Memperkenalkan Bahasa Arab di SDN Karangpandan 01 dan 02 yang Majemuk

SDN Karangpandan 01 dan 02 merupakan sekolah dasar negeri yang terletak di desa Karangpandan, kecamatan Pakisaji, kabupaten Malang. Sebagai mana sekolah dasar pada umumnya, SDN Karangpandan 01 dan 02 tidak mengajarkan bahasa Arab

Memperkenalkan Bahasa Arab di SDN Karangpandan 01 dan 02 yang Majemuk

Oleh Alfiyah Rizzy Afdiquni (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

 

SDN Karangpandan 01 dan 02 merupakan sekolah dasar negeri yang terletak di desa Karangpandan, kecamatan Pakisaji, kabupaten Malang. Sebagai mana sekolah dasar pada umumnya, SDN Karangpandan 01 dan 02 tidak mengajarkan bahasa Arab sebagai mata pelajaran (mapel) di setiap kelas. Oleh karena itu, Kelompok Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 223 periode Desember 2018- Januari 2019 tergerak untuk memperkenalkan bahasa Arab di lingkungan SDN Karangpandan 01 dan 02.

Setelah sowan dan lain-lain kepada ibu kepala sekolah, kami pun mendapat izin untuk mengisi kelas III, IV, dan V pada hari Senin sampai Rabu pukul 12:30 WIBhingga 13:30 WIB. Sebagian dari kami mengajar dengan dua orang, dan sebagian yang lain mengajar dengan 1 orang saja. Saya pribadi, mendapat kesempatan mengajar di kelas IV di SDN Karangpandan 02 bersama teman saya.

Pada suatu hari, ketika saya mengajar cara menulis angka Arab, ada seorang murid yang menanyakan mengapa teman Hindunya diperbolehkan ikut mapel ini. Sayapun tersenyum mendengarnya. Saya menjelaskan bahwasanya bahasa Arab merupakan bahasa bangsa Arab, bukan bahasa agama Islam. Jadi, siapapun boleh mempelajarinya, apapun suku, agama, dan rasnya. Hal itu bisa diingat kembali ketika Islam belum datang, bahasa Arab telah eksis juga di zaman jahiliyah. Jadi, untuk kita yang beragama Islam, sudah seharusnya lebih giat lagi mempromosikan bahasa Arab, baik di lingkungan Islammaupun non Islam. Tahiyyah Arobiyah!

Related posts

Peran Alumni Pendidikan Bahasa Arab di Masa Mendatang

by adminfitk
3 years ago

Nyatanya, Para Santri sudah ber-MoU dengan Masyarakat Oleh Ahmad Zahruddin*

by adminfitk
3 years ago

Prakom-Mini (Minikom), Program Pencetak Calon Faqih Cilik

by adminfitk
2 years ago
Exit mobile version