Karakter sebagai mahasiswa yang produktif dan kreatif mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ditempa dari proses akademik yang panjang melalui serangkaian kegiatan intelektual yang berkelanjutan dan mentradisi. Salah satunya melalui kegiatan forum ilmiah berupa lomba essay nasional yang diselenggarakan oleh DEMA FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada 31 Oktober 2023. Kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung Micro Teaching lantai dua dengan menghadirkan tiga dewan juri antara lain Angga Teguh Prastyo, M.Pd, Wahyu Indah Mala Rohmana, M.Pd dan Sigit Priatmoko, M.Pd. Kegiatan ini merupakan rangkaian panjang dari FITK Festival 2023.

Lomba essay ini merupakan ajang dalam melahirkan para penulis, peneliti maupun intelektualis yang produktif dari mahasiswa FITK UIN Maulana malik Ibrahim Malang. Hal itu merupakan bentuk komitmen nyata dan serius Dema FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam pengembangan kompetensi mahasiswa dalam bidang intelektual dan penalaran.

Dalam sesi presentasi essay, para peserta tampil dengan performa meyakinkan. Tercatat lima finalis yang berkesempatan mempresentasikan essay nya-yakni (1) Priyanti Dewi, (2) Rizkiyatul Amaliyah, (3) Muh. Noah Afgani, (4) Sayyidah Muslimah, dan (5) Sipta Firstina Fredina. Kegiatan mengambil tema “Membangun Generasi Intelektual yang Profesional serta Mampu Berdaya Saing Global.” Adapun sebagai ketua panitia kegiatan ini adalah M. Rowi Bagus. Sedangkan sekretaris kegiatan didapuk oleh Wijianti Retno Cahyani.

Diharapkan melalui ajang seperti ini, para mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terpacu dalam proses enkulturasi karya tulis ilmiah sehingga terbentuk para penulis Dema FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang produktif dan inspiratif.