Pendidikan Agama Islam
PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
IDENTITAS PROGRAM STUDI
1. | Nama Program Studi | : | PEndidikan aGama islam |
2. | Ijin Penyelenggaraan Prodi | : | Dj.I/867/2010 Tanggal 6 Desember 2010 |
3. | Akreditasi Prodi | : | a (135/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/VI/2013) |
4. | Gelar Akademik Beserta Singkatannya | : | Sarjana Pendidikan Agama Islam (s.Pd) |
5. | Jenis Pendidikan | : | Akademik |
6. | Program Pendidikan | : | Program Sarjana (Level 6) |
7. | Bahasa Pengantar Kuliah | : | Bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab |
8. | Masa Studi Program Sarjana | : | 8 (delapan) semester atau 4 (empat) Tahun |
9. | No. Telepon | : | 0341-551398 |
10. | Faksimil | : | 0341-551398 |
11. | Hompage | : | http://fitk.uin-malang.ac.id/ |
12. | E-mail PS | : | pai@uin-malang.ac.id |
VISI PROGRAM STUDI
Pada Tahun 2030 menjadi Jurusan/Program Studi terkemuka dalam menyiapkan tenaga pendidik Agama Islam dan pengelola pada satuan pendidikan keagamaan Islam yang berkarakter Ulul Albab dan memiliki wawasan internasional.
MISI PROGRAM STUDI
- Menyelenggarakan pendidikan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik agama Islam di sekolah/Madrasah dan jenis pendidikan keagamaan Islam lainnya, serta menjadi pengelola satuan pendidikan keagamaan Islam.
- Mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga kependidikan Islam.
- Mengembangkan paradigma baru manajemen pendidikan dan menciptakan iklim akademis religius dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi sebagai pendidik agama Islam
- Mengembangkan penelitian yang dapat melahirkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan Islam baik pada jalur pendidikan formal, non formal maupun informal.
- Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
- Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika profesional dan moral akademis untuk pengendalian mutu program studi
TUJUAN PROGRAM STUDI
- Menghasilkan pendidik agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan Islam di sekolah/madrasah.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program, dan mengembangkan inovasi-inovasi program satuan pendidikan keagamaan Islam.
- Menghasilkan lulusan tambahan sebagai Konselor dan penyuluh Pendidikan Agama Islam di sekolah dan keluarga; Pendidik PAI di Luar Negeri; Trainer Pendidikan Agama Islam; Pengelola Lembaga pendidikan Islam; Pembimbing manasik haji; Pemimpin sosial-keagamaan di sekolah/madrasah dan masyarakat; Jurnalis Pendidikan Islam; Sosiolog Pendidikan Islam; Intrepreneur Islam; dan Juru Dakwah / Muballigh.
PROFIL LULUSAN PRODI
1. Profil Utama:
Sebagai Pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.
2. Profil Tambahan:
- Konselor dan penyuluh Pendidikan Agama Islam di sekolah dan keluarga
- Pendidik PAI di Luar Negeri
- Trainer Pendidikan Agama Islam
- Pengelola Lembaga pendidikan Islam
- Pembimbing haji
- Pemimpin sosial-keagamaan di sekolah/madrasah dan masyarakat
- Jurnalis Pendidikan Islam
- Sosiolog Pendidikan Islam
- Intrepreneur Islam
- Juru Dakwah/Muballigh
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) PRODI PAI
Untuk mencapai visi, misi, tujuan dan profil lulusan yang ideal, kurikulum prodi PAI dirancang memiliki empat kompetensi utama sebagai berikut:
1. | Kemampuan Kerja | Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.Mampu memanfaatkan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasahMampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
2. | Penguasaan Pengetahuan | Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah. |
3. | Kemampuan Manajerial | Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekoah/madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevanMampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah Pendidikan Agama Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan peserta didikMampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. |
4. | Tanggung Jawab | Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.Mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOME)
Capaian pembelajaran prodi PAI yaitu untuk mencapai indikator kompetensi (kemampuan) utama tersebut di atas, yang dijabarkan melalui capaian pembelajaran sebagai berikut:
- Sikap dan Tata Nilai
Kode | Deskripsi Sikap dan Tata Nilai |
A-01 | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
A-02 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika |
A-03 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila |
A-04 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta bertanggung jawab pada bangsa dan negara |
A-05 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain |
A-06 | Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
A-07 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
A-08 | Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik |
A-09 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri |
A-10 | Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
A-11 | Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman |
A-12 | Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya. |
A-13 | Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat; |
A-14 | Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas; |
A-15 | Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi. |
A-16 | Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan cinta menjadi pendidik, dan percaya diri. |
A-17 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri. |
- Keterampilan / Kemampuan Kerja
Kode | Deskripsi Keterampilan / Kemampuan Kerja |
B-01 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
B-02 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
B-03 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
B-04 | Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
B-05 | Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
B-06 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
B-07 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
B-08 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
B-09 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi |
B-10 | Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja; |
B-11 | Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); |
B-12 | Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar |
B-13 | Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma) |
B-14 | Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar. |
B-15 | Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum |
B-16 | Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
B-17 | Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
B-18 | Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keMampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat |
B-19 | Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum |
B-20 | Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran |
B-21 | Mampu melaksanakan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
B-22 | Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati. |
- Penguasaan Pengetahuan
Kode | Deskripsi Penguasaan Pengetahuan |
C-01 | Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi; |
C-02 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik) |
C-03 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); |
C-04 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik; |
C-05 | Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin |
C-06 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; |
C-07 | Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global. |
C-08 | Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
C-09 | Menguasai teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI di sekolah/madrasah |
C-10 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah. |
C-11 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah. |
C-12 | Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan Pendidikan Agama Islam yang mencakup bidang keilmuan al-qur’an-hadits, akidah-akhlak, ushul fikih-fikih, dan sejarah kebudayaan Islam. |
C-13 | Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
C-14 | Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif |
C-15 | Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sebagai ibu dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah |
- Manajerial (Kewenagan dan Hak)
Kode | Deskripsi Manajerial (Kewenangan dan Hak) |
D-1 | Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data |
D-2 | Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri |
D-3 | Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara kelompok |
D-4 | Mampu bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dalam dunia kerja |
D-5 | Mampu diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dalam dunia kerja |
KURIKULUM PRODI PAI
Untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) dan capaian pembelajaran (learning outcome), prodi PAI menyajikan konten kurikulum sebesar 150 SKS, dengan sebaran mata kuliah sebagai berikut:
- Mata Kuliah Wajib Umum/Universitas (34 SKS)
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1700101 | Pancasila | 2 | MK. Wajib Universitas |
2 | 1700102 | Kewarganegaraan | 2 | MK. Wajib Universitas |
3 | 1700103 | Bahasa Indonesia | 2 | MK. Wajib Universitas |
4 | 1700104 | Bahasa Inggris I | 3 | MK. Wajib Universitas |
5 | 1700105 | Bahasa Inggris II | 3 | MK. Wajib Universitas |
6 | 1700107 | Filsafat Ilmu | 2 | MK. Wajib Universitas |
7 | 1700107 | Studi Al-Qur`an dan Al-Hadits | 2 | MK. Wajib Universitas |
8 | 1700108 | Studi Fiqh | 2 | MK. Wajib Universitas |
9 | 1700109 | Teosofi | 2 | MK. Wajib Universitas |
10 | 1700110 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | MK. Wajib Universitas |
11 | 1700111 | Bahasa Arab Maharah Istima I | 1 | MK. Wajib Universitas |
12 | 1700112 | Bahasa Arab Maharah Kitabah I | 1 | MK. Wajib Universitas |
13 | 1700113 | Bahasa Arab Maharah Kalam I | 2 | MK. Wajib Universitas |
14 | 1700114 | Bahasa Arab Maharah Qiro`ah I | 2 | MK. Wajib Universitas |
15 | 1700115 | Bahasa Arab Maharah Istima` II | 1 | MK. Wajib Universitas |
16 | 1700116 | Bahasa Arab Maharah Kitabah II | 1 | MK. Wajib Universitas |
17 | 1700117 | Bahasa Arab Maharah Kalam II | 2 | MK. Wajib Universitas |
18 | 1700118 | Bahasa Arab Maharah Qiro`ah II | 2 | MK. Wajib Universitas |
Jumlah | 34 |
- Mata Kuliah Wajib Fakultas (43 SKS)
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1710201 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 | MK. Wajib Fakultas |
2 | 1710202 | Teori Belajar Dan Psikologi Perkembangan | 3 | MK. Wajib Fakultas |
3 | 1710203 | Evaluasi Pembelajaran | 2 | MK. Wajib Fakultas |
4 | 1710204 | Dasar-Dasar Pendidikan Islam | 2 | MK. Wajib Fakultas |
5 | 1710205 | Penelitian Tindakan Kelas | 2 | MK. Wajib Fakultas |
6 | 1710206 | Manajemen Pendidikan Islam | 2 | MK. Wajib Fakultas |
7 | 1710207 | Pengembangan Kurikulum | 3 | MK. Wajib Fakultas |
8 | 1710208 | Pengabdian Pada Masyarakat | 2 | MK. Wajib Fakultas |
9 | 1710209 | Statistik Pendidikan | 2 | MK. Wajib Fakultas |
10 | 1710210 | Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran | 2 | MK. Wajib Fakultas |
11 | 1710211 | Keterampilan Dasar Mengajar (KDM) | 3 | MK. Wajib Fakultas |
12 | 1710212 | Metodologi Penelitian Kualitatif | 2 | MK. Wajib Fakultas |
13 | 1710213 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | 2 | MK. Wajib Fakultas |
14 | 1710214 | Bimbingan Konseling | 2 | MK. Wajib Fakultas |
15 | 1710215 | Magang I | 1 | MK. Wajib Fakultas |
16 | 1710216 | Magang II | 1 | MK. Wajib Fakultas |
17 | 1710217 | Seminar Proposal Penelitian | 0 | MK. Wajib Fakultas |
18 | 1710218 | Komprehensif | 0 | MK. Wajib Fakultas |
19 | 1710219 | Praktik Kerja Lapangan PKL | 4 | MK. Wajib Fakultas |
20 | 1710220 | Skripsi | 6 | MK. Wajib Fakultas |
Jumlah | 43 |
- Mata Kuliah Wajib Prodi (63 SKS)
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1711301 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 | MK. Wajib Prodi |
2 | 1711302 | Sejarah Pendidikan Islam | 3 | MK. Wajib Prodi |
3 | 1711303 | Kapita Selekta Pendidikan Islam | 3 | MK. Wajib Prodi |
4 | 1711304 | Qur’an Hadits 1 | 3 | MK. Wajib Prodi |
5 | 1711305 | Qur’an Hadits II | 3 | MK. Wajib Prodi |
6 | 1711306 | Fiqh I | 3 | MK. Wajib Prodi |
7 | 1711307 | Fiqh II | 3 | MK. Wajib Prodi |
8 | 1711308 | Akidah Akhlak I | 3 | MK. Wajib Prodi |
9 | 1711309 | Akidah Akhlak II | 3 | MK. Wajib Prodi |
10 | 1711310 | Sejarah Kebudayaan Islam I | 3 | MK. Wajib Prodi |
11 | 1711311 | Sejarah Kebudayaan Islam II | 3 | MK. Wajib Prodi |
12 | 1711312 | Qiroatul Kutub | 3 | MK. Wajib Prodi |
13 | 1711313 | Hikmatut Tasyri’ | 3 | MK. Wajib Prodi |
14 | 1711314 | Pemikiran Pendidikan Islam | 3 | Mk. Wajib Prodi |
15 | 1711315 | Psikologi Pendidikan | 2 | MK. Wajib Prodi |
16 | 1711316 | Kepemimpinan Pendidikan Islam | 3 | MK. Wajib Prodi |
17 | 1711317 | Metode Khusus PAI | 3 | MK. Wajib Prodi |
18 | 1711318 | Etika Profesi Guru PAI | 2 | MK. Wajib Prodi |
19 | 1711319 | Ushul Fiqh | 2 | MK. Wajib Prodi |
20 | 1711320 | Masail Fiqh | 3 | MK. Wajib Prodi |
21 | 1711321 | Perencanaan Pembelajaran PAI | 2 | MK. Wajib Prodi |
22 | 1711502 | Sosiologi Pendidikan | 2 | MK. Wajib Prodi |
23 | 1711503 | Sosiologi Agama | 2 | MK. Wajib Prodi |
Jumlah | 63 |
- Mata Kuliah Pilihan / Penunjang (19 SKS)
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1711513 | Pendidikan Enterpreneurship* | 2 | MK. Pilihan (penunjang) |
2 | 1711514 | Pendidikan Jurnalistik | 2 | MK. Pilihan (Penunjang) |
3 | 1711515 | Manajemen Dakwah | 2 | MK. Pilihan (Penunjang) |
4 | 1711516 | Teknologi Informasi | 2 | MK. Pilihan (Penunjang) |
5 | 1711517 | Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an* | 2 | MK. Pilihan (penunjang) |
6 | 1711518 | Studi Agama-Agama | 2 | MK. Pilihan (Penunjang) |
7 | 1711519 | Pendidikan Multikultural* | 2 | MK. Pilihan (penunjang) |
8 | 1711520 | Pendidikan Anti Korupsi* | 2 | MK. Pilihan (penunjang) |
9 | 1711521 | Desain Komunikasi Visual PAI* | 3 | MK. Pilihan (penunjang) |
Jumlah | 19 |
- Sebaran Mata Kuliah Per Semester
SEMESTER I | ||||
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1700101 | Pancasila | 2 | MK. Wajib Universitas |
2 | 1710201 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 | MK. Wajib Fakultas |
3 | 1700103 | Bahasa Indonesia | 2 | MK. Wajib Universitas |
4 | 1700107 | Filsafat Ilmu | 2 | MK. Wajib Universitas |
5 | 1700111 | Bahasa Arab Maharah Istima I | 1 | MK. Wajib Universitas |
6 | 1700112 | Bahasa Arab Maharah Kitabah I | 1 | MK. Wajib Universitas |
7 | 1700113 | Bahasa Arab Maharah Kalam I | 2 | MK. Wajib Universitas |
8 | 1700114 | Bahasa Arab Maharah Qiro`ah I | 2 | MK. Wajib Universitas |
9 | 1710204 | Dasar-Dasar Pendidikan Islam | 2 | MK. Wajib Fakultas |
10 | 1711315 | Psikologi Pendidikan | 2 | MK. Wajib Prodi |
11 | 1711516 | Teknologi Informasi | 2 | MK. Pilihan (pilihan) |
JUMLAH SKS/JS | 20 | |||
SEMESTER II | ||||
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1700115 | Bahasa Arab Maharah Istima` II | 1 | MK. Wajib Universitas |
2 | 1700116 | Bahasa Arab Maharah Kitabah II | 1 | MK. Wajib Universitas |
3 | 1700117 | Bahasa Arab Maharah Kalam II | 2 | MK. Wajib Universitas |
4 | 1700118 | Bahasa Arab Maharah Qiro`ah II | 2 | MK. Wajib Universitas |
5 | 1700102 | Kewarganegaraan | 2 | MK. Wajib Universitas |
6 | 1710202 | Teori Belajar Dan Psikologi Perkembangan | 3 | MK. Wajib Fakultas |
7 | 1710209 | Statistik Pendidikan | 2 | MK. Wajib Fakultas |
8 | 1711302 | Sejarah Pendidikan Islam | 3 | MK. Wajib Prodi |
9 | 1711314 | Pemikiran Pendidikan Islam | 3 | Mk. Wajib Prodi |
10 | 1711518 | Studi Agama-Agama | 2 | MK. Pilihan (Penunjang) |
JUMLAH SKS/JS | 21 | |||
SEMESTER III | ||||
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1700104 | Bahasa Inggris I | 3 | MK. Wajib Universitas |
2 | 1700107 | Studi Al-Qur`an dan Al-Hadits | 2 | MK. Wajib Universitas |
3 | 1700108 | Studi Fiqh | 2 | MK. Wajib Universitas |
4 | 1700109 | Teosofi | 2 | MK. Wajib Universitas |
5 | 1710206 | Manajemen Pendidikan Islam | 2 | MK. Wajib Fakultas |
6 | 1711301 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 | MK. Wajib Prodi |
7 | 1711303 | Kapita Selekta Pendidikan Islam | 3 | MK. Wajib Prodi |
8 | 1711312 | Qiroatul Kutub | 3 | MK. Wajib Prodi |
9 | 1710215 | Magang I | 1 | MK. Wajib Universitas |
10 | 1700110 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | MK. Wajib Universitas |
JUMLAH SKS/JS | 23 |
SEMESTER IV | ||||
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1700105 | Bahasa Inggris II | 3 | MK. Wajib Universitas |
2 | 1710207 | Pengembangan Kurikulum | 3 | MK. Wajib Fak. |
3 | 1710212 | Metodologi Penelitian Kualitatif | 2 | MK. Wajib Fak. |
4 | 1711304 | Qur’an Hadits 1 | 3 | MK. Wajib Prodi |
5 | 1711306 | Fiqh I | 3 | MK. Wajib Prodi |
6 | 1711308 | Akidah Akhlak I | 3 | MK. Wajib Prodi |
7 | 1711310 | Sejarah Kebudayaan Islam I | 3 | MK. Wajib Prodi |
8 | 1711503 | Sosiologi Agama | 2 | MK. Wajib Prodi |
9 | 1710203 | Evaluasi Pembelajaran | 2 | MK. Wajib Fakultas |
JUMLAH SKS/JS | 24 | |||
SEMESTER V | ||||
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1710210 | Pengembangan Sumber Dan Media Pembelajaran | 2 | MK. Wajib Fakultas |
2 | 1710213 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | 2 | MK. Wajib Fakultas |
3 | 1710216 | Magang II | 1 | MK. Wajib Fakultas |
4 | 1711305 | Qur’an Hadits II | 3 | MK. Wajib Prodi |
5 | 1711307 | Fiqh II | 3 | MK. Wajib Prodi |
6 | 1711309 | Akidah Akhlak II | 3 | MK. Wajib Prodi |
7 | 1711311 | Sejarah Kebudayaan Islam II | 3 | MK. Wajib Prodi |
8 | 1711317 | Metode Khusus PAI | 3 | MK. Wajib Prodi |
9 | 1711316 | Kepemimpinan Pendidikan Islam | 3 | MK. Wajib Prodi |
JUMLAH SKS/JS | 23 | |||
SEMESTER VI | ||||
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1710205 | Penelitian Tindakan Kelas | 2 | MK. Wajib Fakultas |
2 | 1710211 | Keterampilan Dasar Mengajar KDM | 3 | MK. Wajib Fakultas |
3 | 1710214 | Bimbingan Konseling | 2 | MK. Wajib Fakultas |
4 | 1711313 | Hikmatut Tasyri’ | 3 | MK. Wajib Prodi |
5 | 1711318 | Etika Profesi Guru PAI | 2 | MK. Wajib Prodi |
6 | 1711319 | Ushul Fiqh | 2 | MK. Wajib Prodi |
7 | 1711321 | Perencanaan Pembelajaran PAI | 2 | MK. Wajib Prodi |
8 | 1711515 | Manajemen Dakwah | 2 | MK. Pilihan (Penunjang) |
9 | 1711320 | Masail Fiqh | 3 | MK. Wajib Prodi |
10 | 1711514 | Pendidikan Jurnalistik | 2 | MK. Pilihan (Penunjang) |
JUMLAH SKS/JS | 23 |
SEMESTER VII | ||||
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1710208 | Pengabdian Pada Masyarakat | 2 | MK. Wajib Fakultas |
2 | 1710217 | Seminar Proposal Penelitian | 0 | MK. Wajib Fakultas |
3 | 1711502 | Sosiologi Pendidikan | 2 | MK. Wajib Prodi |
4 | 1710219 | Praktik Kerja Lapangan PKL | 4 | MK. Wajib Fakultas |
1 | 1711513 | Pendidikan Enterpreneurship* | 2 | MK. Pilihan (penunjang) |
2 | 1711517 | Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an* | 2 | MK. Pilihan (penunjang) |
3 | 1711519 | Pendidikan Multikultural* | 2 | MK. Pilihan (penunjang) |
4 | 1711520 | Pendidikan Anti Korupsi* | 2 | MK. Pilihan (penunjang) |
5 | 1711521 | Desain Komunikasi Visual PAI* | 3 | MK. Pilihan (penunjang) |
JUMLAH SKS/JS | 10 | |||
*) Mata Kuliah pilihan diambil 2 SKS, Maksimal 4 SKS | ||||
SEMESTER VIII | ||||
No. | Kode | Matakuliah | SKS | Keterangan |
1 | 1710218 | Komprehensif | 0 | MK. Wajib Fakultas |
2 | 1710220 | Skripsi | 6 | MK. Wajib Fakultas |
JUMLAH SKS/JS | 6 |
DOSEN PAI
No | Nama Dosen Tetap | NIDN | Tgl. Lahir | Jabatan Akademik | Gelar Akademik | Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas | Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan | |
-1 | -2 | -3 | -4 | -5 | -6 | -7 | -8 | |
1. | Prof. Dr. H. Imam Suprayogo | 2002015701 | 2 Januari 1951 | Guru Besar / IVe | Drs | S1 IAIN Sunan Ampel | Kependidikan Kemasyarakatan Islam | |
Dr | S3 Universitas Airlangga | Ilmu Sosial | ||||||
2. | Prof. Dr. H. Muhaimin, MA | 2011125601 | 11 Desember 1956 | Guru Besar/ Direktur Pascasarjana | Drs | S1, IAIN Sunan Ampel Malang | Ilmu Pendidikan Agama Islam | |
MA | S2, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | Ilmu Pendidikan Islam | ||||||
Dr | S3, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | Ilmu Pendidikan Islam | ||||||
3. | Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I | 2031125604 | 31 Desember 1956 | Guru Besar / IVe | Drs. | S1-IAIN Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.PdI | S2- UNISMA | Pendidikan Agama Islam | ||||||
Dr. | S3- Universitas Negeri Malang | Manajemen Pendidikan | ||||||
4. | Dr. H. Asmaun Sahlan, M.Ag | 2010115201 | 10 November 1952 | Lektor Kepala | Drs | S-1:IAIN SA Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M. Ag. | S-2: Universitas Muhammadiyah Malang | Studi Islam | ||||||
Dr | IAIN Sunan Ampel Surabaya | Ilmu Ke-Islaman | ||||||
5. | Dr. H. Farid Hasyim, M.Ag | 9990263752 | 9 Maret 1952 | Lektor Kepala | Drs | S1, IAIN SA Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.Ag | S2, UMM Malang | Studi Islam | ||||||
Dr | S3, IAIN SA Surabaya | Ilmu Keislaman | ||||||
6. | Dr. H. Muhammad Zainuddin, MA | 2007056201 | 7 Mei 1962 | Lektor Kepala | Drs. | S1, IAIN Sunan Kalijaga Yogja | Sejarah Kebudayaan islam | |
MA | S2, IAIN Sunan Kalijaga Yogja | Pendidikan | ||||||
Dr. | S3, IAIN SA Surabaya | Ilmu Keislaman | ||||||
7. | Dr. H. Agus Maimun, M.Pd | 2017086503 | 17 Agustus 1965 | Lektor Kepala | Drs | S1, IAIN SA Malang | Metodologi Penelitian | |
M.Pd | S2, IKIP Malang | Teknologi Pembelajaran | ||||||
Dr | S3, UNJ Jakarta | Metodologi Penelitian | ||||||
8. | Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd | 2026056901 | 26 Mei 1969 | Lektor Kepala | S.Pd | S1, IKIP Malang | Teknologi Pendidikan | |
M.Pd | S2, IKIP Malang | Manajemen Pendidikan | ||||||
Dr | S3, Universitas Negeri Malang | Manajemen Pendidikan | ||||||
9. | Dr. H. Nur Ali, M.Pd | 2003046501 | 3 April 1965 | Lektor Kepala | Drs. | S1, IAIN SA Malang | Tadris Bahasa Inggris | |
M.Pd | S2, IKIP Malang | Manajemen Pendidikan | ||||||
Dr. | S3, Univ. Negeri Malang | Manajemen Pendidikan | ||||||
10. | Dr. Hj. Sulalah, M.Ag | 2012116501 | 12 November 1965 | Lektor Kepala | Dra. | S1, IAIN SA Malang | Pendidikan Bahasa Arab | |
M.Ag | S2, IAIN SA Surabaya | Pendidikan Islam | ||||||
Dr. | S3, IAIN SA Surabaya | Ilmu Keislaman | ||||||
11. | Dr. H. M. Padil, M.Pd.I | 2005126502 | 5 Desember 1965 | Lektor Kepala | Drs | S1, IAIN SA Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.PdI | S2, IAIN SA Surabaya | Pendidikan Islam | ||||||
Dr | S3, IAIN SA Surabaya | Ilmu Keislaman | ||||||
12. | Dr. Suaib H. Muhammad, M.Ag | 2031125704 | 31 Desember 1957 | Lektor Kepala | Drs | S1, IAIN SA Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.Ag | S2, UMM Malang | Studi Islam | ||||||
Dr | S3, IAIN SA Surabaya | Tafsir | ||||||
13. | Dr. Hj. Suti’ah, M.Pd | 2005106501 | 6 Oktober 1965 | Lektor Kepala | Dra | S1, IAIN SA Malang | Dasar – Dasar Pendidikan | |
M.Pd | S2, Universitas Negeri Malang | Teknologi Pendidikan | ||||||
Dr | S3, Universitas Negeri Malang | Teknologi Pendidikan | ||||||
14. | Dr. H. M. Samsul Hady, M.Ag | 2025086601 | 25 Agustus 1966 | Lektor Kepala | Drs | S1, IAIN SA Malang | Pendidikan Agama | |
M.Ag | S2, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta | Pengkajian Islam | ||||||
Dr | S3, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta | Pengkajian Islam | ||||||
15. | Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag | 2020126701 | 20 Desember 1967 | Lektor Kepala | Drs | S1, IAIN SA Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.Ag | S2, UMM Malang | Studi Islam | ||||||
Dr | S3, IAIN SA Malang | Ilmu Keislaman | ||||||
16. | H. Triyo Supriyatno, M.Ag, Ph.D | 2027047001 | 27 April 1970 | Lektor Kepala | S. PdI | S1, IKIP Malang | Pendidikan Bahasa Arab | |
M.Ag | S2, UMJ Jakarta | Pendidikan Islam | ||||||
Ph.D | University of Malaya Malaysia | Islamic Education | ||||||
17. | Dr. H.M. Mujab, MA | 20-2111-6601 | 21 Nopember 1966 | Lektor | Drs | S1, Darul Ulum Deoband India | Hadist | |
MA | S2, Aligarh Muslim Univ. Hadist India | Sejarah Peradaban Islam | ||||||
PhD | S3, Aligarh Muslim Univ. Hadist India | Ilmu Hadis | ||||||
18. | Dr. H. Mohammad Asrori, M.Ag | 2020106901 | 20 Oktober 1969 | Lektor Kepala | S.Ag | S1, IAIN SA Malang | Pendidikan Bahasa Arab | |
M.Ag | S2, UNISMA Malang | Studi Islam | ||||||
Dr | S3, IAIN SA Surabaya | Ilmu Keislaman | ||||||
19. | Dr. H. Bakhruddin Fannani, MA | 2020046301 | 20 April 1963 | Lektor Kepala | Drs. | S1, IAIN Sunan Gunung Jati Bandung | Pendidikan Agama Islam | |
MA | S2 UGM | Ilmu Perbandingan Agama | ||||||
Dr. | S3- OIU Khartoum, Republic of Sudan | Perbandingan Pendidikan | ||||||
20. | Dr. Mohammad Samsul Ulum,M.Ag | 2006087201 | 6 Agustus 1972 | Lektor | S.Ag | S1, STAIN Malang | Bahasa Arab | |
MA | S2, STAIN Malang | Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||
Dr. | S3, UIN Malang | Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||
21. | Dr. Marno, M.Ag | 2022087203 | 22 Agustus 1972 | Lektor Kepala | S.Ag | S1, STAIN Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.Ag | S2, STAIN Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Dr | S3, UIN Maliki Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
22. | Dr. Istianah Abu Bakar, M.Ag | 2009077701 | 9 Juli 1977 | Lektor | S.Ag | S1, STAIN Malang | Pendidikan Islam | |
M.Pd | S2, UMM Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Dr | S3, UIN Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
23. | Dr. Mulyono, M.A | 2026066602 | 26 Juni 1966 | Lektor | S.Pd | S1, STAIN Malang | Kependidikan Islam | |
M.Pd | S2, STAIN Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Dr | S3, UPI Bandung | Administrasi Pendidikan | ||||||
24. | Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I | 2016067603 | 16 Juni 1976 | Lektor | S.Ag | S1. STAIN Malang | Bahasa Arab | |
M.PdI | S2, IAIN SA Surabaya | Pendidikan Islam | ||||||
Dr | S3, Universitas Negeri Malang | Manajemen Pendidikan | ||||||
25. | Dr. M. Fahim Tharaba, M.Pd | 2001108001 | 1 Oktober 1980 | Lektor | S.Ag | S1, STAIN Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.Pd | S2, UIN Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Dr. | S3, UIN Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
26. | Dr. Esa NurWahyuni, M.Pd | 2006037201 | 6 Maret 1972 | Lektor | S.Ag | S1, STAIN Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.Pd | S2, UM Malang | Psikologi Pendidikan | ||||||
Dr | S3 UM Malang | Psikologi Pendidikan | ||||||
27. | Dr. H. Rasmianto, M.Ag | 2031127003 | 21 Januari 1970 | Lektor Kepala | M.Ag | S2 UMM | Sosiologi Islam | |
Dr | S3 IAIN Surabaya | Dirosah Islamiah | ||||||
28. | Dr. H. Zeid B. Semeer, Lc., MA | 2015036701 | 15 Maret 1967 | Lektor | Lc. | S1, Universitas Al-Azhar Cairo Mesir | Theologi Hadis | |
MA | S2, STAIN Malang | Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Dr. | S3, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta | Studi Hadis | ||||||
29. | Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd | 2006097502 | 6September 1975 | Lektor | S.Pd I | S1, STAIN Malang | Pendidikan Bahasa Arab | |
M.Pd | S3, UIN Maliki Malang | Pendidikan Bhs Arab | ||||||
Dr. | S3, UIN Maliki Malang | Pendidikan Bhs Arab | ||||||
30. | Dr. Hambali, M.Ag | 2004047305 | 4 April 1973 | Asisten Ahli | S.Ag | S1, STAIN Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.Ag | S2, UIN Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Dr. | S3, UIN Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
31. | Dr. Zaenu Zuhdi, M.Hi | 2027027601 | 27 Februari 1976 | Lektor | Lc | S1 Al-Azhar Kairo | Syari’ah | |
M.Hi | S2, IAIN SA Surabaya | Syari’ah | ||||||
Dr. | S3, IAIN SA Surabaya | Dirosah Islamiah | ||||||
32. | Imron Rosyidi, M.Ed | 2012116502 | 12 Nopember 1965 | Lektor | Drs. | S1, Kulliayatul Muallimin, Gontor | Studi Islam | |
M.Th. | S2, Darul Ulum Deoband India | Filsafat Pendidikan | ||||||
M.Ed | S2,Internasional Islamic Univ. Malaysia | Teologi dan Filsafat Pendidikan | ||||||
33. | Dra. Siti Annijat Maimunah, M.Pd | 2027095702 | 27 September 1957 | Lektor Kepala | Dra. | S1, IKIP Malang | Bahasa Indonesia | |
M.Pd | S2, IKIP Malang | Bahasa Indonesia | ||||||
Sedang S3, UNESA Surabaya | Teknologi Pembelajaran | |||||||
34. | A. Zuhdi, M.Ag | 2011026901 | 11 Februari 1969 | Lektor | Drs. | S1, IAIN SA Malang | Pendidikan Agama Islam | |
M.Ag | S2, UMM Malang | Studi Islam | ||||||
Sedang S3, UIN Malang | Pendidikan Agama Islam Interdisipliner | |||||||
35. | Mujtahid, M.Ag | 2005017501 | 5 Januari 1975 | Lektor | S.Ag | S1, UMM Malang | IlmuPendidikan Islam | |
M.Ag | S2, UMM Malang | Manajemen Pendidikan | ||||||
Sedang S3, UIN Malang | Manajemen Pendidikan | |||||||
36. | A. Nurul Kawakip, M.Pd., MA | 2031077501 | 31 Juli 1975 | Lektor | S.Ag | S1, IAIN SA Surabaya | Pendidikan Agama Islam | |
M.Pd | S2, UIN Malang | Manajemen Pendidikan | ||||||
MA | Univ. Victoria Austaralia | Pengembangan Kurikulum | ||||||
37. | Muhammad Subky Hasby, M.Ag | 2021037101 | 21 Maret 1971 | Lektor | S.Ag | S1 IAIN Wali Songo | Tafsir dan Hadis | |
M.Ag | S2 IAIN Wali Songo Semarang | Aqidah dan Filsafat Islam | ||||||
38. | Syamsul Arifin, M.Ag. | 2031126505 | 31 Desember 1965 | Lektor | Drs. | S1, IAIN Sunan Ampel Surabaya | Pendidikan Islam | |
M.Ag | S2, IAIN Sunan Kalijogo Yogyakarta | Pendidikan Islam | ||||||
39. | Yuanda Kusuma, M.Ag. | 2024107903 | 24 Oktober 1979 | Asisten Ahli | Lc | S1, al-Azhar Kairo | Studi Al-Qur’an dan Tafsir | |
M.Ag | S2, UIN Malang | Dirosah Islamiyah | ||||||
40. | Benny Afwadzi, M.Hum. | 2002029001 | 2 Februari 1990 | Asisten Ahli | Lc | S1, UIN Sunan Kalijaga Yogja | Tafsir Hadis | |
M.Ag | S2, UIN Sunan Kalijaga Yogja | Studi al-Qur’an Hadits | ||||||
41. | Abdul fattah, M.Th.I | 2008098601 | 8 September 1986 | Asisten Ahli | Lc | S1, Al-Azhar Kairo | Studi Al-Qur’an dan Tafsir | |
M.Th.I | S2, UIN Sunan Ampel Surabaya | Dirosah Islamiah | ||||||
42. | Angga Teguh Prasetyo, M.Pd | 22 Juli 1985 | Dosen | S.Pd.I | UIN Maulana Malik Ibrahim Malang | Pendidikan Agama Islam | ||
M.Pd | UIN Maulana Malik Ibrahim Malang | Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Sedang S3, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang | Manajemen Pendidikan Islam |
PERKEMBANGAN PENDAFTAR
Selama lima tahun terahir, pendaftar mahasiswa baru terus meningkat. Berikut rekapitulasi penerimaan mahasiswa baru PAI 5 tahun terakhir.
Academic Year | Applicants | |||
No. Applied | No. Offered | No. Admitted | Total | |
2012/2013 | 240 | 1970 | 240 | 8.2 |
2013/2014 | 275 | 1828 | 280 | 6.53 |
2014/2015 | 333 | 6555 | 250 | 26.22 |
2015/2016 | 241 | 6538 | 249 | 26.26 |
2016/2017 | 199 | 7442 | 211 | 35.27 |
Total | 1288 | 24333 | 1230 | 19.78 |
Mahasiswa Asing PAI
NO | Nama Mahasiswa | Asal Negara | Tahun Masuk |
1 | Tres Rahas | Kandal, Kamboja | 2013 |
2 | Lim Maza | Kandal, Kamboja | 2013 |
3 | Osman Safni | Kandal, Kamboja | 2013 |
4 | Mohammad Saddam Hayeemasae | Pattani, Thailand | 2013 |
5 | Sakeeroh Masae | Pattani, Thailand | 2013 |
6 | Kaosar Ali Adam | Pattani, Thailand | 2013 |
7 | Romlee Yeekabjee | Songkhla, Thailand | 2014 |
8 | Nasafee Heemsuwan | Songkhla, Thailand | 2014 |
9 | Mohumudzakee Daerh Salaeh | Songkhla, Thailand | 2014 |
10 | Radon Yeewangcharoen | Songkhla, Thailand | 2014 |
11 | Sorur Khaled Abdulatif | Libya | 2014 |
12 | Muhammad Alif Bin Sarbini | Malaysia | 2015 |
12 | Baddariyah Smad | Thailand | 2016 |
MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, kerja kelompok, active learning, dan discovery-inquiry learning. Selain itu, karakteristik proses pembelajaran terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
- Interaktif yaitu suatu capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen, mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan murobbi, mahasiswa dengan musyrif, serta didukung dengan budaya lingkungan ma’had yang memadahi.
- Holistik yaitu proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi atmosfir pembelajaran yang kondusif, baik secara formal pada perkuliahan di jurusan PAI maupun cara non formal mengikuti program-program di ma’had.
- Integratif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin ilmu yang dikembangkan univesitas, serta penghayatan nilai-nilai ulul Albab.
- Saintifik yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama, kebangsaan, dan keumatan yang rahmatan lil alamin.
- Kontekstual yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya sebagai calon pendidik (guru) pendidikan Agama Islam di Sekolah/madrasah.
- Tematik yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi PAI dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan transdisiplin yang dipelajari melalui desain kurikulum dan bahan kajian setiap mata kuliah.
- Efektif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu 4 (empat) tahun melalui pemasaran (hierarki) mata kuliah setiap semesternya.
- Kolaboratif yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan baik diperoleh secara langsung pada proses pembelajaran melalui perkuliahan di kelas, maupun di luar proses perkuliahan, seperti proses magang, PKL, PPM dan program ma’had.
- Berpusat pada mahasiswa yaitu capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan dengan studi observasi, eksperimen, baik secara kelompok maupun individu.
KEGIATAN AKADEMIK
- Perkuliahan pendekatan Andragogi dan berbasis integratif
- Perkuliahan Bahasa Arab program intensif selama 1 tahun
- Layanan konsultasi dan bimbingan studi
- Layanan konsultasi dan bimbingan karier
- Praktik kerja lapangan integratif, baik di dalam negeri maupun luar negeri
- Pengabdian pada Masyarakat (Posdaya berbasis Masjid)
- Kuliah Tamu/Seminar nasional
- Observasi lapangan (Magang I dan Magang II)
- Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah bagi mahasiswa
- Internasional Class Program (ICP) Arab dan Inggris
- Publikasi Jurnal Pendidikan Agama Islam (J-PAI)
- Layanan Konsultasi dan bimbingan Individual
- Uji kemampuan (kompetensi) materi ke-PAI-an dan pedagogi
KEGIATAN NON AKADEMIK
- Pembinaan intensif keagamaan di ma’had selama 1 tahun
- Khotmil al-Qur’an setiap minggu akhir per bulan
- Pelatihan Ilmiah Leadership dan Management (PILM)
- Layanan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) Pusat Bahasa
- Pembinaan menghafal alqur’an melalui Hai’ah Tahfid al-Qur’an (HTQ)
- Olah raga dan seni setiap hari Jum’at
- Pembinaan Manasik Haji
- Pengenalan budaya dan tradisi akademik melalui OPAK, OSFAK dan OSJUR
- Layanan Kesehatan Poliklinik UIN Maliki Malang
- Pelatihan Kepramukaan
EVALUASI PEMBELAJARAN
Untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara teoritik dan praktis, prodi PAI melakukan bentuk kegiatan evaluasi yang telah dipatenkan oleh bagian akademik universitas yaitu Quiz, Tugas, Praktikum, Ujian Tahap I (middle test), Ujian Tahap II (final test).
Proses evaluasi pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan capaian pembelajaran, karakteristik dan tujuan mata kuliah masing-masing. Kegiatan evaluasi pembelajaran melalui kegiatan menyusun esai, makalah, observasi lapangan, seminar presentasi, diskusi, kinerja, dan ujian praktek.
Konversi nilai :
No. | Interval Skor | Nilai Huruf | Nilai Angka | Status |
1 | 85-100 | A | 4,00 | Lulus |
2 | 75-84 | B+ | 3,50 | Lulus |
3 | 70-74 | B | 3,00 | Lulus |
4 | 65-69 | C+ | 2,50 | Lulus |
5 | 60-64 | C | 2,00 | Lulus |
6 | 50-59 | D | 1,00 | Tidak Lulus |
7 | < 50 | E | 0,00 | Tidak Lulus |
Dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, prodi PAI melalukan upaya dengan cara memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan setiap semester melalui kontrak perkuliahan dan jurnal perkulihan yang dipegang oleh dosen dan mahasiswa (ketua kelas). Evaluasi didasarkan pada data kehadiran dosen dan mahasiswa, kesiapan materi perkuliahan, kesesuaian antara RPS dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas, serta penilaian hasil belajar. Hasil evaluasi digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki program pembelajaran pada semester berikutnya dan disampaikan pada forum rapat dosen rutin yang dilakukan pada setiap awal perkuliahan.
SARANA PRASARANA
Sebagai penunjang kegiatan akademik dan Non Akademik, sarana dan prasarana meliputi:
- Ruang Dekan, Ruang Wakil Dekan I, Ruang Wakil Dekan II, dan Ruang Wakil Dekan III
- Ruang Layanan Prodi PAI, yang terdiri dari Ketua Jurusan, sekretaris Jurusan dan Staff Jurusan
- Ruang Kuliah sebanyak 10 ruang, berkapasitas 30-45 tempat duduk yang dilengkapi dengan LCD dan wifi
- Ruang Laboratorium: Laboratorium Mikroteaching, Laboratorium PAI, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa pada Pusat Pengembangan Bahasa (PPB)
- Ruang perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas
- Ruang Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
- Ruang Pembelajaran ICP sebanyak 5 Ruang
- Ruang Publikasi Jurnal dan Informasi
- Ruang Layanan keuangan
- Ruang Puskom dan Perencanaan
- Masjid Tarbiyah dan Masjid Ulul Albab
- Ruang sidang / pertemuan Mikro Teaching lt. 2 (kapasitas 150 orang)
- Ruang Pertemuan Gedung Dr (HC). Ir. Soekarno Lt. 5 (kapasitas 600 orang)
- Ruang Pertemuan Gedung C Lt. 3 (kapasitas 300 orang)
- Ruang sport center (SC)
- Ruang UKM kemahasiswaan
- Ruang Arsip dan Gudang
- Finger Print untuk merekam kehadiran dosen dan karyawan
INTERAKSI KOMPONEN PEMBELAJARAN
- Interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan berikut:
- Tatap muka terjadwal dalam kegiatan perkuliahan di dalam kelas
- Konsultasi permasalahan akademik dan uji kompetensi berkala melalu buku kepenasehatan akademik
- Kegiatan akademik melalui kuliah tamu, seminar-seminar, international conference, konsultasi tugas-tugas kuliah, konsultasi tugas akhir (skripsi), ujian skripsi, lokakarya, diskusi serta pertemuan ilmiah lainnya.
- Interaksi kegiatan ektrakulikuler melalui khotmul qur’an, ta’aruf akademik (osjur), shalat dhuhur berjama’ah, kultum dhuhur, kajian ramadhan.
- Interaksi pembelajaran bahasa Arab secara indoor maupun out door dilingkungan kampus.
- Interaksi akademik antara mahasiswa dengan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan berikut:
- Interaksi belajar di ruang perkuliahan (kelas), ruang baca perpustakaan, laboratorium, Gazibo (taman lingkungan) kampus.
- Interaksi belajar intensif di Pusat Ma’had selama 1 Tahun, melalui kegiatan ta’lim al Afkar al Islamiyah, Bi’ah Arabiyah, Al yaum al Araby, Al Musyabaqah al Arabiyah, English Day, English Contest, Shabah al Lughah, dan kegiatan Halaqah.
- Interaksi melalui program pembelajaran bahasa Asing (Arab dan Inggris)
- Interaksi antar mahasiswa melalui kegiatan UKM, OMIK yang berpusat di gedung SC (student Center)
- Interaksi melalui kegiatan-kegiatan kepanitiaan, baik diselenggarakan oleh universitas, fakultas mapun jurusan.
- Interaksi Interaksi antara dosen dengan dosen sebagai berikut:
- Pertemuan rutin dosen setiap awal semester untuk membahas masalah akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
- Kegiatan seminar proposal penelitian, seminar hasil penelitian yang dikelola bagian akademik (wadek I)
- Interaksi melalui kegiatan khotmul Qur’an universitas setiap Hari Kamis akhir per bulan, dan setiap hari jum’at minggu awal perbulan (khotmul Qur’an fakultas).
- Interaksi dosen dengan dosen ketika melaksanakan shalat dhuhur berjama’ah sekaligus Kultum oleh dosen secara bergantian setiap hari (Senin-Jum’at) di Masjid At-Tarbiyah.
- Interaksi dalam rapat-rapat pimpinan, seperti Rapat Tinjauan Management (RTM), diskusi dengan nasumber tamu, baik berasal dari dalam maupun luar negeri.
PRESTASI MAHASISWA PAI
No. | Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan | Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) | Prestasi yang Dicapai |
---|---|---|---|
(1) | (2) | (3) | (4) |
1 | Lomba Cerdas Cermat Qur’an dalam rangka Semarak FITK Oktober 2014. | Lokal | Juara 3 |
2 | ”Lomba Micro Teaching” dalam rangka FITK Festival yang diselenggarakan DEMA-FITK UIN Maliki Malang 28 Oktober 2015 | Lokal | Juara 2 |
3 | ”Lomba Poster” dalam Islamic Education Festival (IEF) Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI FITK UIN Maliki Malang 2015 | Lokal | Juara 1 |
4 | Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Regional (MTQMR) di Uneversitas Trunojoyo Madura. Lomba MTQ | Regional | Juara 2 |
5 | Lomba Writing Essay Competition in Maliki English Festival (MEF) 2014 | Lokal | Juara 3 |
6 | Lomba Tafsir Bahasa Arab Putri LPTQ Kabupaten Malang 2014 | Regional | Juara 1 |
7 | Lomba MTQ Bali 2014 | Regional | Juara 2 |
8 | Lomba MTQ Kota Malang 2014 | Regional | Juara 3 |
9 | Duta pendidikan malang 12 April 2015 | Regional | Juara |
10 | Lomba dakwah pondok Al-Haromain 12 April 2015 | Lokal | Juara 2 |
11 | Lomba paduan suara “sapta gita” USM Kategori folkori 22 Mei 2016 | Nasional | Juara 2 |
12 | The 1 st China Indonesia frinshp Choir Competitior 2-3 April 2016 | Nasional | Juara 2 |
13 | Lomba media pembalajaran berbasis IT gebyar KT 2013 | Regional | Juara 2 |
14 | Lomba artikel HMJ UIN Maliki Malang 2013 | Lokal | Juara 1 |
15 | Lomba pidato Bahasa arab Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2014 | Lokal | Juara 1 |
16 | Lomba cerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2013 | Lokal | Juara 2 |
17 | Lomba talent show cerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2013 | Lokal | Juara 1 |
18 | Lomba talent showcerpen Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2015 | Lokal | Juara 2 |
19 | Lomba I-Pop (Islamic Pop) 17 juni 2014 | Lokal | Juara I |
20 | Lomba karya tulis ilmiah al-quran (LKTIQ) tingkat mahasiswa nasional 2015 | Nasional | Semifinalis |
21 | Lomba News Menulis cerpen tentang KKM 30 November 2015 | Lokal | Juara 3 |
23 | Lomba Menulis puisi Kebudayaan Derah 21 Mei 2016 | Lokal | Juara 2 |
24 | Lomba esay UIN Maliki Malang, Oktober 2014 | Nasional | Juara 3 |
25 | Lomba MSQ Ma’had Sunan Ampel al-Aly 2014 | Lokal | Juara 1 |
26 | Festiva banjari se-Nusantara diPP.Kranji lamongan24 Desember 2015 | Nasional | Juara 2 |
27 | Festival Banjari se-Jatim di Masjid Jami’ Gresik 20 Mei 2015 | Regional | Juara 1 |
28 | Festival Banjari se-Jatim 20 Desember 2015 | Regional | Juara 2 |
29 | Festival Banjari se-Jatim UKM sen religius uin malang 25-26 April 2014 | Regional | Juara 3 |
30 | Lomba LKTIN ILP2MI di Universitas Muhammadiyah Makasar9 Maret 2015 | Nasional | Juara 1 |
31 | Festifal AL-banjari di Uiversitas Islam Malang5 April 2016 | Regional | Juara 3 |
32 | Festifal AL-banjari di Pp. Bahrul Maghfiroh13 Mei 2016 | Regional | Juara 3 |
33 | Festifal AL-banjaridi STAINU Malang 25 Mei 2016 | Regional | Juara 1 |
34 | Lomba Syarhi al-Qurandi Kab.Nganjuk3 September 2014 | Regional | Juara 3 |
35 | Lomba Islamic Pop7 Maret 2013 | Lokal | Juara 1 |
36 | Festival Banjari Se-Nusantaradi JawaPos Surabaya 18 Desember 2015 | Nasional | Juara 3 |
37 | Lomba MTQ (Olimpiade Al-Qur’an UIN Maliki Malang) 1 Januari 2014 | Regional | Juara 1 |
38 | Lomba Musabaqoh Qira’ah Sab’ah di Universitas Negeri Malang;29-31 Mei 2014 | Regional | Juara 3 |
39 | Lomba MTQ 10 Juz (Tahfidz)di Universitas Trunojoyo Madura; 19-22 Juli 2016 | Regional | Juara 1 |
40 | Lomba kaligrafi kontemporer putri di Ma’had Sunan Ampel al-Aly Desember 2015 | Lokal | Juara 2 |
41 | Lomba CCQ Cerdas Cermat Qur’anFITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Oktober 2014 | Lokal | Juara 1 |
42 | LOMBA FUTSAL CUP 20 Agustus 2015 | Regional | Juara 1 |
43 | Lomba MTQ di Universitas Trunojoyo Madura 22 juli 2016 | Regional | Juara 2 |
44 | Lomba MTQ di Universtas Negeri Malang Maret 2015 | Nasional | Juara 1 |
45 | Lomba Bola Voly putra se-Jatim di IAIN Tulungagung 2016 | Regional | Juara 1 |
46 | Lomba Bola Voly putra se-Malang raya di Universitas Machung 2016 | Regional | Juara 1 |
47 | Lomba Musikalisasi Hadist se Jawa Bali 2016 | Regional | Juara 1 |
48 | Seleksi est java scout challenge 2015 kota Malang | Regional | Juara 1 |
49 | Jambore routing Sukun Kota Malang 2015 | Regional | Juara 3 |
50 | Lomba Kaligrafi se-Kabupaten Malang di Kantor Kemenag Kab. Malang 2015 | Regional | Juara 1 |
51 | Open turnament Surabaya cup Taekwondo Mei 2016 | Regional | Juara 1 |
52 | Lomba LKTN di Universitas Muhammadyah Makasar 10 Maret 2015 | Nasional | Juara 1 |
53 | Lomba tulis dan baca puisi dan se-Jawa Bali 2015 | Regional | Juara 3 |
54 | National English research 2014 | Nasional | 4 Besar |
55 | Lomba LKTA 29 November 2014 | Nasional | Semifinalis |
56 | Lomba MMQ-MTQ Jatim 2015 | Regional | Juara Harapan 1 |
57 | Lomba MMQ-MTQ kab. Malang 2014 | Regional | Juara 2 |
58 | Presenter hasil peneltian di IIU Malaysia | Internasional | |
59 | Menerbitkan buku di Jerman | Internasional |
IPK (indeks Prestasi Kumulatif ) Prodi PAI
Mahasiswa Angkatan | Jumlah Mahasiswa | IPK Mahasiswa | |||
<2.5 | 2.5 – 3.0 | 3.00 -3.50 | 3.50 – 4.00 | ||
2013 | 266 | 1 | 8 | 34 | 223 |
2014 | 239 | 3 | 4 | 52 | 180 |
2015 | 244 | 7 | 6 | 47 | 184 |
2016 | 209 | 2 | 2 | 42 | 163 |
Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen FITK
Tahun Akademik | Kompetensi Pedagogik | Kompetensi Profesional | Kompetensi Kepribadian | Kompetensi Sosial | Rata-rata |
Ganjil 2013-2014 | 4.01 | 4.01 | 4.03 | 4.01 | 4.01 |
Genap 2013-2014 | 4.01 | 4.01 | 4.03 | 4.01 | 4.01 |
Ganjil 2014-2015 | 4.09 | 4.07 | 4.12 | 4.1 | 4.1 |
Genap 2014-2015 | 4.07 | 4.06 | 4.11 | 4.10 | 4.09 |
Ganjil 2015-2016 | 4.07 | 4.06 | 4.11 | 4.10 | 4.09 |
Genap 2015-2016 | 4.10 | 4.09 | 4.13 | 4.11 | 4.11 |