Kalam Indahdalam Bahasa Arab

Oleh Inka Silvia Masruroh (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

Salah satu bahasa yang juga banyak dikaji oleh pembelajar Indonesia adalah bahasa arab. Bahasa arab merupakan bahasa pokok yang digunakan oleh pelajar-pelajar Islam yang ada di Indonesia, contohnya di pondok pesantren. Bahasa arab menjadi tren dalam kalangan kelompok ini.

Dalam tuturan bahasa, sebagai anak mudagenerasi milenial. Pelajar di pondok pesantren juga tidak ingin ketinggalan jaman dengan penggunaan kata-kata serapan alay yang digunakan oleh pemuda pemudi sekarang. Seperti contoh: “wajahmu indah sekali seperti rembulan yang kupandangi malam ini”. Dan ini merupakan bahasa alay yang digunakan dalam bahasa Indonesia.

Kalimat yang seperti ini dalam bahasa arab dapat ditemukan dalam cabang ilmu sendiri yang ada di dalamnya, yaitu balaghah. Dalam balaghah seorang pelajar akan mempelajari tentang keindahan-keindahan kalimat yang dia gunakan.

Balaghah sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yang pertama adalah ilmu maani. Ilmu ini bertujuan untuk dapat menyusun dan mengartikan sebuah kalimat dengan makna yang tepat. Yang kedua adalah ilmu bayan, ilmu ini bertujuan untuk mengajarkan kita menyusun kalimat dengan dimensi seni juga ragam kalimat dengan makna yang diharapkan. Dan yang ketiga adalah ilmu badi’, ilmu ini bertujuan untuk mengajarkan kita memperindah lafaz dan makna yang kita gunakan dalam kalimat itusendiri.

https://www.kompasiana.com/inkasilviamasruroh/5d98c5ed097f361 3c3588f04/kalam-indah-dalam-bahasa-arab

Related posts

Menempuh Pendidikan di Kota Apel

by adminfitk
4 years ago

Sebuah Momok PKL

by adminfitk
4 years ago

Antara Bahasa Arab, Nahwu dan Sharaf

by adminfitk
4 years ago
Exit mobile version