Site icon FITK

Keterampilan Manakah yang Sesuai dengan Pembelajaran K13?

Sebagai mana kita ketahui bersama kurikulum 2013 atau biasa disebut dengan k-13 tolak ukur keberhasilan peserta didik tidak hanya terfokus pada penilaian afektif saja. Akan tetapi juga menekankan pada penilaian afektif dan psikomotorik peserta didik. dalam hal ini berlaku untuk semua mata pelajaran yang berikan kepada siswa pada

Keterampilan Manakah yang Sesuai dengan Pembelajaran K13?

Oleh Salma Laksmita Benedik (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

 

Sebagai mana kita ketahui bersama kurikulum 2013 atau biasa disebut dengan k-13 tolak ukur keberhasilan peserta didik tidak hanya terfokus pada penilaian afektif saja. Akan tetapi juga menekankan pada penilaian afektif dan psikomotorik peserta didik. dalam hal ini berlaku untuk semua mata pelajaran yang berikan kepada siswa pada sekolah negeri maupun swasta yang mengikuti aturan dinas pendidikan maupun kementrian agama.

Dalam hal ini bahasa Arab juga menjadi salah satu pelajaran dalam kuasa kurikulum sebagai mata pelaaran bahasa asing dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah. Pelajaran ini dianggap penting dikarenakan masuk dalam bahasa Internasional yang biasanya digunakan sebagai alat komunikasi dunia.

Dalam pembelajarannya bahasa Arab terdapat empat maharah atau keterampilan. Yaitu istima‟ (menyimak), kalam (berbicara), qiro‟ah (membaca) dan kitabah (menulis). Yang mana dalam hal ini dikategorikan menjadi dua bagian yaitu reseptif dan produktif. Yang termasuk dalam reseptif adalah istima‟ (menyimak) dan qiro‟ah (membaca), sedangkan yang termasuk ke dalam produktif adalah kalam (berbicara) dan kitabah (menulis).

Tulisan ini telah dimuat di:

https://www.kompasiana.com/sayyidahsalma/5d955ee20d82301d1c 6278a4/keterampilan-manakah-yang-sesuai-dengan-pembelajaran-

Exit mobile version