Site icon FITK

Opak FITK Berjalan Sukses

FITK NEWS – Orientasi Pengenalan Akademik (Opak) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) berjalan sukses. Kegiatan Opak berlangsung khidmat selama dua hari (19-20/08) di Gedung Sport Center, UIN Maulana Malik Ibrhaim Malang.

Sekitar lebih kurang 800 mahasiswa baru (maba) yang berasal dari enam jurusan di FITK semangat mengikuti jalannya acara. Di antaranya Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial (IPS), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan Manajemen Pendidikan Islam  (MPI) dan Jurusan Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (PGRA).

Acara pembukaan Opak disuguhi penampilan tari tradisional oleh panitia. Kemudian ditandai pemukulan drum dan penyematan tanda peserta oleh Dekan FITK Dr. H. Nur Ali, M.Pd didampingi para wakil dekan, dan disaksikan para ketua dan sekretaris jurusan.

Dr. H. Nur Ali, M.Pd di depan ratusan pasang mata menegaskan jika akademisi kampus harus memperhatikan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran (dikjar), penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pria asal Lamongan tersebut mencontohkan jika dikjar dapat diawali dengan mendidik diri sendiri terlebih dahulu untuk menjadi pribadi yang baik. Sementara penelitian mengacu pada potensi apa yang dimiliki untuk meneliti sesuatu hal yang dapat diaplikasikan di masyarakat dalam bentuk pengabdian masyarakat.   

Dikatakan alumni fakultas tarbiyah banyak yang sukses, mulai  yang menjabat sebagai Kakanwil Kementerian Agama sampai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). ”Kampus menjadi asas pendidikan satu negara. Negara akan cepat maju jika pendidikannya baik,” kata dia.  

”Demikian juga jika satu keluarga yang mengutamakan pendidikan, keluarga tersebut cepat atau lambat akan hebat. Makanya belajarlah dengan tekun untuk mengasah potensinya masing-masing,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Exit mobile version