Memanfaatkan Media Sosial Untuk Pembelajaran Bahasa Arab
Media sosial merupakan media online yang dimanfaatkan sebagai wadah pergaulan sosial di internet. Di media sosial, users bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan lain- lain.
Memanfaatkan Media Sosial Untuk Pembelajaran Bahasa Arab
Oleh Alfiyah Rizzy Afdiquni (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)
Media sosial merupakan media online yang dimanfaatkan sebagai wadah pergaulan sosial di internet. Di media sosial, users bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan lain- lain.
Media sosial bisa mengubah suatu komunikasi ke dalam bentuk virtual . Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan adalah YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan sebagainya.
Di zaman sekarang, pengguna internet (netizen) terdiri dari hampir seluruh lapisan masyarakat termasuk pelajar. Mereka tidak asing lagi dengan media sosial, aplikasi, bahkan beberapa desain pembelajaran yang berbasis internet. Kemajuan zaman menuntut perubahan gaya belajar juga, salah satunya dengan media sosial. Media sosial dapat menghubungkan seluruh pelajar tanpa terpetak- petak bahkan mereka juga dapat menjalin komunikasi dengan native speaker yang bersangkutan. Pelajar dapat mempelajari bahasa dengan murni dan nyata adanya untuk kemudian dapat aktif menjadi bagian langsung di dalamnya, sehingga pengetahuan komunikasi yang natural dapat terbentuk. Fitur-fitur yang disediakan dapat menunjang di segala aspek maharoh, baik maharoh kalam, istima‟, kitabah dan qiro‟ah, bahkan hingga mufrodat.
Mudifatun Isriyah, siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan mengatakan berkat media sosial, ia banyak mendapat ilmu-ilmu baru dan diskusi dengan guru menjadi tak terbatas di kelas saja. Hal ini dapat terbukti guru dapat mengirim video, materi pelajaran di grup Whatsapp dan beriteraksi dengan langsung mengetik bahasa Arab.
Adapun Husain Ba Syaiban, siswa kelas XII MAN Bangkalan menambahkan dengan Instagram, dirinya dapat berkenalan dengan native speaker Arab, pun melihat video syair atau gambar yang terkait dengan nahwu shorof sehingga ia dapat mengembangkan pengetahuan tentang bahasa Arab khususnya ilmu kaidah kebahasaan Arab.
Dengan demikian, seyogianya pengajar bahasa Arab dapat melihat peluang media sosial sebagai wadah pembelajaran bahasa Arab. Sehingga, pelajar menjadi semakin semangat dan secara tidak langsung dapat mengurangi efek kenakalan remaja pada penggunaan media sosial itu sendiri. Tulisan ini telah dimuat di: https://www.kompasiana.com/alfiyahrizzya/5d8cef120d8230439a5af d52/memanfaatkan-media-sosial-untuk-pembelajaran-bahasa-arab
Recent Posts
- Mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Adu Kreativitas di Lomba Esai, Kritisi Dunia Pendidikan yang Makin Canggih!
- FITK Gelar Review RPP Kurikulum Prodi dengan Pendekatan OBS Adaptasi dari Permendikbud No. 53 Tahun 2023
- Membangun Sikap Kenegarawanan Pengurus OMIK FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
- PPAW FITK UIN Malang Koordinasi untuk Optimalkan Pengelolaan Keuangan Jurnal
- UP UKMPPG Bacth 1 Tahun 2024 di LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Berjalan Lancar dan Optimal, Penyelia: LPTK Lain Bisa Meniru