fitk@uin-malang.ac.id Jl. Gajayana No. 50 Kota Malang Kode Pos 65144

Portfolio

Pendidikan Agama Islam

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

IDENTITAS PROGRAM STUDI

1. Nama Program Studi : PEndidikan aGama islam
2. Ijin Penyelenggaraan Prodi : Dj.I/867/2010 Tanggal 6 Desember 2010
3. Akreditasi  Prodi : a  (135/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VI/2013)
4. Gelar Akademik Beserta Singkatannya : Sarjana Pendidikan Agama Islam (s.Pd)
5. Jenis Pendidikan : Akademik
6. Program Pendidikan : Program Sarjana (Level 6)
7. Bahasa Pengantar Kuliah : Bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab
8. Masa Studi Program Sarjana : 8 (delapan) semester atau 4 (empat) Tahun
9. No. Telepon : 0341-551398
10. Faksimil : 0341-551398
11. Hompage : http://fitk.uin-malang.ac.id/
12. E-mail PS : pai@uin-malang.ac.id

VISI PROGRAM STUDI

Pada Tahun 2030 menjadi Jurusan/Program Studi terkemuka dalam menyiapkan tenaga pendidik Agama Islam dan pengelola pada satuan pendidikan keagamaan Islam yang berkarakter Ulul Albab dan memiliki wawasan internasional.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik agama Islam di sekolah/Madrasah dan jenis pendidikan keagamaan Islam lainnya, serta menjadi pengelola satuan pendidikan keagamaan Islam.
  2. Mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga kependidikan Islam.
  3. Mengembangkan paradigma baru manajemen pendidikan dan menciptakan iklim akademis religius dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi sebagai pendidik agama Islam
  4. Mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Islam baik pada jalur pendidikan formal, non formal maupun informal.
  5. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  6. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika profesional dan moral akademis untuk pengendalian mutu program studi

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan pendidik agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan Islam di sekolah/madrasah.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program, dan mengembangkan inovasi-inovasi program satuan pendidikan keagamaan Islam.
  3. Menghasilkan lulusan tambahan sebagai Konselor dan penyuluh Pendidikan Agama Islam di sekolah dan keluarga; Pendidik PAI di Luar Negeri; Trainer Pendidikan Agama Islam; Pengelola Lembaga pendidikan Islam; Pembimbing manasik haji; Pemimpin sosial-keagamaan di sekolah/madrasah dan masyarakat; Jurnalis Pendidikan Islam; Sosiolog Pendidikan Islam; Intrepreneur Islam; dan Juru Dakwah / Muballigh.

PROFIL LULUSAN PRODI

1. Profil Utama:

Sebagai Pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

2. Profil Tambahan:

  1. Konselor dan penyuluh Pendidikan Agama Islam di sekolah dan keluarga
  2. Pendidik PAI di Luar Negeri
  3. Trainer Pendidikan Agama Islam
  4. Pengelola Lembaga pendidikan Islam
  5. Pembimbing haji
  6. Pemimpin sosial-keagamaan di sekolah/madrasah dan masyarakat
  7. Jurnalis Pendidikan Islam
  8. Sosiolog Pendidikan Islam
  9. Intrepreneur Islam
  10. Juru Dakwah/Muballigh

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) PRODI PAI

Untuk mencapai visi, misi, tujuan dan profil lulusan yang ideal, kurikulum prodi PAI dirancang memiliki empat kompetensi utama sebagai berikut:

1. Kemampuan Kerja Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.Mampu memanfaatkan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasahMampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
2. Penguasaan Pengetahuan Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas,  mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.Menguasai konsep integrasi  keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah.
3. Kemampuan Manajerial Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekoah/madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevanMampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah Pendidikan Agama Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan  peserta didikMampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta  isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
4. Tanggung Jawab Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.Mampu  menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri.

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME)

Capaian pembelajaran prodi PAI yaitu untuk mencapai indikator kompetensi (kemampuan) utama tersebut di atas, yang dijabarkan melalui capaian pembelajaran sebagai berikut:

  • Sikap dan Tata Nilai
Kode Deskripsi Sikap dan Tata Nilai
A-01 Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
A-02 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
A-03 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
A-04 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta bertanggung jawab pada bangsa dan negara
A-05 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain
A-06 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
A-07 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
A-08 Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik
A-09 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri
A-10 Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
A-11 Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman
A-12 Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran,  kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya.
A-13 Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
A-14 Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas;
A-15 Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.
A-16 Menunjukkan etos kerja,  tanggung jawab, rasa bangga dan cinta menjadi pendidik, dan percaya diri.
A-17 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri.
  • Keterampilan / Kemampuan Kerja
Kode Deskripsi Keterampilan / Kemampuan Kerja
B-01 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
B-02 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
B-03 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
B-04 Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
B-05 Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
B-06 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
B-07 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
B-08 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
B-09 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi
B-10 Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan  keilmuan  dan kemampuan kerja;
B-11 Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
B-12 Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar
B-13 Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)
B-14 Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar.
B-15 Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum
B-16 Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
B-17 Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
B-18 Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan  dan keMampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat
B-19 Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum
B-20 Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran
B-21 Mampu melaksanakan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
B-22 Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati.
  • Penguasaan Pengetahuan
Kode Deskripsi Penguasaan Pengetahuan
C-01 Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
C-02 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)
C-03 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
C-04 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
C-05 Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
C-06 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
C-07 Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
C-08 Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
C-09 Menguasai teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI di sekolah/madrasah
C-10 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.
C-11 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.
C-12 Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan  Pendidikan Agama Islam yang mencakup bidang keilmuan al-qur’an-hadits, akidah-akhlak, ushul fikih-fikih, dan sejarah kebudayaan Islam.
C-13 Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
C-14 Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif
C-15 Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sebagai ibu dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah
  • Manajerial (Kewenagan dan Hak)
Kode Deskripsi Manajerial (Kewenangan dan Hak)
D-1 Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data
D-2 Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri
D-3 Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara kelompok
D-4 Mampu bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dalam dunia kerja
D-5 Mampu diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi  dalam dunia kerja

KURIKULUM PRODI PAI

Untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) dan capaian pembelajaran (learning outcome), prodi PAI menyajikan konten kurikulum sebesar 150 SKS, dengan sebaran mata kuliah sebagai berikut:

  • Mata Kuliah Wajib Umum/Universitas (34 SKS)
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1700101 Pancasila 2 MK. Wajib Universitas
2 1700102 Kewarganegaraan 2 MK. Wajib Universitas
3 1700103 Bahasa Indonesia 2 MK. Wajib Universitas
4 1700104 Bahasa Inggris I 3 MK. Wajib Universitas
5 1700105 Bahasa Inggris II 3 MK. Wajib Universitas
6 1700107 Filsafat Ilmu 2 MK. Wajib Universitas
7 1700107 Studi Al-Qur`an dan Al-Hadits 2 MK. Wajib Universitas
8 1700108 Studi Fiqh 2 MK. Wajib Universitas
9 1700109 Teosofi 2 MK. Wajib Universitas
10 1700110 Sejarah Peradaban Islam 2 MK. Wajib Universitas
11 1700111 Bahasa Arab Maharah Istima I 1 MK. Wajib Universitas
12 1700112 Bahasa Arab Maharah Kitabah I 1 MK. Wajib Universitas
13 1700113 Bahasa Arab Maharah Kalam I 2 MK. Wajib Universitas
14 1700114 Bahasa Arab Maharah Qiro`ah I 2 MK. Wajib Universitas
15 1700115 Bahasa Arab Maharah Istima` II 1 MK. Wajib Universitas
16 1700116 Bahasa Arab Maharah Kitabah II 1 MK. Wajib Universitas
17 1700117 Bahasa Arab Maharah Kalam II 2 MK. Wajib Universitas
18 1700118 Bahasa Arab Maharah Qiro`ah II 2 MK. Wajib Universitas
Jumlah 34
  • Mata Kuliah Wajib Fakultas (43 SKS)
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1710201 Penulisan Karya Ilmiah 2 MK. Wajib Fakultas
2 1710202 Teori Belajar Dan Psikologi Perkembangan 3 MK. Wajib Fakultas
3 1710203 Evaluasi Pembelajaran 2 MK. Wajib Fakultas
4 1710204 Dasar-Dasar Pendidikan Islam 2 MK. Wajib Fakultas
5 1710205 Penelitian Tindakan Kelas 2 MK. Wajib Fakultas
6 1710206 Manajemen Pendidikan Islam 2 MK. Wajib Fakultas
7 1710207 Pengembangan Kurikulum 3 MK. Wajib Fakultas
8 1710208 Pengabdian Pada Masyarakat 2 MK. Wajib Fakultas
9 1710209 Statistik Pendidikan 2 MK. Wajib Fakultas
10 1710210 Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran 2 MK. Wajib Fakultas
11 1710211 Keterampilan Dasar Mengajar (KDM) 3 MK. Wajib Fakultas
12 1710212 Metodologi Penelitian Kualitatif 2 MK. Wajib Fakultas
13 1710213 Metodologi Penelitian Kuantitatif 2 MK. Wajib Fakultas
14 1710214 Bimbingan Konseling 2 MK. Wajib Fakultas
15 1710215 Magang I 1 MK. Wajib Fakultas
16 1710216 Magang II 1 MK. Wajib Fakultas
17 1710217 Seminar Proposal Penelitian 0 MK. Wajib Fakultas
18 1710218 Komprehensif 0 MK. Wajib Fakultas
19 1710219 Praktik Kerja Lapangan PKL 4 MK. Wajib Fakultas
20 1710220 Skripsi 6 MK. Wajib Fakultas
Jumlah 43
  • Mata Kuliah Wajib Prodi (63 SKS)
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1711301 Ilmu Pendidikan Islam 3 MK. Wajib Prodi
2 1711302 Sejarah Pendidikan Islam 3 MK. Wajib Prodi
3 1711303 Kapita Selekta Pendidikan Islam 3 MK. Wajib Prodi
4 1711304 Qur’an Hadits 1 3 MK. Wajib Prodi
5 1711305 Qur’an Hadits II 3 MK. Wajib Prodi
6 1711306 Fiqh I 3 MK. Wajib Prodi
7 1711307 Fiqh II 3 MK. Wajib Prodi
8 1711308 Akidah Akhlak I 3 MK. Wajib Prodi
9 1711309 Akidah Akhlak II 3 MK. Wajib Prodi
10 1711310 Sejarah Kebudayaan Islam I 3 MK. Wajib Prodi
11 1711311 Sejarah Kebudayaan Islam II 3 MK. Wajib Prodi
12 1711312 Qiroatul Kutub 3 MK. Wajib Prodi
13 1711313 Hikmatut Tasyri’ 3 MK. Wajib Prodi
14 1711314 Pemikiran Pendidikan Islam 3 Mk. Wajib Prodi
15 1711315 Psikologi Pendidikan 2 MK. Wajib Prodi
16 1711316 Kepemimpinan Pendidikan Islam 3 MK. Wajib Prodi
17 1711317 Metode Khusus PAI 3 MK. Wajib Prodi
18 1711318 Etika Profesi Guru PAI 2 MK. Wajib Prodi
19 1711319 Ushul Fiqh 2 MK. Wajib Prodi
20 1711320 Masail Fiqh 3 MK. Wajib Prodi
21 1711321 Perencanaan Pembelajaran PAI 2 MK. Wajib Prodi
22 1711502 Sosiologi Pendidikan 2 MK. Wajib Prodi
23 1711503 Sosiologi Agama 2 MK. Wajib Prodi
Jumlah 63
  • Mata Kuliah Pilihan / Penunjang (19 SKS)
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1711513 Pendidikan Enterpreneurship* 2 MK. Pilihan (penunjang)
2 1711514 Pendidikan Jurnalistik 2 MK. Pilihan (Penunjang)
3 1711515 Manajemen Dakwah 2 MK. Pilihan (Penunjang)
4 1711516 Teknologi Informasi 2 MK. Pilihan (Penunjang)
5 1711517 Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an* 2 MK. Pilihan (penunjang)
6 1711518 Studi Agama-Agama 2 MK. Pilihan (Penunjang)
7 1711519 Pendidikan Multikultural* 2 MK. Pilihan (penunjang)
8 1711520 Pendidikan Anti Korupsi* 2 MK. Pilihan (penunjang)
9 1711521 Desain Komunikasi Visual PAI* 3 MK. Pilihan (penunjang)
Jumlah 19
  • Sebaran Mata Kuliah Per Semester
SEMESTER I
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1700101 Pancasila 2 MK. Wajib Universitas
2 1710201 Penulisan Karya Ilmiah 2 MK. Wajib Fakultas
3 1700103 Bahasa Indonesia 2 MK. Wajib Universitas
4 1700107 Filsafat Ilmu 2 MK. Wajib Universitas
5 1700111 Bahasa Arab Maharah Istima I 1 MK. Wajib Universitas
6 1700112 Bahasa Arab Maharah Kitabah I 1 MK. Wajib Universitas
7 1700113 Bahasa Arab Maharah Kalam I 2 MK. Wajib Universitas
8 1700114 Bahasa Arab Maharah Qiro`ah I 2 MK. Wajib Universitas
9 1710204 Dasar-Dasar Pendidikan Islam 2 MK. Wajib Fakultas
10 1711315 Psikologi Pendidikan 2 MK. Wajib Prodi
11 1711516 Teknologi Informasi 2 MK. Pilihan (pilihan)
JUMLAH SKS/JS 20
SEMESTER II
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1700115 Bahasa Arab Maharah Istima` II 1 MK. Wajib Universitas
2 1700116 Bahasa Arab Maharah Kitabah II 1 MK. Wajib Universitas
3 1700117 Bahasa Arab Maharah Kalam II 2 MK. Wajib Universitas
4 1700118 Bahasa Arab Maharah Qiro`ah II 2 MK. Wajib Universitas
5 1700102 Kewarganegaraan 2 MK. Wajib Universitas
6 1710202 Teori Belajar Dan Psikologi Perkembangan 3 MK. Wajib Fakultas
7 1710209 Statistik Pendidikan 2 MK. Wajib Fakultas
8 1711302 Sejarah Pendidikan Islam 3 MK. Wajib Prodi
9 1711314 Pemikiran Pendidikan Islam 3 Mk. Wajib Prodi
10 1711518 Studi Agama-Agama 2 MK. Pilihan (Penunjang)
JUMLAH SKS/JS 21
SEMESTER III
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1700104 Bahasa Inggris I 3 MK. Wajib Universitas
2 1700107 Studi Al-Qur`an dan Al-Hadits 2 MK. Wajib Universitas
3 1700108 Studi Fiqh 2 MK. Wajib Universitas
4 1700109 Teosofi 2 MK. Wajib Universitas
5 1710206 Manajemen Pendidikan Islam 2 MK. Wajib Fakultas
6 1711301 Ilmu Pendidikan Islam 3 MK. Wajib Prodi
7 1711303 Kapita Selekta Pendidikan Islam 3 MK. Wajib Prodi
8 1711312 Qiroatul Kutub 3 MK. Wajib Prodi
9 1710215 Magang I 1 MK. Wajib Universitas
10 1700110 Sejarah Peradaban Islam 2 MK. Wajib Universitas
JUMLAH SKS/JS 23
SEMESTER IV
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1700105 Bahasa Inggris II 3 MK. Wajib Universitas
2 1710207 Pengembangan Kurikulum 3 MK. Wajib Fak.
3 1710212 Metodologi Penelitian Kualitatif 2 MK. Wajib Fak.
4 1711304 Qur’an Hadits 1 3 MK. Wajib Prodi
5 1711306 Fiqh I 3 MK. Wajib Prodi
6 1711308 Akidah Akhlak I 3 MK. Wajib Prodi
7 1711310 Sejarah Kebudayaan Islam I 3 MK. Wajib Prodi
8 1711503 Sosiologi Agama 2 MK. Wajib Prodi
9 1710203 Evaluasi Pembelajaran 2 MK. Wajib Fakultas
JUMLAH SKS/JS 24
SEMESTER V
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1710210 Pengembangan Sumber Dan Media Pembelajaran 2 MK. Wajib Fakultas
2 1710213 Metodologi Penelitian Kuantitatif 2 MK. Wajib Fakultas
3 1710216 Magang II 1 MK. Wajib Fakultas
4 1711305 Qur’an Hadits II 3 MK. Wajib Prodi
5 1711307 Fiqh II 3 MK. Wajib Prodi
6 1711309 Akidah Akhlak II 3 MK. Wajib Prodi
7 1711311 Sejarah Kebudayaan Islam II 3 MK. Wajib Prodi
8 1711317 Metode Khusus PAI 3 MK. Wajib Prodi
9 1711316 Kepemimpinan Pendidikan Islam 3 MK. Wajib Prodi
JUMLAH SKS/JS 23
SEMESTER VI
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1710205 Penelitian Tindakan Kelas 2 MK. Wajib Fakultas
2 1710211 Keterampilan Dasar Mengajar KDM 3 MK. Wajib Fakultas
3 1710214 Bimbingan Konseling 2 MK. Wajib Fakultas
4 1711313 Hikmatut Tasyri’ 3 MK. Wajib Prodi
5 1711318 Etika Profesi Guru PAI 2 MK. Wajib Prodi
6 1711319 Ushul Fiqh 2 MK. Wajib Prodi
7 1711321 Perencanaan Pembelajaran PAI 2 MK. Wajib Prodi
8 1711515 Manajemen Dakwah 2 MK. Pilihan (Penunjang)
9 1711320 Masail Fiqh 3 MK. Wajib Prodi
10 1711514 Pendidikan Jurnalistik 2 MK. Pilihan (Penunjang)
JUMLAH SKS/JS 23
SEMESTER VII
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1710208 Pengabdian Pada Masyarakat 2 MK. Wajib Fakultas
2 1710217 Seminar Proposal Penelitian 0 MK. Wajib Fakultas
3 1711502 Sosiologi Pendidikan 2 MK. Wajib Prodi
4 1710219 Praktik Kerja Lapangan PKL 4 MK. Wajib Fakultas
1 1711513 Pendidikan Enterpreneurship* 2 MK. Pilihan (penunjang)
2 1711517 Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an* 2 MK. Pilihan (penunjang)
3 1711519 Pendidikan Multikultural* 2 MK. Pilihan (penunjang)
4 1711520 Pendidikan Anti Korupsi* 2 MK. Pilihan (penunjang)
5 1711521 Desain Komunikasi Visual PAI* 3 MK. Pilihan (penunjang)
JUMLAH SKS/JS 10
*) Mata Kuliah pilihan diambil 2 SKS, Maksimal 4 SKS
SEMESTER VIII
No. Kode Matakuliah SKS Keterangan
1 1710218 Komprehensif 0 MK. Wajib Fakultas
2 1710220 Skripsi 6 MK. Wajib Fakultas
JUMLAH SKS/JS 6

DOSEN PAI

No Nama Dosen Tetap NIDN Tgl. Lahir Jabatan Akademik Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
-1 -2 -3 -4 -5 -6 -7 -8
1. Prof. Dr. H. Imam Suprayogo 2002015701 2 Januari 1951 Guru Besar / IVe Drs S1 IAIN Sunan Ampel Kependidikan Kemasyarakatan Islam
Dr S3 Universitas Airlangga Ilmu Sosial
2. Prof. Dr. H. Muhaimin, MA 2011125601 11 Desember 1956 Guru Besar/ Direktur Pascasarjana Drs S1, IAIN Sunan Ampel Malang Ilmu Pendidikan Agama Islam
MA S2,  IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ilmu Pendidikan Islam
Dr S3, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ilmu Pendidikan Islam
3. Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I 2031125604 31 Desember 1956 Guru Besar / IVe Drs. S1-IAIN     Malang Pendidikan Agama Islam
M.PdI S2- UNISMA Pendidikan Agama Islam
Dr. S3- Universitas Negeri Malang Manajemen Pendidikan
4. Dr. H. Asmaun Sahlan, M.Ag 2010115201 10 November 1952 Lektor Kepala Drs S-1:IAIN SA Malang Pendidikan Agama Islam
M. Ag. S-2: Universitas Muhammadiyah Malang Studi Islam
Dr IAIN Sunan Ampel Surabaya Ilmu Ke-Islaman
5. Dr. H. Farid Hasyim, M.Ag 9990263752 9 Maret 1952 Lektor Kepala Drs S1, IAIN SA Malang Pendidikan Agama Islam
M.Ag S2,  UMM Malang Studi Islam
Dr S3, IAIN SA Surabaya Ilmu Keislaman
6. Dr. H. Muhammad Zainuddin, MA 2007056201 7 Mei 1962 Lektor Kepala Drs. S1, IAIN Sunan Kalijaga Yogja Sejarah Kebudayaan islam
MA S2, IAIN Sunan Kalijaga Yogja Pendidikan
Dr. S3, IAIN SA Surabaya Ilmu Keislaman
7. Dr. H. Agus Maimun, M.Pd 2017086503 17 Agustus 1965 Lektor Kepala Drs S1, IAIN SA Malang Metodologi Penelitian
M.Pd S2,  IKIP Malang Teknologi Pembelajaran
Dr S3, UNJ Jakarta Metodologi Penelitian
8. Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd 2026056901 26 Mei 1969 Lektor Kepala S.Pd S1, IKIP Malang Teknologi Pendidikan
M.Pd S2, IKIP Malang Manajemen Pendidikan
Dr S3, Universitas Negeri Malang Manajemen Pendidikan
9. Dr. H. Nur Ali, M.Pd 2003046501 3 April 1965 Lektor Kepala Drs. S1, IAIN SA Malang Tadris Bahasa Inggris
M.Pd S2, IKIP Malang Manajemen Pendidikan
Dr. S3, Univ. Negeri Malang Manajemen Pendidikan
10. Dr. Hj. Sulalah, M.Ag 2012116501 12 November 1965 Lektor Kepala Dra. S1, IAIN SA Malang Pendidikan Bahasa Arab
M.Ag S2, IAIN SA Surabaya Pendidikan Islam
Dr. S3, IAIN SA Surabaya Ilmu Keislaman
11. Dr. H. M. Padil, M.Pd.I 2005126502 5 Desember 1965 Lektor Kepala Drs S1, IAIN SA Malang Pendidikan Agama Islam
M.PdI S2,  IAIN SA Surabaya Pendidikan Islam
Dr S3, IAIN SA Surabaya Ilmu Keislaman
12. Dr. Suaib H. Muhammad, M.Ag 2031125704 31 Desember 1957 Lektor Kepala Drs S1, IAIN SA Malang Pendidikan Agama Islam
M.Ag S2,  UMM Malang Studi Islam
Dr S3, IAIN SA Surabaya Tafsir
13. Dr. Hj. Suti’ah, M.Pd 2005106501 6 Oktober 1965 Lektor Kepala Dra S1, IAIN SA Malang Dasar – Dasar Pendidikan
M.Pd S2, Universitas Negeri Malang Teknologi Pendidikan
Dr S3, Universitas Negeri Malang Teknologi Pendidikan
14. Dr. H. M. Samsul Hady, M.Ag 2025086601 25 Agustus 1966 Lektor Kepala Drs S1, IAIN SA Malang Pendidikan Agama
M.Ag S2,  IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pengkajian Islam
Dr S3, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pengkajian Islam
15. Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag 2020126701 20 Desember 1967 Lektor Kepala Drs S1, IAIN SA Malang Pendidikan Agama Islam
M.Ag S2,  UMM Malang Studi Islam
Dr S3, IAIN SA Malang Ilmu Keislaman
16. H. Triyo Supriyatno, M.Ag, Ph.D 2027047001 27 April 1970 Lektor Kepala S. PdI S1, IKIP Malang Pendidikan Bahasa Arab
M.Ag S2,  UMJ Jakarta Pendidikan Islam
Ph.D University of Malaya Malaysia Islamic Education
17. Dr. H.M. Mujab, MA 20-2111-6601 21 Nopember 1966 Lektor Drs S1, Darul Ulum Deoband India Hadist
MA S2, Aligarh Muslim Univ. Hadist India Sejarah Peradaban Islam
PhD S3, Aligarh Muslim Univ. Hadist India Ilmu Hadis
18. Dr. H. Mohammad Asrori, M.Ag 2020106901 20 Oktober 1969 Lektor Kepala S.Ag S1, IAIN SA Malang Pendidikan Bahasa Arab
M.Ag S2,  UNISMA Malang Studi Islam
Dr S3, IAIN SA Surabaya Ilmu Keislaman
19. Dr. H. Bakhruddin Fannani, MA 2020046301 20 April 1963 Lektor Kepala Drs. S1, IAIN Sunan Gunung Jati Bandung Pendidikan Agama Islam
MA S2 UGM Ilmu Perbandingan Agama
Dr. S3- OIU Khartoum, Republic of Sudan Perbandingan Pendidikan
20. Dr. Mohammad Samsul Ulum,M.Ag 2006087201 6 Agustus 1972 Lektor S.Ag S1, STAIN Malang Bahasa Arab
MA S2, STAIN Malang Pembelajaran Bahasa Arab
Dr. S3, UIN Malang Pembelajaran Bahasa Arab
21. Dr. Marno, M.Ag 2022087203 22 Agustus 1972 Lektor Kepala S.Ag S1, STAIN Malang Pendidikan Agama Islam
M.Ag S2, STAIN Malang Manajemen Pendidikan Islam
Dr S3, UIN Maliki Malang Manajemen Pendidikan Islam
22. Dr. Istianah Abu Bakar, M.Ag 2009077701 9 Juli 1977 Lektor S.Ag S1, STAIN Malang Pendidikan Islam
M.Pd S2, UMM Malang Manajemen Pendidikan Islam
Dr S3, UIN Malang Manajemen Pendidikan Islam
23. Dr. Mulyono, M.A 2026066602 26 Juni 1966 Lektor S.Pd S1, STAIN Malang Kependidikan Islam
M.Pd S2, STAIN Malang Manajemen Pendidikan Islam
Dr S3, UPI Bandung Administrasi Pendidikan
24. Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I 2016067603 16 Juni 1976 Lektor S.Ag S1. STAIN Malang Bahasa Arab
M.PdI S2, IAIN SA Surabaya Pendidikan Islam
Dr S3, Universitas Negeri Malang Manajemen Pendidikan
25. Dr. M. Fahim Tharaba, M.Pd 2001108001 1 Oktober 1980 Lektor S.Ag S1, STAIN Malang Pendidikan Agama Islam
M.Pd S2, UIN Malang Manajemen Pendidikan Islam
Dr. S3, UIN Malang Manajemen Pendidikan Islam
26. Dr. Esa NurWahyuni, M.Pd 2006037201 6 Maret 1972 Lektor S.Ag S1, STAIN Malang Pendidikan Agama Islam
M.Pd S2, UM Malang Psikologi Pendidikan
Dr S3 UM Malang Psikologi Pendidikan
27. Dr. H. Rasmianto, M.Ag 2031127003 21 Januari 1970 Lektor Kepala M.Ag S2 UMM Sosiologi Islam
Dr S3 IAIN Surabaya Dirosah Islamiah
28. Dr. H. Zeid B. Semeer, Lc., MA 2015036701 15 Maret 1967  Lektor Lc. S1, Universitas Al-Azhar Cairo Mesir Theologi Hadis
MA S2, STAIN Malang Pendidikan Bahasa Arab
Dr. S3, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Studi Hadis
29. Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd 2006097502 6September 1975 Lektor S.Pd I S1, STAIN Malang Pendidikan Bahasa Arab
M.Pd S3, UIN Maliki Malang Pendidikan Bhs Arab
Dr. S3, UIN Maliki Malang Pendidikan Bhs Arab
30. Dr. Hambali, M.Ag 2004047305 4 April 1973 Asisten Ahli S.Ag S1, STAIN Malang Pendidikan Agama Islam
M.Ag S2, UIN Malang Manajemen Pendidikan Islam
Dr. S3, UIN Malang Manajemen Pendidikan Islam
31. Dr. Zaenu Zuhdi, M.Hi 2027027601 27 Februari 1976 Lektor Lc S1 Al-Azhar Kairo Syari’ah
M.Hi S2, IAIN SA Surabaya Syari’ah
Dr. S3, IAIN SA Surabaya Dirosah Islamiah
32. Imron Rosyidi, M.Ed 2012116502 12 Nopember 1965 Lektor Drs. S1, Kulliayatul Muallimin, Gontor Studi Islam
M.Th. S2, Darul Ulum Deoband India Filsafat Pendidikan
M.Ed S2,Internasional Islamic Univ. Malaysia Teologi dan Filsafat Pendidikan
33. Dra. Siti Annijat Maimunah, M.Pd 2027095702 27 September 1957 Lektor Kepala Dra. S1, IKIP Malang Bahasa Indonesia
M.Pd S2, IKIP Malang Bahasa Indonesia
Sedang S3, UNESA Surabaya Teknologi Pembelajaran
34. A. Zuhdi, M.Ag 2011026901 11 Februari 1969 Lektor Drs. S1, IAIN SA Malang Pendidikan  Agama Islam
M.Ag S2, UMM Malang Studi Islam
Sedang S3, UIN Malang Pendidikan Agama Islam Interdisipliner
35. Mujtahid, M.Ag 2005017501 5 Januari 1975 Lektor S.Ag S1, UMM Malang IlmuPendidikan Islam
M.Ag S2, UMM Malang Manajemen Pendidikan
Sedang S3, UIN Malang Manajemen Pendidikan
36. A. Nurul Kawakip, M.Pd., MA 2031077501 31 Juli 1975 Lektor S.Ag S1, IAIN SA Surabaya Pendidikan Agama Islam
M.Pd S2, UIN Malang Manajemen Pendidikan
MA Univ. Victoria Austaralia Pengembangan Kurikulum
37. Muhammad Subky Hasby, M.Ag 2021037101 21 Maret 1971 Lektor S.Ag S1 IAIN Wali Songo Tafsir dan Hadis
M.Ag S2 IAIN Wali Songo Semarang Aqidah dan Filsafat Islam
38. Syamsul Arifin, M.Ag. 2031126505 31 Desember 1965 Lektor Drs. S1, IAIN Sunan Ampel Surabaya Pendidikan Islam
M.Ag S2, IAIN Sunan Kalijogo Yogyakarta Pendidikan Islam
39. Yuanda Kusuma, M.Ag. 2024107903  24 Oktober 1979 Asisten Ahli Lc S1, al-Azhar Kairo Studi Al-Qur’an dan Tafsir
M.Ag  S2, UIN Malang Dirosah Islamiyah
40. Benny Afwadzi, M.Hum. 2002029001  2 Februari 1990 Asisten Ahli Lc  S1, UIN Sunan Kalijaga Yogja  Tafsir Hadis
M.Ag S2, UIN Sunan Kalijaga Yogja Studi al-Qur’an Hadits
41. Abdul fattah, M.Th.I 2008098601 8 September 1986 Asisten Ahli Lc S1, Al-Azhar Kairo Studi Al-Qur’an dan Tafsir
M.Th.I S2, UIN Sunan Ampel Surabaya Dirosah Islamiah
42. Angga Teguh Prasetyo, M.Pd 22 Juli 1985 Dosen S.Pd.I UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Pendidikan Agama Islam
M.Pd UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Manajemen Pendidikan Islam
Sedang S3, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Manajemen Pendidikan Islam

PERKEMBANGAN PENDAFTAR

Selama lima tahun terahir, pendaftar mahasiswa baru terus meningkat. Berikut rekapitulasi penerimaan mahasiswa baru PAI  5 tahun terakhir.

Academic Year Applicants
No. Applied No. Offered No. Admitted Total
2012/2013 240 1970 240 8.2
2013/2014 275 1828 280 6.53
2014/2015 333 6555 250 26.22
2015/2016 241 6538 249 26.26
2016/2017 199 7442 211 35.27
Total 1288 24333 1230 19.78

Mahasiswa Asing PAI

NO Nama Mahasiswa Asal Negara Tahun Masuk
1 Tres Rahas Kandal, Kamboja 2013
2 Lim Maza Kandal, Kamboja 2013
3 Osman Safni Kandal, Kamboja 2013
4 Mohammad Saddam Hayeemasae Pattani, Thailand 2013
5 Sakeeroh Masae Pattani, Thailand 2013
6 Kaosar Ali Adam Pattani, Thailand 2013
7 Romlee Yeekabjee Songkhla, Thailand 2014
8 Nasafee Heemsuwan Songkhla, Thailand 2014
9 Mohumudzakee Daerh Salaeh Songkhla, Thailand 2014
10 Radon Yeewangcharoen Songkhla, Thailand 2014
11 Sorur Khaled  Abdulatif Libya 2014
12 Muhammad Alif Bin Sarbini Malaysia 2015
12 Baddariyah Smad Thailand 2016

MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, kerja kelompok, active learning, dan discovery-inquiry learning. Selain itu, karakteristik proses pembelajaran terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.

  • Interaktif yaitu suatu capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen, mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan murobbi, mahasiswa dengan musyrif, serta didukung dengan budaya lingkungan ma’had yang memadahi.
  • Holistik yaitu proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi atmosfir pembelajaran yang kondusif, baik secara formal pada perkuliahan di jurusan PAI maupun cara non formal mengikuti program-program di ma’had.
  • Integratif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin ilmu yang dikembangkan univesitas, serta penghayatan nilai-nilai ulul Albab.
  • Saintifik yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama, kebangsaan, dan keumatan yang rahmatan lil alamin.
  • Kontekstual yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya sebagai calon pendidik (guru) pendidikan Agama Islam di Sekolah/madrasah.
  • Tematik yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi PAI dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan transdisiplin yang dipelajari melalui desain kurikulum dan bahan kajian setiap mata kuliah.
  • Efektif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu 4  (empat) tahun melalui pemasaran (hierarki) mata kuliah setiap semesternya.
  • Kolaboratif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan baik diperoleh secara langsung pada proses pembelajaran melalui perkuliahan di kelas, maupun di luar proses perkuliahan, seperti proses magang, PKL, PPM dan program ma’had.
  • Berpusat pada mahasiswa yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan dengan studi observasi, eksperimen, baik secara kelompok maupun individu.

KEGIATAN AKADEMIK

  1. Perkuliahan pendekatan Andragogi dan berbasis integratif
  2. Perkuliahan Bahasa Arab program intensif selama 1 tahun
  3. Layanan konsultasi dan bimbingan studi
  4. Layanan konsultasi dan bimbingan karier
  5. Praktik kerja lapangan integratif, baik di dalam negeri maupun luar negeri
  6. Pengabdian pada Masyarakat (Posdaya berbasis Masjid)
  7. Kuliah Tamu/Seminar nasional
  8. Observasi lapangan (Magang I dan Magang II)
  9. Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah bagi mahasiswa
  10. Internasional Class Program (ICP) Arab dan Inggris
  11. Publikasi Jurnal Pendidikan Agama Islam (J-PAI)
  12. Layanan Konsultasi dan bimbingan Individual
  13. Uji kemampuan (kompetensi) materi ke-PAI-an dan pedagogi

KEGIATAN NON AKADEMIK

  1. Pembinaan intensif keagamaan di ma’had selama 1 tahun
  2. Khotmil al-Qur’an setiap minggu akhir per bulan
  3. Pelatihan Ilmiah Leadership dan Management (PILM)
  4. Layanan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) Pusat Bahasa
  5. Pembinaan menghafal alqur’an melalui Hai’ah Tahfid al-Qur’an (HTQ)
  6. Olah raga dan seni setiap hari Jum’at
  7. Pembinaan Manasik Haji
  8. Pengenalan budaya dan tradisi akademik melalui OPAK, OSFAK dan OSJUR
  9. Layanan Kesehatan Poliklinik UIN Maliki Malang
  10. Pelatihan Kepramukaan

EVALUASI PEMBELAJARAN

Untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara teoritik dan praktis, prodi PAI melakukan bentuk kegiatan evaluasi yang telah dipatenkan oleh bagian akademik universitas yaitu Quiz, Tugas, Praktikum, Ujian Tahap I (middle test), Ujian Tahap II (final test).

Proses evaluasi pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan capaian pembelajaran, karakteristik dan tujuan mata kuliah masing-masing. Kegiatan evaluasi pembelajaran melalui kegiatan menyusun esai, makalah, observasi lapangan, seminar presentasi, diskusi, kinerja, dan ujian praktek.

Konversi nilai :

No. Interval Skor Nilai Huruf Nilai Angka Status
1 85-100 A 4,00 Lulus
2 75-84 B+ 3,50 Lulus
3 70-74 B 3,00 Lulus
4 65-69 C+ 2,50 Lulus
5 60-64 C 2,00 Lulus
6 50-59 D 1,00 Tidak Lulus
7 < 50 E 0,00 Tidak Lulus

Dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, prodi PAI melalukan upaya dengan cara memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan setiap semester melalui kontrak perkuliahan dan jurnal perkulihan yang dipegang oleh dosen dan mahasiswa (ketua kelas). Evaluasi didasarkan pada data kehadiran dosen dan mahasiswa, kesiapan materi perkuliahan, kesesuaian antara RPS dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas, serta penilaian hasil belajar. Hasil evaluasi digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki program pembelajaran pada semester berikutnya dan disampaikan pada forum rapat dosen rutin yang dilakukan pada setiap awal perkuliahan.

SARANA PRASARANA

Sebagai penunjang kegiatan akademik dan Non Akademik, sarana dan prasarana meliputi:

  1. Ruang Dekan, Ruang Wakil Dekan I, Ruang Wakil Dekan II, dan Ruang Wakil Dekan III
  2. Ruang Layanan Prodi PAI, yang terdiri dari Ketua Jurusan, sekretaris Jurusan dan Staff Jurusan
  3. Ruang Kuliah sebanyak 10 ruang, berkapasitas 30-45 tempat duduk yang dilengkapi dengan LCD dan wifi
  4. Ruang Laboratorium: Laboratorium Mikroteaching, Laboratorium PAI, Laboratorium Komputer, Laboratorium  Bahasa pada Pusat Pengembangan Bahasa (PPB)
  5. Ruang perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas
  6. Ruang Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
  7. Ruang Pembelajaran ICP sebanyak 5 Ruang
  8. Ruang Publikasi Jurnal dan Informasi
  9. Ruang Layanan keuangan
  10. Ruang Puskom dan Perencanaan
  11. Masjid Tarbiyah dan Masjid Ulul Albab
  12. Ruang sidang / pertemuan Mikro Teaching  lt. 2 (kapasitas 150 orang)
  13. Ruang Pertemuan Gedung Dr (HC). Ir. Soekarno Lt. 5 (kapasitas 600 orang)
  14. Ruang Pertemuan Gedung C Lt. 3 (kapasitas 300 orang)
  15. Ruang sport center (SC)
  16. Ruang UKM kemahasiswaan
  17. Ruang Arsip dan Gudang
  18. Finger Print untuk merekam kehadiran dosen dan karyawan

INTERAKSI KOMPONEN PEMBELAJARAN

  1. Interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan berikut:
    1. Tatap muka terjadwal dalam kegiatan perkuliahan di dalam kelas
    2. Konsultasi permasalahan akademik dan uji kompetensi berkala melalu buku kepenasehatan akademik
    3. Kegiatan akademik melalui kuliah tamu, seminar-seminar, international conference, konsultasi tugas-tugas kuliah, konsultasi tugas akhir (skripsi), ujian skripsi, lokakarya, diskusi serta pertemuan ilmiah lainnya.
    4. Interaksi kegiatan ektrakulikuler melalui khotmul qur’an, ta’aruf akademik (osjur), shalat dhuhur berjama’ah, kultum dhuhur, kajian ramadhan.
    5. Interaksi pembelajaran bahasa Arab secara indoor maupun out door dilingkungan kampus.
  1. Interaksi akademik antara mahasiswa dengan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan berikut:
  1. Interaksi belajar di ruang perkuliahan (kelas), ruang baca perpustakaan, laboratorium, Gazibo (taman lingkungan) kampus.
  2. Interaksi belajar intensif di Pusat Ma’had selama 1 Tahun, melalui kegiatan ta’lim al Afkar al IslamiyahBi’ah Arabiyah, Al yaum al Araby, Al Musyabaqah al Arabiyah, English Day, English Contest, Shabah al Lughah, dan kegiatan Halaqah.
  3. Interaksi melalui program  pembelajaran bahasa Asing (Arab dan Inggris)
  4. Interaksi antar mahasiswa melalui kegiatan UKM, OMIK yang berpusat di gedung SC (student Center)
  5. Interaksi melalui kegiatan-kegiatan kepanitiaan, baik diselenggarakan oleh universitas, fakultas mapun jurusan.
  6. Interaksi Interaksi antara dosen dengan dosen sebagai berikut:
  1. Pertemuan rutin dosen setiap awal semester untuk membahas masalah akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  2. Kegiatan seminar proposal penelitian, seminar hasil penelitian yang dikelola bagian akademik (wadek I)
  3. Interaksi melalui kegiatan khotmul Qur’an universitas setiap Hari Kamis akhir per bulan, dan setiap hari jum’at minggu awal perbulan (khotmul Qur’an fakultas).
  4. Interaksi dosen dengan dosen ketika melaksanakan shalat dhuhur berjama’ah sekaligus Kultum oleh dosen secara bergantian setiap hari (Senin-Jum’at) di Masjid At-Tarbiyah.
  5. Interaksi dalam rapat-rapat pimpinan, seperti Rapat Tinjauan Management (RTM), diskusi dengan nasumber tamu, baik berasal dari dalam maupun luar negeri.

PRESTASI MAHASISWA PAI

No. Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) Prestasi yang Dicapai
(1) (2) (3) (4)
1 Lomba Cerdas Cermat Qur’an dalam rangka Semarak FITK Oktober 2014. Lokal Juara 3
2 ”Lomba Micro Teaching” dalam rangka FITK Festival yang diselenggarakan DEMA-FITK UIN Maliki Malang 28 Oktober 2015 Lokal Juara 2
3 ”Lomba Poster” dalam Islamic Education Festival (IEF) Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI FITK UIN Maliki Malang 2015 Lokal Juara 1
4 Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Regional (MTQMR) di Uneversitas Trunojoyo Madura. Lomba MTQ Regional Juara 2
5 Lomba Writing Essay Competition in Maliki English Festival (MEF) 2014 Lokal Juara 3
6 Lomba Tafsir Bahasa Arab Putri LPTQ Kabupaten Malang 2014 Regional Juara 1
7 Lomba MTQ Bali 2014 Regional Juara 2
8 Lomba MTQ Kota Malang 2014 Regional Juara 3
9 Duta pendidikan malang 12 April 2015 Regional Juara
10 Lomba dakwah pondok Al-Haromain 12 April 2015 Lokal Juara 2
11 Lomba paduan suara “sapta gita” USM Kategori folkori 22 Mei 2016 Nasional Juara 2
12 The 1 st China Indonesia frinshp Choir Competitior 2-3 April 2016 Nasional Juara 2
13 Lomba  media pembalajaran berbasis IT gebyar KT 2013 Regional Juara 2
14 Lomba artikel HMJ UIN Maliki Malang 2013 Lokal Juara 1
15 Lomba pidato Bahasa  arab Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2014 Lokal Juara 1
16 Lomba cerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2013 Lokal Juara 2
17 Lomba talent show cerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2013 Lokal Juara 1
18 Lomba talent showcerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2015 Lokal Juara 2
19 Lomba I-Pop (Islamic Pop) 17 juni 2014 Lokal Juara I
20 Lomba karya tulis ilmiah al-quran (LKTIQ) tingkat mahasiswa nasional 2015 Nasional Semifinalis
21 Lomba News Menulis cerpen tentang KKM 30 November 2015 Lokal Juara 3
23 Lomba Menulis puisi Kebudayaan Derah 21 Mei 2016 Lokal Juara 2
24 Lomba esay UIN Maliki Malang, Oktober 2014 Nasional Juara 3
25 Lomba MSQ Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2014 Lokal Juara 1
26 Festiva banjari se-Nusantara diPP.Kranji lamongan24 Desember 2015 Nasional Juara 2
27 Festival Banjari se-Jatim di Masjid Jami’ Gresik 20 Mei 2015 Regional Juara 1
28 Festival Banjari se-Jatim 20 Desember 2015 Regional Juara 2
29 Festival Banjari se-Jatim UKM sen religius uin malang 25-26 April 2014 Regional Juara 3
30 Lomba LKTIN ILP2MI di Universitas Muhammadiyah Makasar9 Maret 2015 Nasional Juara 1
31 Festifal AL-banjari di Uiversitas Islam Malang5 April 2016 Regional Juara 3
32 Festifal AL-banjari di Pp. Bahrul Maghfiroh13 Mei 2016 Regional Juara 3
33 Festifal AL-banjaridi STAINU Malang 25 Mei 2016 Regional Juara 1
34 Lomba Syarhi al-Qurandi Kab.Nganjuk3 September 2014 Regional Juara 3
35 Lomba Islamic Pop7 Maret 2013 Lokal Juara 1
36 Festival Banjari Se-Nusantaradi JawaPos Surabaya 18 Desember 2015 Nasional Juara 3
37 Lomba MTQ (Olimpiade Al-Qur’an UIN Maliki Malang) 1 Januari 2014 Regional Juara 1
38 Lomba Musabaqoh Qira’ah Sab’ah di Universitas Negeri Malang;29-31 Mei 2014 Regional Juara 3
39 Lomba MTQ 10 Juz (Tahfidz)di Universitas Trunojoyo Madura; 19-22 Juli 2016 Regional Juara 1
40 Lomba kaligrafi kontemporer putri di Ma’had Sunan Ampel al-Aly Desember 2015 Lokal Juara 2
41 Lomba CCQ Cerdas Cermat Qur’anFITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Oktober 2014 Lokal Juara 1
42 LOMBA FUTSAL CUP 20 Agustus 2015 Regional Juara 1
43 Lomba MTQ di Universitas Trunojoyo Madura 22 juli 2016 Regional Juara 2
44 Lomba MTQ di Universtas Negeri Malang Maret 2015 Nasional Juara 1
45 Lomba Bola Voly putra se-Jatim di IAIN Tulungagung 2016 Regional Juara 1
46 Lomba Bola Voly putra se-Malang raya di Universitas Machung 2016 Regional Juara 1
47 Lomba Musikalisasi Hadist se Jawa Bali 2016 Regional Juara 1
48 Seleksi est java scout challenge 2015 kota Malang Regional Juara 1
49 Jambore routing Sukun Kota Malang 2015 Regional Juara 3
50 Lomba Kaligrafi se-Kabupaten Malang di Kantor Kemenag Kab. Malang 2015 Regional Juara 1
51 Open turnament Surabaya cup Taekwondo Mei 2016 Regional Juara 1
52 Lomba LKTN di Universitas Muhammadyah Makasar 10 Maret 2015 Nasional Juara 1
53 Lomba tulis dan baca puisi dan se-Jawa Bali 2015 Regional Juara 3
54 National English research 2014 Nasional 4 Besar
55 Lomba LKTA 29 November 2014 Nasional Semifinalis
56 Lomba MMQ-MTQ Jatim 2015 Regional Juara Harapan 1
57 Lomba MMQ-MTQ kab. Malang 2014 Regional Juara 2
58 Presenter hasil peneltian di IIU Malaysia Internasional
59 Menerbitkan buku di Jerman Internasional

IPK (indeks Prestasi Kumulatif ) Prodi PAI

Mahasiswa Angkatan Jumlah Mahasiswa IPK Mahasiswa
<2.5 2.5 –  3.0 3.00 -3.50 3.50 – 4.00
2013 266 1 8 34 223
2014 239 3 4 52 180
2015 244 7 6 47 184
2016 209 2 2 42 163

Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen FITK

Tahun Akademik Kompetensi Pedagogik Kompetensi  Profesional Kompetensi Kepribadian Kompetensi Sosial Rata-rata
Ganjil 2013-2014 4.01 4.01 4.03 4.01 4.01
Genap 2013-2014 4.01 4.01 4.03 4.01 4.01
Ganjil 2014-2015 4.09 4.07 4.12 4.1 4.1
Genap 2014-2015 4.07 4.06 4.11 4.10 4.09
Ganjil 2015-2016 4.07 4.06 4.11 4.10 4.09
Genap 2015-2016 4.10 4.09 4.13 4.11 4.11
Start Date
July 2018, February 2019
Duration
2 years (Part time, Full time)
Price
18,000 USD
More Information
Categories
PAI