Media pop-up book adalah media berbentuk buku yang mempunyai unsur tiga dimensi. Materi pada pop-up book disampaikan dalam bentuk gambar yang menarik, di dalamnya terdapat bagian yang ketika dibuka dapat bergaerak atau berubah bentuk. Penggunaan pop-up book bisa dijadikan rekomendasi untuk memberikan variasi
Belajar Bahasa Arab dengan Media Pop-up Book
Oleh Dina Maslahah (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)
Media pop-up book adalah media berbentuk buku yang mempunyai unsur tiga dimensi. Materi pada pop-up book disampaikan dalam bentuk gambar yang menarik, di dalamnya terdapat bagian yang ketika dibuka dapat bergaerak atau berubah bentuk. Penggunaan pop-up book bisa dijadikan rekomendasi untuk memberikan variasi pembelajaran.
Sebenarnya, media pop-up book ini mampu memuat berbagai macam materi-materi pembelajaran sehingga dapat dikatakan fleksibel. Namun, pembahasan kali ini mengenai media pop-up book untuk pembelajaran bahasa Arab di bidang maharah al-qiro’ah.
Berikut cara penggunaan pop-up book untuk pembelajaran bahasa Arab di bidang maharah al-qiroah.
Guru terlebih dahulu mencarikan halaman materi yang akan diajarkan. Guru membuka tiap halaman dalam pop-up book tersebut yang di dalamnya terdapatgambar 3 dimensi tentangmateridiatas.
Guru mulai membaca teks yang sudah tersedia di dalam pop- up book tersebut sedangkan murid menyimak dan mengamati gambar. Secara tidak langsung murid akan memahami teks melalui gambar-gambar yang tersedia.
Guru bisa mengembangkan berbagai metode menggunakan pop-up book tersebut. Misalnya, guru meminta murid untuk mendemonstrasikan media tersebut dengan menjelaskan maknanya, guru meminta murid untuk menceritakan ulang tentang materi yang sudah di jelaskan, guru memberi soal kepada peserta didik yang sudah ada di dalam media pop-up book kemudian meminta peserta didik untuk menjawab soal-soal tersebut, dll. Setelah selesai pembelajaran atau digunakan, tutup kembali pop-up book dengan rapi.