Pembelajaran bahasa Inggris menjadi salah satu keilmuan yang sangat penting dan dibutuhkan setiap institusi pendidikan di abad 21. Peran bahasa Inggirs yang menjembatani budaya dan ruang akademik di antara para ilmuwan kelas dunia, dianggap sangat strategis sehingga menjadi kemampuan penting yang harus dikuasai oleh seluruh sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di abad 21. Inilah yang menjadi perhatian serius Prof. Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M.Ed, Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris selama ini. Sosok yang dikenal pakar dalam bidang Public Speaking, Human Resource Development,Personality Development dan Character Building ini sangat serius menekuni bahasa Inggris sebagai keilmuan penting di abad 21.

Salah satu perhatian serius Prof. Like dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris di Abad 21 adalah aktif melakukan enkulturasi bahasa Inggris di ruang akademik dan ruang publik yang telah dijalani selama bertahun-tahun. Tujuannya cukup jelas yakni melahirkan sosok yang terampil berbahasa Inggris sekaligus sebagai ilmuwan maupun komunikator lintas budaya internasional. Figur tersebut dianggap sangat strategis agar mampu membentuk tatanan dunia yang harmonis dalam berbagai lintasan budaya. Ini yang dimaksudkan bahasa Inggris sebagai alat diplomasi budaya.

Salah satu obsesi besar Prof. Like adalah mengantarkan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menuju World Class University. Langkah tersebut sudah dimulainya jauh-jauh hari.  Salah satu yang diupayakan adalah dengan menciptakan lingkungan berbahasa yang menjembatani pencapaian kancah internasional. Hal yang paling menginspirasi dari upaya ini adalah mampu berjalan bersama seluruh kalangan civitas dalam mewujudkan UIN Malang menjadi kampus bertaraf internasional. Upaya tersebut diiringi dengan analisis secara mendalam berkaitan dengan kendala-kendala yang dihadapi dan langkah strategis dalam mengantisipasi kendala tersebut sehingga rancangan ini dapat diterapkan secara konsisten di lingkungan kampus. Selain itu, target dalam mencapai tujuan tersebut diikuti dengan adanya prestasi dan keunggulan baik dari segi akademik dan non-akademik. Dengan adanya capaian tersebut, maka harapan menjadikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai kampus yang bereputasi tinggi di dunia internasional, akan menjadi nyata dan bukan hanya sekedar angan-angan. 

Hal inilah yang diyakini mampu membangun motivasi dan mindset setiap civitas akademika untuk mempelajari bahasa Inggris baik sebagai bahasa dalam mengantarkan dirinya sebagai ilmuwan maupun dalam konteks pemajuan institusi melalui publikasi ilmiah yang berbahasa Inggris sehingga direkognisi oleh seluruh masyarakat akademik dari tingkat nasional hingga internasional.

Penulis: Angga Teguh Prastyo, M.Pd. Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang