<strong>LPTK UIN Malang Lakukan Pemetaan Pengembangan Pendalaman Materi, Perangkat Pembelajaran dan PTK Hingga Buat Pedoman  </strong>

LPTK UIN Malang Lakukan Pemetaan Pengembangan Pendalaman Materi, Perangkat Pembelajaran dan PTK Hingga Buat Pedoman  

FITK NEWS – Penyusunan Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Analisis Materi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Batch-1 Tahun 2022 dilakukan sebagai bentuk perhatian Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan yang berlangsung pada 1-2 Juli 2022 di Baobab Safari Resort yang beralamat di Gn. Princi, Jatiarjo, Prigen,

Pasuruan, Jawa Timur ini bertujuan untuk menghasilkan pedoman akan digunakan sebagai role model dalam proses pelaksanaan PPG, khususnya PPG dalam jabatan.  

Kegiatan Ketua LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd dalm sambutannya memberikan motivasi kepada tim PGG jika orang hebat dan orang sukses adalah mereka yang menjadikan orang lain sukses. Artinya kalau masih memikirkan diri sendiri maka dia belum termasuk kategori sukses.

Selain itu, Prof Nur Ali juga menekankan jika format pengembangan perangkat pembelajaran, penelitian tindakan kelas dan analisis materi yang disusun harus diniatkan untuk memberikan kemudahan para peserta PPG agar mudah memahami materi, khususnya dapat menyusun perangkat tersebut dengan baik dan benar. Hal ini tentunya akan menghindarkan guru peserta PPG dari plagiasi karya orang lain. Harapannya para guru yang mengikuti proses PPG benar-benar menjadi guru profesional. 

Senada dengan Prof Nur Ali, Wakil Dekan Bidang AUPK Dr. H. Abdul Bashith, M.Si memberikan penguatan dan pengembangan pendalaman materi, perangkat pembelajaran dan PTK. Beliau juga memberikan apreasiasi kepada pengela LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atas capaian yang baik selama ini yang mengantarkan lulusan setiap batch tahun 2022 di atas 92 persen. Menurutnya tingginya kelulusan para peserta karena pengelola memanage dengan baik proses PPG, mulai pendalaman materi pedagogic pendalaman materi professional, kompre, PPL, UKIN sampai Ujian Pengetahuan. Terkait penyusunan perangkat pembelajaran, beliau juga menegaskan agar tim yang terlibat dapat menyusun format atau pedoman yang tersandar agar bisa digunakan dalam prose PPG selanjutnya.

Sementara Kaprodi PPG LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. Muhammad Syamsul Ulum, MA yang menyampaikan tentang analisis dan pemetaan pengembangan pendalaman materi, perangkat pembelajaran dan PTK yang meliputi perangkat pembelajaran, penelitian tindakan kelas, PBL dan PjBL.

Sekadar infromasi, dalam kegiatan tersebut juga digear presentasi komisi analisis dan pemetaan pengembangan pendalaman materi, perangkat pembelajaran dan PTK sampai penetapan penguatan hasil analisis dan pemetaan tersebut.

Related posts

LPTK UIN Malang Gelar Kegiatan Evaluasi Kinerja Guru Pamong PPG Daljab Batch 3 Tahun 2022

by Agung Prasetiyo
1 year ago

LPTK UIN Malang Gelar FGD, Samakan Persepsi Tata Kelola Penyelenggaraan PPG Daljab 2024

by Agung Prasetiyo
2 months ago

Top Abis ! Mahasiswa Prodi Tadris Matematika FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Aktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Acara 30 Hari Mencari Cinta

by anggauin
2 years ago
Exit mobile version