Kitab Jami‟uddurus Buku Pedoman Pembelajaran Bahasa Arab Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Kitab Jami‟uddurus merupakan buku pedoman bagi mahasiswa/mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang mana kitab ini berisi tentang tata bahasa Arab secara luas dan terperinci. Bagi saya kitab ini sangat mengesankan karena kita dibenturkan berbagai macam maddhab

Kitab Jami‟uddurus Buku Pedoman Pembelajaran Bahasa Arab Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Oleh Imron Ichwani (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

Kitab Jami‟uddurus merupakan buku pedoman bagi mahasiswa/mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang mana kitab ini berisi tentang tata bahasa Arab secara luas dan terperinci. Bagi saya kitab ini sangat mengesankan karena kita dibenturkan berbagai macam maddhab (panutan) dan pakar mengenai aturan tata bahasa Arab. Banyak yang mengeluh tentang pembelajaran bahasa Arab menggunakan kitab ini, tapi bagi mereka yang berlatar belakang pesantren itu sangat tidak etis dikarenakan mereka sudah banyak mengkaji kitab-kitab tata bahasa Arab. Syaikh Musthafa Al-Ghalayyin pengarang kitab tersebut telah memaparkan secara rinci mengenai kaidah-kaidah tata bahasa Arab, mulai dari yang populer hingga yang tidak.

Pada awalnya saya merasa sangat jenuh dengan menggunakan kitab tersebut, tetapi dengan berjalannya waktu membuat saya lebih dewasa lagi untuk menyikapinya. Teman-teman yang belum pernah belajar bahasa Arab sama sekali pasti merasa kesulitan dengan kitab tersebut, akan tetapi jika mereka mau belajar dan berusaha memahaminya insya Allah lama-kelamaan akan bisa sendiri. Hal yang mengesankan dalam kitab ini adalah pengarang memerinci teorinya dengan contoh-contoh yang banyak dan sehingga ketika merasa kesulitan memahami teorinya, maka bisa langsung dilihat contohnya akan lebih mudah dipahami. Kitab ini menggabungkan antara ilmu Nahwu dan Shorof (tata bahasa Arab) mulai dari perubahan akhir kalimat hingga proses pembentukannya dari fa‟ fi‟il, ain fi‟il dan lam fi‟ilny

Mungkin tidak semua memiliki pendapat yang sama dalam mendiskripsikan kitab tersebut. Tetapi jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh akan bisa ditemukan kemanfaatannya walaupun cuma sedikit. Dari beberapa dosen ada yang mengajarkan bahasa Arab dengan kitab itu menggunakan pengantar bahasa Arab dan itu sudah disesuaikan kelasnya. Memang ketika dalam semua pembelajaran harus dibutuhkan antara metode yang menarik dari dosen dan kesungguhan belajar dari muridnya, jika salah satu ada yang tidak melakukannya, maka mustahil untuk dikatakan pembelajaran secara efektif. Seperti apa yang telah dikatakan KH. Anwar Mansyur”dalam mencari ilmu dibutuhkan 3 hal yang harus dilakukan yaitu, Guru yang sungguh-sungguh dalam mengajarkan ilmunya, murid yang sungguh-sungguh belajarnya dan orang tua yang sungguh-sungguh dalam membiayainya”. Maka dari itu tiga peran di atas sudah disesuaikan dengan posisinya masing-masing, dan posisi kitasebagai pelajar harus berjuang sesuai dengan peran kita.

Related posts

Apa yang Salah Dari Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia?

by adminfitk
5 years ago

Menuju Kebijakan Pendidikan yang Inovatif

by adminfitk
10 years ago

Nyatanya, Para Santri sudah ber-MoU dengan Masyarakat Oleh Ahmad Zahruddin*

by adminfitk
6 years ago
Exit mobile version