FITK NEWS – Seminar Nasional dan Talkshow Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) kali ini terbilang istimewa. Jurusan yang dinahkodai oleh Dr. Mohammad Samsul Ulum, MA ini tak hanya mengggandeng Badan Akreditasi Propinsi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAP PAUD dan PNF) namun juga menghadirkan pemateri andal yaitu  Ria Enes. Acara ini berlangsung di Aula Gedung Soekarno, (27/09) lalu.

Acara yang bertajuk “Dengan semangat literasi, kita tingkatkan kualitas pendidikan melalui akreditasi PAUN dan PNF di Jawa Timur” tersebut, dibuka langsung oleh Prof. Dr. H. Abdul Haris, M.Ag (Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Usai pembukaan dilanjutkan dengan panel seminar nasional. Untuk tema yang diangkat dalam panel ini antara lain strategi meningkatkan kualitas pendidikan PAUD dan PNF melalui akreditasi oleh Dr. Yusuf Muhyiddin (Direktur Dibinsuslat, Dirjen PAUD dan Dikmas). Kemudian materi tentang social-enterprenuershipness pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Dimas. Materi ini disampaikan oleh Prof. Dr, Supriyono, M.Pd (Ketua IKAPNFI Nasional) dan dimoderatori oleh Hj. Anik Wahyuningsih, ST, MM.

Usai seminar, dilanjutkan materi tentang menumbuhkembangkan semangat literasi pada anak usia dini yang dipaparkan oleh Ria Enes (presenter, penyanyi sekaligus pendongeng dengan boneka Susan). Sesi ini dimoderatori Ahmad Mukhlis, MA (Dosen PIAUD FITK).

Samsul Ulum mengatakan, jam 13.30 di tempat yang sama juga digelar best practice tentang strategi meningkatkan kualitas pendidikan PAUD dan PNF melalui akreditasi PAUD dan PNF. Dr. Saiful Rachman, M.Pd MM (Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jatimj) dan Dr. Yusuf Muhyidin lah yang menjadi pemateri sesi ini.

Penganugerahan best practice kabupaten/kota tahun 2017, sambung Samsul Ulum, juga dihelat di acara ini. Di antara yang mendapat anugerah tersebut antara lain Abdullah Bakar, SE (Wali Kota Kediri), Ny. Ir. Catur Nyono Suherly (Bunda PAUD Kab. Jombang), Sutiati (Wawali Kota Malang), Ny. Zumrotus Sholihah Qosyim (Wakil Bupati Gresik), Sodik Heri Purnomo, S.Si (Kadisdik Kab. Madiun) dan Dra. Hj. Tutut Erliena, M.Pd (Kadisdik Kab. Pnonorogo).

Di waktu yang bersamaan juga digelar kuliah tamu oleh Ria Enes di Aula Microteaching FITK. Acara ini diikuti oleh mahasiswa PIAUD lintas angkatan. Dalam kesempatan ini, para mahasiswa diajari teknik mendongeng yang menyenangkan.