Site icon FITK

Kaji Arah Baru Permasalahan Riset Pendidikan Dasar

FITK NEWS – Sebagai salah satu komponen penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, penguasaan metodologi penelitian sangatlah penting agar riset yang dilakukan berjalan dengan baik dan tentunya sesuai prosedur ilmiah. Untuk menunjang hal tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah (PGMI) melaksanakan penguatan metodologi penelitian bagi mahasiswanya lewat bimbingan teknis (bimtek) penulisan proposal dan laporan tugas akhir (skripsi).

Acara yang bertemaArah Baru Permasalahan Penelitian Pendidikan Dasar ini berlangsung di Aula Gedung Microteaching, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Selasa, (6/9) lalu. Sekitar 160 mahasiswa semester VII turut aktif mengikuti jalannya acara.

Acara dibuka langsung oleh Dekan FITK Dr. H. Nur Ali, M.Pd sekaligus memberikan stadium general terhadap tema yang telah ditentukan. Pria asal Lamongan ini menjelaskan jika lulusan PGMI diproyeksikan menjadi guru kelas. Untuk itu hendaknya dapat menguasai kemampuan pedagogik maupun ilmu yang dibutuhkan terkait mata pelajaran (mapel) di MI maupun SD. Di antaranya Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan. Selain itu juga dua mapel lain seperti seni budaya dan keterampilan serta penjaskes.

Usai stadium general dilanjutkan materi tentang Identifikasi Permasalahan dalam Pendidikan Dasar. Dr. H. Wahidmurni, M.Pd, Ak yang didapuk sebagai narasumber untuk menjelaskan materi. Kemudian dilanjutkan Teknik Penulisan Proposal Skripsi dan Skripsi oleh Dr. Muhammad Walid, MA.  

Exit mobile version