Perkembangan dunia digital yang sangat dinamis dan cepat memberikan peluang kewirausahaan yang terbuka bagi mahasiswa FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk melakukan penetrasi bisnis secara masif dalam dunia ekonomi kreatif digital. Dalam pandangan Ketua Unit Laboratorium Kewirausahaan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Nailul Fauziyah, MA menegaskan perlu ada upaya pembinaan secara berkelanjutan agar mahasiswa FITK memiliki keberanian dan kalkulasi bisnis dalam dunia digital yang tepat. “Seperti yang kami lakukan dengan kegiatan bimtek ini, mahasiswa FITK dikenalkan pada strategi bisnis sukses digital marketing dari ahlinya langsung sehingga dapat memulai dan menjalankan kewirausahaan dalam bidang digital tanpa harus mengorbankan “waktu perkuliahan,” jelas Bu Nailul saat ditemui di sela-sela Kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Tahun 2024 pada 29 Mei 2024 lalu di gedung micro teaching.
Unit Laboratorium Kewirausahaan yang dipimpinnya saat ini gencar mendekatkan mahasiswa FITK agar berani berimprovisasi dalam dunia digital marketing. “Kami fokuskan kepada (1) kemampuan analisis data dan pengukuran performa produk dan jasa yang ditawarkan. (2) Penguatan Niche yang spesifik sehingga memiliki target audience/konsumen yang semakin spesifik. (3) Pembuatan konten yang konsisten dari ahlinya,” jelas dosen yang dikenal ramah dan humble tersebut.
Nailul menambahkan, untuk kegiatan Bimtek kali ini, pihaknya sengaja menghadirkan Digital Marketer tersertifikasi BSNP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), Maftuh Junaidi Mhirda, untuk mendampingi dan memotivasi para mahasiswa FITK berani terjun dalam dunia ekonomi digital. “Harapannya jelas, agar mahasiswa FITK sukses dalam dunia akademik maupun bisnis kewirausahaan digital,” pungkas Bu Nailul dengan penuh optimis.
Penulis: Angga Teguh Prastyo, M.Pd