Site icon FITK

Pendaftar Penelitian Kompetitif FITK Membeludak

FITK NEWS – Penelitian kompetitif yang digelar oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang diprediksi akan berjalan sangat kompetitif. Sebab jumlah pendaftar sampai hari terakhir pendaftaran (27/3), membeludak dan melebihi batas kuota yang ditentukan. Dari total 308 judul proposal yang akan dibiayai pihak fakultas, jumlah pendaftar mencapai 600.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FITK, Dr Hj Sulalah MPd menjelaskan kuota 308 judul proposal yang akan dibiayai tersebut dibagi menjadi tiga kategori. Di antaranya penelitian untuk dosen pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 88 judul proposal, penelitian kolaboratif dosen-mahasiswa jumlahnya ada 20 dan bantuan penelitian mahasiswa 200 judul.

”Tahun ini jumlah pendaftar penelitian dosen pegawai negeri sipil (PNS) mencapai 88 judul, penelitian kolaboratif dosen-mahasiswa ada 44, dan kategori bantuan penelitian mahasiswa sebanyak 468,” ujar Sulalah. Agar proposalnya bisa lolos dan mendapat bantuan dana penelitian, maka satu peserta akan bersaing dengan dua peserta (1:2).

Untuk memastikan proposal yang lolos benar-benar selektif, pihaknya telah meminta sejumlah tim penyeleksi andal. Mereka terdiri dari jajaran dekanat FITK UIN Maliki Malang, para guru besar, dosen dan para pakar.

Tak hanya itu,  agar tidak mengurangi kredibilitas, proses penyeleksian dilakukan melalui blind review.Artinya nama peneliti akan dihapus, agar penilaian benar-benar bisa objektif,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, penelitian kompetitif yang diadakan oleh FITK UIN Maliki Malang punya maksud khusus. Yaitu untuk memacu para dosen dan mahasiswa gemar melakukan riset. Tentunya juga sebagai sarana pengembangan khazanah keilmuan dan pengalaman dalam bidang penelitian. (dw/gung)

Exit mobile version