Kesadaran dan keberanian mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam menerbitkan artikel ilmiah berbasis riset terus didorong. Dalam mewujudkan hal tersebut, PPAW (Pusat Penelitian dan Academic Writing) FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar kegiatan peningkatan mutu publikasi ilmiah. Dua narasumber kompeten dalam bidang pengelolaan jurnal dihadirkan yakni Dr. Nuril Mufidah, M.Pd dan Walid Fajar Antariksa, M.Pd.

Kedua narasumber dikenal luas sebagai pengelola jurnal ber-Sinta yang memiliki jam terbang tinggi dan reputasi luas.Kegiatan diselenggarakan pada hari Senin, 27 November 2023 di aula gedung micro teaching. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan terbukti dengan melubernya jumlah pendaftar yang mengikuti kegiatan.

Salah satu narasumber utama, Dr. Nuril Mufidah, M.Pd mendorong kepada mahasiswa untuk berani mempublikasikan artikelnya dalam bentuk jurnal. “Artikel yang bagus adalah artikel yang diterbitkan,” paparnya dengan penuh optimis. Agar bisa meng-upgrading skripsi menjadi artikel diperlukan kemampuan dalam menguasai template jurnal maupun rutin mengikuti tren kajian di masing-masing jurnal yang menjadi rujukan.

Sedangkan narasumber kedua, Walid Fajar Antariksa, M.Pd lebih mengeksplorasi pengelolaan jurnal secara efektif dan efisien. “Setidaknya kunci utamanya adalah tata kelola editorial dan mutu penyuntingan yang kredibel,” jelasnya. Misi utama kegiatan ini ditekankan pada memajukan kajian-kajian akademik dalam bidang pendidikan yang diteliti oleh mahasiswa sekaligus sebagai upaya untuk menghindarkan mahasiswa dari budaya plagiasi.