FITK NEWS – Program Studi PPG LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis dan Tryout di Hotel Asida Batu pada 3-5 Oktober 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa PPG dalam jabatan batch 1 Tahun 2024 Mapel PAI dari Kabupaten Pangandaran, Kota dan Kabupaten Malang, serta Kabupaten Blitar.

Acara pembukaan Bimtek dan Tryout dilaksanakan pada Kamis, 3 Oktober 2024, oleh Wakil Dekan 2 FITK, Dr. H. Abdul Bashith, M.Si. Dalam acara tersebut, juga hadir para Kasi PAIS dari Kabupaten Pangandaran, Kota dan Kabupaten Malang, serta Kabupaten Blitar. Setiap Kasi PAIS diberikan kesempatan untuk mengevaluasi pelaksanaan PPG yang sedang dilaksanakan dan mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi.

Dalam kegiatan bimtek, pola pikir/mindset mahasiswa dalam mengerjakan ujian pengetahuan (UPPPG) diubah menjadi lebih positif sehingga memiliki kekuatan internal dan motivasi besar agar bisa lulus dengan nilai yang tinggi.

Salah satu narasumber, Bapak Galih Puji Mulyoto, M.Pd memberikan materi mengenai identifikasi ciri-ciri soal UP yang diantaranya tidak jauh beda karakternya dengan kisi-kisi Ada kemiripan dengan soal formatif pada modul bertipe studi kasus sebagai penerapan teori. Oleh karena itu, Bapak Galih menyarankan agar mahasiswa bisa memilih jawaban seideal mungkin sesuai kompetensi sebagai guru.

Bimtek ini juga sebagai salah satu upaya LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk memaksimalkan potensi mahasiswa PPG agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Penyelenggaraan Bimtek menekankan kepada pemilihan strategi yang tepat dalam menyelesaikan soal Ujian Pengetahuan. Dengan demikian pengambilan keputusan para mahasiswa PPG dalam mengerjakan soal menjadi lebih akurat dan efektif.

Hal lainnya yang ditekankan adalah Bimtek memastikan mahasiswa PPG memiliki keyakinan yang lebih tebal dan sebagai komponen penting dari proses pembelajaran untuk menjadi guru profesional. Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi untuk memperkuat ketahanan mental dan spiritual mahasiswa selama mengikuti semua proses perkuliahan PPG di LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.