Keseruan Mengajar Bahasa Arab di Pesantren

Mengajar menjadi tugas utama seorang guru. Dalam  dunia pesantren, para santri biasa memanggilnya dengan sebutan ustadz/ustadzah. Maka makna mengajar meluas ketika disandingkan oleh seorang ustadz. Mereka bukan hanya memosisikan diri sebagai pengajar akan tetapi orang tua kedua bagi para santrinya. Setiap mereka

Keseruan Mengajar Bahasa Arab di Pesantren

Oleh Catur Nurul Azizah (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

 

Mengajar menjadi tugas utama seorang guru. Dalam  dunia pesantren, para santri biasa memanggilnya dengan sebutan ustadz/ustadzah. Maka makna mengajar meluas ketika disandingkan oleh seorang ustadz. Mereka bukan hanya memosisikan diri sebagai pengajar akan tetapi orang tua kedua bagi para santrinya. Setiap mereka mempunyai masalah, membimbingnya menjadi tugas tambahan baginya. Selain itu, di setiap pertemuan belajar mereka harus diberikan motivasi agar semakin semangat dalam menimba ilmu.

Paparan di atas merupakan salah satu keistimewaan mengajar di pesantren. Lalu bagaimana dengan keseruannya? Mari kita ulas dalam tulisan sederhana ini.

Di negara Indonesia, terdapat berbagai jenis pondok pesantren dengan karakteristiknya masing-masing. Diantaranya fokus pada tahfidz, kitab, bahasa, ataupun campuran antara  ketiganya. Bagi semua jenis pondok pesantren bahasa arab adalah  bahasa yang wajib diajarkan. Tentunya dengan alasan yang paling kuat yaitu bahasa umat Islam.

Dalam kegiatan pembelajaran mereka sangat antusias dalam memahami pelajaran dan langsung mencatatnya. Walaupun masih ada beberapa yang masih malas dalam mengikutinya. Momen yang paling seru dan heboh adalah ketika mengajaknya untuk menyanyi menggunakan bahasa arab. Mereka sangat senang karena sebagai hiburan di sela kegiatannya yang begitu padat.

Momen lain yang tak kalah seru adalah ketika evaluasi pembelajaran. Mereka saling beradu cepat untuk menjawab pertanyaan dari ustadz. Tujuannya tak lain agar cepat pulang ke kamar agar bisa istirahat atau tidak antre ketika mandi. Selain itu mereka diwajibkan untuk berbicara bahasa arab dalam kesehariannya. Maka dituntut serius belajar bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicaranya.

Hal yang mengesankan ketika melihat adab mereka terhadap ustadznya. Sungguh patut diacungi jempol karena begitu dimuliakan sang ustadz di lingkungan para santri.

Kesimpulannya serunya mengajar di pesantren itu menjadi suatu ciri khas yang berbeda dengan lembaga lainnya. Dan banyak hikmah yang dapat kita ambil dari pola kehidupannya.

Tulisan ini telah dimuat di:

https://www.kompasiana.com/caturnurul/5d843dc7097f361c18133163

/keseruan-mengajar-di-pondok-pesantren

Related posts

Buku Pedoman Untuk Pembelajar Bahasa Arab (Pemula) Dalam Upaya Menciptakan Lingkungan Berbahasa Arab

by adminfitk
5 years ago

Belajar Maharah Qira’ah Jadi Lebih Asyik Dengan Strategi Jigsaw

by adminfitk
5 years ago

Pembelajaran Mubtada‟ Khabar dengan Metode Qiyasi Pada Tingkat Mutawasith

by adminfitk
5 years ago
Exit mobile version