Site icon FITK

Jadikan Pramuka sebagai Wadah Mendidik Calon Guru Berkarakter

FITK NEWS – Untuk mencetak calon guru yang berkompeten dan berkarakter, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang rutin menggelar kegiatan ekstrakurikuler Pramuka khusus mahasiswa semester 4. Pada pembukaan Sosialisasi Sistem Kerja Kepanduan dan Kepramukaan di Gedung C lantai 3, Rabu (07/04) lalu, sekitar 135 mahasiswa PGMI ikut berpartisipasi untuk mengikuti ekstrakurikuler Pramuka.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FITK, Dr H Moh. Padil MPdI yang didapuk sebagai pembina upacara pembukaan Sosialisasi Sistem Kerja Kepanduan dan Kepramukaan menegaskan, kegiatan Pramuka menjadi salah satu cara untuk mendidik calon guru yang mempunyai karakter tangguh. Artinya guru yang punya kepribadian yang baik. Selain itu juga untuk mendidik kedisiplinan dan tanggung jawab sosial.

Sementara itu Ketua Prodi PGMI Dr Muhammad Walid MA menambahkan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka akan berlangsung selama dua bulan ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama pembukaa (7 April), sesi kedua petaihan (11 April-27 Mei) dan sesi ketiga outbond (29-10 Mei dan 1 Juni).  

Walid melanjutkan agar lebih intens latihan ekstrakurikuler Pramuka dilaksanakan dua kali seminggu, yakni Selasa dan Sabtu. Untuk menunjang hal tersebut, pihaknya telah bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Maliki Malang.

Nantinya, sambung Walid, usai mengikuti kegiatan Pramuka, mahasiswa PGMI akan mendapatkan sertifikat kursus mahir dasar (KDM) sebagai syarat pengajuan proposal skripsi dan alat eksplorasi minat dan bakat ketika masuk di dunia kerja.

Exit mobile version