi

 

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik Bahasa Arab yang memiliki kompetensi keguruan dan integritas keagamaan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan inovasi pendidikan dan atau pembelajaran Bahasa Arab.   
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai tenanga non kependidikan (penerjemah, jurnalis, guide, entrepreneurship di bidang pendidikan).     
  4. Menghasilkan lulusan sarjana yang menguasaimetodologi penelitian pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban.
  5. Menghasilkan hasil-hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan Bahasa Arab di sekolah/madrasah, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan lainnya.
  6. Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri. 
  7. Memperluas jalinan kerjasama dengan lembaga non kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri. 

 

 

 

Sasaran dan Strategi Pencapaianny

       Sasaran

  1. Terwujudnya lulusan yang terserap di lembaga pendidikan yang bereputasi nasional dan ASEAN pada tahun 2011 sampai 2020.
  2. Terwujudnya  lulusan yang terserap di lembaga non kependidikan, sebagai penerjemah, jurnalis, guide, entrepreneurship di bidang pendidikan pada tahun 2011 sampai 2020.
  3. Terwujudnya lulusan untuk studi lanjut pada program pascasarjana yang bereputasi, baik di dalam maupun di luar negeri pada tahun 2011 sampai 2020.       
  4. Terwujudnya lulusan sebagai peneliti dalam pengembangan pendidikan Bahasa Arab yang berkontribusi dalam pengembangan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban pada tahun 2011 sampai 2020.
  5. Meningkatnya hasil-hasil penelitian yang dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan pendidikan Bahasa Arab di sekolah/madrasah, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan lainnya pada tahun 2011 sampai 2020.
  6. Meningkatnya jalinan kerjasama dengan lembaga kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeri pada tahun 2011 sampai 2020.
  7. Meningkatnya jalinan kerjasama dengan lembaga non kependidikan, baik yang ada di dalam maupun luar negeripada tahun 2011 sampai 2020.

 

        Strategi Pencapaian

Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, program studi Pendidikan Bahasa Arab telah merancang strategi sebagai berikut:

  1. Sasaran 1  dan 3: 
  1. Menyusun body of knowledge Pendidikan Bahasa Arab yang kemudian dijadikan sebagai landasan rancangan kurikulum yang mampu merealisasikan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan kepemimpinan.
  2. Mengirim mahasiswa pada program Praktek Kerja Lapangan pada sekolah/madrasah yang bereputasi minimal baik dalam lingkup nasional dan ASEAN.
  3. Merancang Internasionalisasi kurikulum program studi bersama asosiasi pendidikan Bahasa Arab Internasional (IMLA).
  4. Menyelenggarakan proses pembelajaran menggunakan bahasa komunikasi Arab kecuali matakuliah tertentu seperti statistik, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Ingggris.
  5. Menyelenggrakan program kelas internasional (International Class Program) untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

 

Sasaran 2:

  1. Menyelenggarakan program yaum araby sekali dalam sepekan sebagai wadah ekspresi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi linguistik dan metodologis mereka.
  2. Mengembangkan kurikulum mata kuliah pilihan yang membekali mahasiswa untuk dapat berkontribusi dalam bidang non kependidikan.
  3. Memfasilitasi program pengembangan minat bakat mahasiswa seperti Al-Kindy (bidang munadzarah ilmiah, insyad as-syiir, khitobah, taqdimul qishoh), El-Fatih (buletin), ‘Iadatul Lughah (klinik bahasa).   
  4. Menyelenggrakan program authentic discourse classes untuk matakuliah keterampilan bahasa.

Sasaran 4 dan 5:

  1. Mengikutsertaan civitas akademika Prodi Pendidikan Bahasa Arab dalam riset bertaraf nasional dan internasional
  2. Menyelenggarakan kolaboratif risetdengan mitra perguruan tinggi.
  3. Menyelenggarakan workshop metodologi penelitian bagi dosen dan mahasiswa setiap tahun.

Sasaran 6 dan 7:

  1. Menyelenggarakan program Gebyar Apresiasi Khazanah Araby sekali dalam setahun sebagai media untuk melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan.
  2. Menyelenggarakan bimtek pengembangan kurikulum Bahasa Arab pada madrasah
  3. Menyelenggarakan bimtek peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru Bahasa Arab di sekolah/madrasah dan pondok pesantren.    
  4. Menyelenggarakan kegiatan orientasi kebahasaan arab pada siswa madrasah binaan.
 
tag: