Inovasi Pembelajaran Bahasa di Era Globalisasi
Kemampuan berbahasa asing adalah kemampuan yang hendaknya dimiliki setiap orang. Lazimnya pada masyarakat modern. Dengan kemampuan itulah setiaporangbisa hidup diberbagai belahan bumi yang luas ini. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Ustaz Makki Hasan, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab
Inovasi Pembelajaran Bahasa di Era Globalisasi
Oleh Mohammad Sofi Anwar (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)
Kemampuan berbahasa asing adalah kemampuan yang hendaknya dimiliki setiap orang. Lazimnya pada masyarakat modern. Dengan kemampuan itulah setiaporangbisa hidup diberbagai belahan bumi yang luas ini. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Ustaz Makki Hasan, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab se- Indonesia bahwa untuk hidup di dunia setiap orang minimal memiliki kemampuan dwibahasa. Kemampuan dwibahasa adalah kemampuan menguasai dua bahasa. Bahasanya sendiri sebagai bahasa nasional dan bahasa asing sebagai bahasa internasional.
Bahasa nasional digunakan sebagai alat pemersatu bangsa. Dengan bahasa nasional manusia bisa berkomunikasi dengan setiap orang yang ada di negaranya. Selain itu ada bahasa internasional, yaitu bahasa yang digunakan untuk menjalin komunikasi dan relasi dengan berbagai bangsa di berbagai belahan dunia.
Untuk itu pembelajaran bahasa asing di berbagai belahan dunia terus dikembangkan, termasuk di Indonesia. Berbagai kreasi dan inovasi terus dikembangkan agar pembelajaran bahasa asing bisa berbuah baik.
Di Indonesia sendiri sudah mengembangkan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Bahkan belum lama ini bahasa Mandarin mulai dikembangkan di berbagai institusi pendidikan.
Dalam pembelajaran bahasa asing hendaknya membidik dua hal yaitu pengetahuan bahasa dan keterampilan bahasa. Seperti pembelajaran bahasa Arab, di berbagai institusi pendidikan sudah
Meski belum sepenuhnya sempurna. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penguasaan dua hal ini belum sempurna, salah satunya siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Terlebih jika masuk pada bab tata bahasa.
Bahasa Arab sendiri adalah bahasa yang kaya akan aturan tata bahasa. Setiap harakat memiliki makna dan mempunyai kedudukan sendiri. Dalam pemberian harakat terdapat rambu-rambu yang harus diperhatikan. Karenarambu-rambu itu berimbas padaarti dan makna.
Untuk itu semangat mereka perlu dipancing supaya mereka mengikuti pembelajaran tanpa beban. Berbagai metode dan strategi telah dicoba, salah satunya metode tebak tepat jawaban.
Tebak tepat jawaban ini merupakan salah satu permainan bahasa yang bisa memancing semangat belajar. Permainan ini bisa digunakan untuk menyelasaikan soal dalam jumlah yang banyak atau meningkatkan penguasaan mufrodat.
Dalam permainan tebak tepat jawaban ini, guru bisa mencari soal di buku atau membuat soal sendiri serta membuat jawabannya. Jawaban setiap soal ditulis dalam kertas kecil tanpa nomor dan diacak. Setelah soal ditampilkan, siswa diinstruksikan untuk mencari jawaban yang sesuai dengan soal yang dipilih. Siswa yang berhasil akan mendapat reward dari guru.
Setelah diuji coba, permainan ini berhasil dengan baik. Para siswa memiliki antusias yang besar untuk ikut dalam permainan ini. Karena mereka hanya mencari jawaban dari satu soal yang dipilih. Jawabanpun sudah tersedia, hanya saja tidak ada nomor soal dan disajikan secara acak.
Ada banyak sekali permainan bahasa yang bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Permainan tersebut digunakan
Selain permainan bahasa, pembelajaran bahasa Arab juga bisa diakses melalui smarthphone. Hal ini menjadi bukti bahwa para ilmuan menaruh perhatian yang besar terhadap inovasi pemebelajaran bahasa Arab. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, seseorang bisa belajar bahasa Arab kapanpun dan di manapun.
Arabic online, merupakan salah satu aplikasi pembelajaran bahasa Arab yang dikeluarkan oleh Saudi Arabia. Aplikasi ini bisa diakses oleh semua orang diberbagai belahan dunia. Dengan aplikasi ini seseorang bisa belajar bahasa Arab dengan penutur Arab asli. Penutur Arab asli akan menjadi tutor dan memberikan soal secara online.
Kehadiran Arabic online dan aplikasi pembelajaran bahasa
Arab lainnya menandakan bahwa bahasa Arab tengah berkibar di tengah arus globalisasi. Di mana dalam arus tersebut bahasa asing lain juga tengah berkibar, seperti Prancis, Mandarin, Jerman dan lain sebagainya.
Generasi saat ini yang disebut-sebut generasi milenial bisa mempelajari bahasa Arab dengan canggih dan mudah. Jika mereka menganggap metode sorogan adalah kuno, mereka tidak bisa menyangkal bahwa Arabic online adalah kuno. Generasi milenial bisa mempelajari bahasa Arab dengan berbagai kecanggihan teknologi yang telah disediakan.
Tulisan ini telah dimuat di: https://www.kompasiana.com/mohammad52929/5d71c809097f361 8d843f3a2/inovasi-pembelajaran-bahasa-di-era-globalisasi
Recent Posts
- UP UKMPPG Bacth 1 Tahun 2024 di LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Berjalan Lancar dan Optimal, Penyelia: LPTK Lain Bisa Meniru
- FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Bekali Panitia dan Pengawas untuk Tingkatkan Integritas dan Kualitas Pelaksanaan UP UKMPPG
- 9 Mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Siap Ikuti Program Student Exchange ke Prancis!
- Dekan FITK UIN Malang Beri Arahan Persiapan PKDP, Dorong Dosen Tingkatkan Profesionalitas dan Be The First
- FITK UIN Malang Gelar Expo Prestasi, Tunjukkan Reputasi dan Keunggulan Mahasiswa di Level Nasional dan Internasional