Pentingnya Penggunaan Media dalam Pembelajaran Mufradat
Sebelum menginjak mengenai pembahasan utama, mari kita simak pengertian dari media pembelajaran. Menurut AECT (Assosiation of Education and Communication Technology) media pembelajaran adalah sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Media dapat
Pentingnya Penggunaan Media dalam Pembelajaran Mufradat
Oleh Catur Nurul Azizah (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)
Sebelum menginjak mengenai pembahasan utama, mari kita simak pengertian dari media pembelajaran. Menurut AECT (Assosiation of Education and Communication Technology) media pembelajaran adalah sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Media dapat diartikan sebagai sesuatu yang berwujud sebagai alat untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa media adalah sarana untuk mengantarkan pesan pembelajaran agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan.
Lalu apakah penggunaan media ini berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam pembelajaran mufradat?
Berhasil tidaknya pembelajaran dapat terlihat ketika dilakukan penelitian. Karena dibutuhkan data yang nyata melalui t- test dan post- test. Selain itu dapat dilihat juga melalui observasi peneliti dan wawancara dengan para siswa.
Salah satu kemajuan dalam dunia pembelajaran adalah berpindahnya model pembelajaran dari behaviorisme menjadi cognitive contactivisme. Contoh implementasinya yaitu para siswa dituntut untuk lebih aktif di kelas sehingga pembelajaran tidak terkesan satu arah. Dengan begitu pusat informasi bukan hanya Maka penggunaan media sangat penting dalam menciptakan suasana belajar aktif di kelas.
Terdapat tiga alasan mengapa penggunaan media sangat penting dalam pembelajaran mufradat. Pertama media suatu hal menarik bagi siswa dalam proses pembelajaran sehingga membuat mereka semakin semangat dalam belajar. Karena dengan adanya media akan menjadi pusat perhatian para siswa di dalam kelas. Dan mengembalikan kefokusan mereka ketika belajar.
Kedua sarana pemahaman siswa dalam menyampaikan materi . Dalam memaknai mufradat penggunaan media sangat penting agar siswa berlatih untuk berpikir mengenai makna setiap mufradat. Para siswa juga dilatih untuk cepat tanggap dalam memahami mufradat melalui media. Sehingga media sangat berperan dalam memudahkan siswa memahami materi.
Ketiga membuat suasana pembelajaran terkesan lebih aktif dan tidak membosankan. Tentunya melalui media para siswa harus berpikir mengenai arti mufradat yang diajarkan. Hal ini membuat suasana kelas menjadi lebih aktif dan ramai karena harus menjawab arti dari mufradat. Dan penggunaan media juga dapat menghilangkan kejenuhan di kelas sehingga suasana belajar terkesan tidak membosankan.
Poin dari artikel ini adalah penggunaan media dalam pembelajaran mufradat itu sangat penting untuk mempermudah para siswa dalam memahami kosakata bahasa Arab.
Tulisan ini telah dimuat di:
https://www.kompasiana.com/caturnurul/5d99fc6f0d82302e173021 a2/pentingnya-penggunaan-media-dalam-pembelajaran-mufradat
Recent Posts
- Desiminasi Magang PBA: Potret Kreativitas Mahasiswa PBA 2021
- Luar Biasa, Tingkat Kelulusan PPG Daljab Batch 1 Tahun 2024 LPTK UIN Malang Capai 98,3 Persen
- Mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Adu Kreativitas di Lomba Esai, Kritisi Dunia Pendidikan yang Makin Canggih!
- FITK Gelar Review RPP Kurikulum Prodi dengan Pendekatan OBS Adaptasi dari Permendikbud No. 53 Tahun 2023
- Membangun Sikap Kenegarawanan Pengurus OMIK FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang