FITK NEWS – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Skripsi bagi mahasiswa semester VI hari ini (14/06) di Aula Microteaching. Tujuan bimtek sebagai sarana bagi mahasiswa supaya bisa menulis skripsi dengan baik dan berkualitas. Tercatat ada sekitar 180-an peserta yang mengikuti kegiatan.

Sekretaris Prodi PBA M. Ibnu Ahmad, S.S., M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa roadmap penelitian PBA pada tahun ini diarahkan pada penelitian dan pengembangan (R&D). Adapun tujuannya supaya setiap mahasiswa dapat menghasilkan karya melalui proses menguji atau memverifikasi sehingga menghasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif

“Setelah mengikuti Bimtek Penulisan Skripsi ini, mahasiswa memiliki ide dan bahan membuat proposal skripsi. Harapannya mereka bisa ujian proposal semester depan,” ujar Ibnu Ahmad.

Di depan ratusan pasang mata, Prof Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I (Guru Besar Bidang Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Malang) selaku narasumber bimtek mewanti-wanti agar karya yang  dihasilkan jangan hanya dipajang di rak perpustakaan tetapi ditulis dalam bentuk jurnal dan dipublikasikan di jurnal terakreditasi, baik nasional maupun internasional.

“Agar karyanya baik, mahasiswa harus rajin melakukan riset dan bimbingan; punya target yang terukur dalam menyelesaikan skripsi, disiplin, ulet dan punya ketahanan diri yang bagus. Jangan jadi mahasiswa yang hanya mengeluhkan regulasi, enggan meningkatkan kompetensi dan suka menunda pekerjaan. Na’udzubillah”, ujar Prof Yusuf Hanafi.

Pakar sintaksis BahasA Arab tersebut menyampaikan skripsi PBA bisa menarik dan berkualitas serta dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah jika ide dari skripsi tersebut eksklusif dan topiknya aktual. Cara yang bisa dilakukan misalnya dengan mengenali bidang kajiannya, memperbanyak literature, banyak sharing dan berdiskusi, membuat introduction, methods, result sampai discussion sedetail dan sebaik mungkin.