Latih Lancar Berbahasa Arab, PBA Siapkan Program Lughah Usbu’iyah

FITK NEWS – Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang benar-benar kreatif. Pasalnya mereka membuat gebrakan baru berupa program peningkatan kompetensi kebahasaan bernama Lughah Usbu’iyah. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr H. Moh. Padil MPdI secara resmi membuka pelaksanaan Lughah Usbu’iyah, kemarin (6/5) di Lantai 1 Gedung Megawati.

Menurut koordinator program Lughah Usbu’iyah, M. Pansha Adhi Utama kegiatan tersebut digelar antara April sampai Juni mendatang. Pelaksanaannya seminggu sekali, yaitu Rabu, pukul 08.00-10.00 di area Gedung B. ”Jumlah total pesertanya sebanyak 158 mahasiswa PBA semester IV. Mereka terbagi menjadi 17 kelompok,” kata dia.       

Pansha menyebutkan, untuk semester ini, program Lughah Usbu’iyah hanya difokuskan pada maharah kalam (baca:keterampilan berbicara). Alasannya untuk melatih para mahasiswa lancar berbicara bahasa Arab dengan baik dan benar. ”Intinya kami ingin melatih teman-teman agar percaya diri saat berbahasa Arab,” jelasnya.

Ketua Jurusan PBA, Dr Mamluatul Hasanah MPd menambahkan pihaknya punya alasan khusus mengapa memilih maharah kalam di program Lughah Usbu’iyah. Sebab kalam termasuk salah satu maharah intajiah (baca:keterampilan produktif) dalam Bahasa Arab. ”Program ini akan terus berkelanjutan. Ke depan, kami  juga akan memfokuskan pada maharah lainnya,” tutur Mamlu’-sapaan akrab Dr Mamluatul Hasanah MPd.

Mengenai proses target apa yang ingin dicapai pada semester ini lewat Lughah Usbu’iyah, dia memaparkan ada dua aspek. Yaitu khitobul ‘adi dan khitobul ilmi. Untuk khitobul ‘adi, para mahasiswa diharapkanbisa lancar berbicara dengan berbahasa Arab sehari-hari. Sementara khitobul ilmi, targetnya para mahasiswa mempunyai kompetensi khusus, misalnya menjadi moderator. ”Makanya agar kegiatan ini bisa berjalan lancar dan bermanfaat, kami mengusahakan agar para dosen bisa mendampingi mereka selama program berjalan,”kata ujar.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr H. Moh. Padil MPdI mengatakan juga sangat apresiatif dengan adanya program Lughah Usbu’iyah ini. Sebab lewat program ini, para mahasiswa bisa mengeksplor kemampuannya. ”Fakultas mendukung penuh dengan program kreatif ini,” ungkapnya.   

Tak hanya itu, Padil juga meminta agar di jurusan lain mengadakan acara serupa setiap Rabu. Namun mahasiswa PBA yang menjadi pematerinya. ”Nantinya jurusan lain kan juga bisa berbahasa Arab dengan lancar,” tutupnya mengakhiri pembicaraan. (gung) Penulis: Agung Prasetiyo

Related posts

Integrasikan Konsep KKNI dan Ulul Albab di Era MEA

by adminfitk
8 years ago

Hebat, Prodi PGMI Peroleh Peringkat Nilai Akreditasi A Lagi

by adminfitk
4 years ago

STIT Al Hidayah Berkunjung ke Jurusan PBA

by adminfitk
8 years ago
Exit mobile version