Keliling Dunia Dengan Bahasa Arab

Jarang di antara kita yang tidak memiliki mimpi keliling dunia, walaupun hanya sebatas mimpi. Kali ini penulis akan mennyebut beberapa dosen PBA (Pendidikan Bahasa Arab) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang keliling dunia dengan bahasa Arab. Asik

Keliling Dunia Dengan Bahasa Arab

Oleh  Des. Tini Solihah (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

 

Jarang di antara kita yang tidak memiliki mimpi keliling dunia, walaupun hanya sebatas mimpi. Kali ini penulis akan mennyebut beberapa dosen PBA (Pendidikan Bahasa Arab) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang keliling dunia dengan bahasa Arab. Asik sekali bukan? Belajar sekaligus jalan-jalan ke luar negeri.

Ustazah Dr. Hj. Mamluatul Hasanah, M.Pd adalah seorang ketua jurusan PBA yang sekarang ini bulan Desember 2019 beliau masih mmengajar di Al-Azhar mesir. Untuk apa? Mengajar bahasa Indonesia di sana. Yap, bahasa Indonesia dengan bahasa pengantar bahasa Arab. Lucu tapi asik, mengajarkan bahasa sendiri di tanah Arab.

Ustaz Dr. H. Uril Bahruddin, Lc., Ma., merupakan dosen yang terbilang ekspert di bidang tarjamah dan kamus. Sekarang beliau

mengajarkan

اٌفوزً

ايتزَة

(terjemah spontan) di kelas peminatan jurnalistik. Beliau pernah singgah di negeri Jerman untuk meneliti bagaimana mengajar bahasa Arab disana.

Ustadzah Dr. Zakiyah Arifah, M.Pd, ialah dosen yang terhitung eksper di keterampilan menulis  )اينتابة َهازة(.  Walaupun  sebenar beliau mampu dimana-mana, tapi kelas saya selama kurang lebih 2,5 tahun

diajar beliau mata kuliah

اينتابة

َهازة

 

dan pendidikan bahasa Arab

untuk pendidikan dasar dan menengah. Cukup lama dengan beliau sampai-sampai serasa jadi wali kelas. Beliau pernah kemana? Selain bahasa Arab, beliau gemar dan pandai di bahasa Mandarin. Siapa sangka, penelitiannya sampai negeri Cina.

Penulis hanya menulikan tiga orang dari banyak sekali dosen yang keluar negeri dengan bahasa Arab. Penulis bukan enggan menjabarkan semuanya. Karena penulis yakin yang membuat kisah bukan hanya mereka. Jangan hanya menunggu diceritakan. Giliran kita yang bercerita bagaimana kita bisa sampai ke negera-negara tetangga dengan mudah bersama bahasa Arab.

Masih enggan belajar bahasa Arab? Apa lagi yang ditakutkan di bahasa Arab? Bukannya keuntungannya sangat banyak? Tak perlu berikir panjang, karena umur kita tak tahu sampai kapan. Salam bahasa Arab!

Related posts

Mixing Code Bahasa Arab dalam tuturan Orang Indonesia, Jelekkah?

by adminfitk
4 years ago

Belajar Bahasa Arab, Apa Perlu Dipaksa?

by adminfitk
4 years ago

RENUNGAAN TIGA HARI YANG MENENTUKAN

by adminfitk
9 years ago
Exit mobile version