Site icon FITK

Belajar Bahasa Arab Di Era Millenial

Opini yang berkembang di masyarakat menunjukkan bahwa belajar bahasa Arab masih dianggap sulit dan rumit, padahal setiap bahasa memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan yang berbeda- beda tergantung pada karakteristik sistem bahasa itu sendiri, baik sistem fonologi, morfologi, maupun sintaksis dan semantiknya. Opini

Belajar Bahasa Arab Di Era Millenial

Oleh Indah Fauziah (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

 

Opini yang berkembang di masyarakat menunjukkan bahwa belajar bahasa Arab masih dianggap sulit dan rumit, padahal setiap bahasa memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan yang berbeda- beda tergantung pada karakteristik sistem bahasa itu sendiri, baik sistem fonologi, morfologi, maupun sintaksis dan semantiknya. Opini tersebut membuat bahasa arab tidak lagi diminati dan terlebih lagi bahasa arab kalah bersaing dengan bahasa inggris. Jadi, generasi sekarang lebih memilih untuk belajar bahasa inggris. Bahkan ada yang menganggap bahasa arab tidaklah penting. Padahal sebagai umat muslim dengan kitab sucinya Al-Qur’an yang berbahasa arab, diharuskan untuk memahami isi kandungannya. Oleh karena itu, sebagai umat muslim alangkah baiknya mengerti bahasa arab walaupun hanya sedikit.

Di era yang serba teknologi ini, belajar tidak hanya berpusat pada guru saja. Semua ilmu bisa diperoleh melalui bantuan teknologi.

Teknologi pembelajaran amatlah penting diterapkan untuk mempercepat pemahaman siswa dan agar proses belajar berjalan lebih menarik. Di dunia maya, sangat banyak situs website yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran bahasa arab. Mulai dari yang sudah didesain sebagai media interaktif multimedia, maupun yang belum di desain dan harus diolah seperti file mp3 maupun video-video bahasa arab. Belajar bahasa arab bisa dikemas menjadi sangat menarik melalui bantuan teknologi.

Berikut ini adalah beberapa situs website yang cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa arab untuk penutur asing:

Sebenarnya ada banyak situs website lain yang berisikan serupa media Online untuk pembelajaran bahasa arab. Permasalahannya kebanyakan situs-situs tersebut diperuntukkan untuk penutur arab asli. Sehingga, kita harus memilih situs website yang akan kita gunakan sebagai media pembelajaran bahasa arab dengan tepat.

Dengan bantuan teknologi yang ada belajar bahasa arab tidak lagi membosankan dan terkesan kuno. Melalui teknologi, pembelajaran bahasa arab menjadi menarik.

Tulisan ini telah dimuat di: https://www.kompasiana.com/indahfauziah/5d713fb50d82301c8956 2e72/belajar-bahasa-arab-di-era-millenial

Exit mobile version