Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertransformasi menjadi salah satu tipikal organisasi berbasis mahasiswa yang dibangun dengan spirit profesionalitas, kolaboratif dan transformatif. Sebagai salah satu backbone yang mencetak mahasiswa berpestasi, Ormawa selalu siap berkolaborasi dan bersinergi dengan para stakeholders khususnya para pengelola FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, baik dari jajaran dekanat, tenaga kependidikan hingga seluruh sivitas akademika. Hal ini sebagai terlihat dari Kegiatan Pelatihan Leadership dan Capacity Building Ormawa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Bukit Becici Bantul Yogyakarta pada 6-7 Juli 2024.

Dekan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. Nur Ali, M.Pd mengapresiasi kinerja Ormawa yang semakin progresif. “Maka yang perlu diperkuat dan ditingkatkan adalah salah satunya dengan membangun kolaborasi dengan Dema, Sema Fakultas Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) termasuk kolaborasi dalam riset dan publikasi berbagai karya ilmiah,” sebut guru besar bidang manajemen pendidikan Islam saat menghadiri acara bersama WD III FPP UNY, Dr. Siti Rohmah Nurhayati, S.Psi., M.Si.

Wakil Dekan III FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. Marno, M.Ag melihat proyeksi pengembangan Ormawa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang semakin progresif. “Satu hal penting dari kegiatan ini adalah untuk melatih kerjasama dan kolaborasi team, meningkatkan sinergisitas, kreasi dan inovasi serta membangun komitmen dalam pengembangan diri dan organisasi,” jelas dosen yang dikenal humanis tersebut. Beliau menambahkan Ormawa memilik peran penting dalam membangun sinegisitas dan kolaborasi di semua lini kemahasiswaan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sinergisitas dan kolaborasi menjadi fase penting dalam membangun iklim akademik yang kompetitif, unggul  dan mampu mencapai prestasi gemilang di masa depan. Dengan demikian, FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mampu membentuk kekuatan transformatif pada setiap mahasiswa sehingga dapat diandalkan sebagai generasi muda yang dapat menghadapi berbagai macam tantangan di era digital saat ini.

Kegiatan ditutup dengan melakukan refleksi bersama. Hal ini bertujuan untuk membangun niat dan mengembangk an nilai-nilai kepemimpinan mulia dan transforatif di lingkungan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Harapannya, setelah kegiatan ini para pengurus Ormawa, Sema, Dema dan Hmps semakin solid dan bersinergi dalam mendukung program-program FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penulis: Angga Teguh Prastyo, M.Pd