Site icon FITK

Jadi Satu-satunya Prodi yang Meraih Peringkat Akreditasi A, PGMI Kian Mantab Berkiprah

FITK NEWS – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang hadir sebagai satu-satunya prodi se-Indonesia yang mendapatkan peringkat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014, 18 Desember 2014 lalu.

Ketua Prodi PGMI Dr Muhammad Walid MA menjelaskan, ada sekitar 65 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang memiliki Prodi PGMI diakreditasi oleh BAN-PT beberapa bulan lalu. ”Alhamdulillah, prodi ini (PGMI) menjadi satu-satunya yang mendapat peringkat A,” ujar Walid.

Walid melanjutkan ada banyak poin yang dinilai dalam akreditasi. Beberapa di antaranya kepemiminan, proses manajerial jurusan, kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), prestasi dosen maupun mahasiswa, keuangan dan kerja sama. ”Semua poin akreditasi telah kami lengkapi dan hasilnya memuaskan,” paparnya.

Tak hanya itu, sambung Walid, Prodi PGMI juga didukung kegiatan khusus yang tidak dimiliki kampus lain. Seperti pelatihan tari dan musik lewat sanggar Seni Bina Madrasah, Rumah Bibit (rumah mengajar) dan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Pionir.

Dia menegaskan, dengan menyandang peringkat akreditasi A, para lulusan akan lebih mudah melamar kerja. Sebab ijazahnya sudah diakui secara nasional. ”Tugas kita sekarang adalah terus melakukan berbagai inovasi peningkatan mutu,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan FITK Dr H. Nur Ali MPd menyatakan sangat bangga dengan raihan tersebut. Sebab Prodi PGMI telah menambah jumlah daftar prodi yang telah mendapat peringkat akreditasi A di FITK. Meskipun begitu, dirinya tetap mengimbau agar terus meningkatkan mutu pendidikan yang kreatif dan inovatif. ”Peringkat A harus terus dipertahankan demi menjaga kualitas dan mutu proses pengajaran,” tutur Nur Ali. (Gung)Penulis: Agung Prasetiyo

Exit mobile version