Site icon FITK

Pelatihan Pra Kerja Jadi Momentum Mengenalkan Calon Lulusan tentang Dunia Kerja  

FITK NEWS – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maliki Malang terus memberikan dorongan positif bagi calon lulusan di masa pandemi Covid-19. Caranya fakultas yang menjadi cikal bakal UIN Maliki tersebut membekali calon lulusan lewat Pelatihan Pra Kerja yang dilaksanakan hari ini (30/09) via offline di Meeting Room FITK dan online lewat zoom meeting.

Dari catatan jurnalis media ini pihak fakultas menghadirkan lima narasumber hebat di antaranya Dr. H. Nur Ali, M.Pd (Dekan FITK UIN Maliki), Dr. Marno, M.Ag (WD FITK Bidang Kemahasiswaan), Dr. Moh. Subagio (Founder & CEO MSCO Learning Partner), Suluh Wahyu Pambudi, SE (Founder Ilhami Education and Training Center) dan Dr. Muh. Hambali, M.Ag (Kepala Pusat Pengembangan Mahasiswa dan Alumni UIN Maliki).

Dalam kesempatan tersebut, Dr. H. Nur Ali, M.Pd menyampaikan pentingnya soft skill bagi calon lulusan. Sebab sotf skill akan menunjang kemampuan akademik yang dimiliki saat masuk dunia kerja. Sotf skill tersebut kini akan semakin terarah dengan adanya kampus merdeka-merdeka belajar.

Selain itu, Nur ali juga menghimbau agar para alumni dapat memperkuat relasi, tentunya supaya informasi tentang fakultas, lowongan pekerjaan, pembinaan dan lainnya dapat tersampaikan dengan baik lewat grup wa alumni. “Saya menghimbau agar para calon lulusan terus menjaga nama almamater di manapun Anda berada”, ujar Nur Ali.

Senada dengan Dr. Nur Ali, Dr Marno M.Ag lebih menginformasikan jika saat ini bakat dan minat mahasiswa FITK akan dibina oleh fakultas. Selain itu jaringan alumni juga akan diperkuat agar berbagai informasi positif dapat langsung tersampaikan kepada para alumni.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Moh. Subagio menyampaikan beberapa poin penting dalam dunia kerja yaitu tentang tantangan dalam digital distruption, kategori muslim tingkat menengah, perubahan besar pada saat maupun setelah pandemi covid -19. Dalam kesempatan tersebut Subagio juga menegaskan agar calon lulusan banyak membaca buku biografi tokoh-tokoh sukses, tentunya agar dapat menjadi inspirasi dan meneladani kesuksesan mereka.

Pemateri selanjutnya Suluh Wahyu Pambudi, SE menympaikan tentang bagaimana cara memulai usaha dan mempertahankannya di masa pandemi yaitu dengan memantabkan niat untuk memulai usaha. Selain itu mencari sumber-sumber untuk mendapatkan ide usaha juga penting seperti pengalaman pribadi, relasi maupun minat dan pendidikan. Direktur Utama ILHAMI CORPORA itu juga menjelaskan tentang cara memulai usaha misalnya merintis usaha baru (starting), membeli perusahaan lain (buying), Kerjasama/ Networking dan  Bisnis Keluarga (busines familiy). Pemateri terakhir yaitu Dr. Muh. Hambali, M.Ag menyampaikan tentang laporan dan model Tracer Studi di UIN Maliki.

Exit mobile version