FITK NEWS – Kemeriahan Milad Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ke-7 kembali dimeriahkan dengan GAZA (Gebyar Khazanah Aroby). Event tingkat nasional ini digelar rutin tiap tahun. Selain untuk memeriahkan milad HMJ PBA, event besar ini menjadi ajang syiar Bahasa Arab agar lebih dikenal masyarakat.  

Acara yang bertema “genggamlah dunia dengan Bahasa Arab” ini digelar selama lima hari berturut-turut, 2-6 Oktober 2016, dimulai pembukaan, perlombaan-perlombaan GAZA, hingga malam puncak milad.

Menurut ketua pelaksana GAZA Ahmad Zainun Yusuf, jumlah peserta dari tahun ke tahun semakin banyak. Tahun ini ada sebanyak 390 peserta yang mengikuti GAZA ke-4. “Pencapaian ini tidak lepas dari usaha keras panitia untuk melibatkan berbagai macam instansi terkait”, ujar Zainun.

Agar peserta tertarik mengikuti perlombaan GAZA, sambung Zainun, panitia terus melakukan inovasi jenis perlombaan. Untuk tingkat SMA/MA/Ponpes sederajat ada delapan jenis cabang lomba. Di antaranya munadzarah ilmiah, khithobah, ghina’ arabiy, istima’ arabiy, syi’ir ‘arabiy, imathoh, insya’, taqdimul qishoh. Sedangkan tingkat umum meliputi qiro’atul kutub dan khot arabiy. ”Total hadiah juga untuk tahun ini ditingkatkan, demi meningkatkan minat dan semangat peserta GAZA keempat” kata dia.    

Lebih lanjut dia memaparkan, juara umum GAZA tahun ini disabet oleh Ponpes Darul Hikmah Pasuruan. Dari data yang tercatat di panitia, instansi ini sudah tiga kali berturut-turut mengikuti GAZA tanpa pernah absen sekalipun. ”Selamat untuk Ponpes Darul Hikmah Pasuruan. Semooga tahun depan dapat berpartisipasi lagi,” ungkapnya.    

Sementara itu apresiasi positif atas segenap prestasi Jurusan PBA, termasuk acara GAZA disampaikan saat malam puncak milad oleh Dekan FITK Dr. H. Nur Ali, M.Pd. “Walaupun PBA ini jurusan yang masih baru di FITK, tetapi prestasinya luar biasa”. Tak hanya itu, ketua Jurusan PBA Dr. Mamluatul Hasanah, M.Pd juga sangat bangga atas terlaksananya event besar ini. “Saya sangat bangga terhadap mahasiswa-mahasiswa PBA yang mampu melibatkan berbagai pihak, sehingga GAZA terlaksana dengan sukses” tuturnya. (tain/gung)