Site icon FITK

Berbagai Macam Logat di dalam Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat luas baik dari segi sastra, kaidah, pelafalan, bahkan sampai pada perbedaan makna sekaligus. Keadaan seperti ini telah terjadi dalam bahasa Arab yang merupakan termasuk bahasa Semit (bahasa yang memiliki

Berbagai Macam Logat di dalam Bahasa Arab

Oleh: Imron Ichwani (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

 

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat luas baik dari segi sastra, kaidah, pelafalan, bahkan sampai pada perbedaan makna sekaligus. Keadaan seperti ini telah terjadi dalam bahasa Arab yang merupakan termasuk bahasa Semit (bahasa yang memiliki lebih dari 280 juta penutur). Sangat wajar jika terjadi perbedaan logat. Sulitnya dipahami dari segi pendengaran dan sulitnya dipahami dari segi sastra, maka inilah yang menjadi sebab munculnya logat yang berbeda-beda dalam bahasa Arab. Sehingga dari munculnya logat yang berbeda, maka ada beberapa bahasa yang tidak terpakai lagi atau mati.

Kata–Kata Bahasa Arab Zaman Dahulu yang Tidak Dipakai

Karena bahasa adalah perubahan, jadi semua bahasa pasti memiliki kematian kata yang tidak dipakai lagi dan seakan-akan kata itu menghilang begitu saja. Jika kita lihat di dalam bahasa Arab, hal seperti itupun juga terjadi sebagai contoh berikut:

 

أْعَ صباحا وأْعَ ظاٌّا أو عُ صباحا

 

Sepertinya sangat jarang kata tersebut digunakan dalam komunikasi bahasa Arab tetapi bukan berarti bahasa tersebut sudah mati. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, maka kata per kata akan sering mengalami pengaruh kata dalam bahasa lain. Seperti contoh kata di dalam bahasa Indonesia yang tidak terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah KEPO mungkin kita memaknainya adalah ingin tau, padahal kata itu berasal 36 dari bahasa Inggris yaitu ”Keep Knowing”, dan masih banyak lagi kata yang atau kalimat yang terkontaminasi dengan bahasa asing sehingga muncullah logat bahasa yang berbeda-beda dalam pengucapannya.

Pengaruh Budaya Terhadap Logat Suatu Bahasa

Ahli ilmu bahasa tertarik pada perubahan-perubahan yang terjadi dalam bahasa selama masa yang lalu dan juga tertarik pada perubahan bahasa pada masa kini. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan logat suatu bahasa seiring dengan perubahan bahasa pada masa ini dan itu sangat lazim khususnya pada suatu bahasa.

Ahli antropologi linguistik mempelajari timbulnya bahasa dan bagaimana timbulnya variasi dalam bahasa-bahasa selama jangka waktu berabad-abad Memang perlu waktu lama suatu bahasa itu terpengaruh atau timbul berbagai variasi sehingga menghasilkan logat yang bervariasi.

Tulisan ini telah dimuat di:

https://www.kompasiana.com/imronichwani0863/5d8f2e530d82306 6a11e86f2/berbagai-macam-logat-di-bahasa-arab

Exit mobile version