fitk@uin-malang.ac.id Jl. Gajayana No. 50 Kota Malang Kode Pos 65144

Portfolio

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah

PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Program Studi (PS)                     :  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Jurusan/Departemen                :  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas                                         :  Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Perguruan Tinggi                      :  Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Nomor SK pendirian PS (*)       :  Nomor Dj.I/257/2007
Tanggal SK pendirian PS          :  10 Juli 2007               

Pejabat Penandatangan
SK Pendirian PS                            :  SK Dirjen Pendidikan Islam

Bulan & Tahun Dimulainya
Penyelenggaraan PS                   :  Tanggal 22 Juli 2007

Nomor SK Izin Operasional (*)  :  Nomor Dj.I/485/2009
Tanggal SK Izin Operasional     :  26 Agustus 2009        
Peringkat Akred. Terbaru         :  C
Nomor SK BAN-PT                          :  056/BAN-PT/Ak-XIII/S1/IV/2011
Alamat PS                                 :  Jl. Gajayana No. 50 Malang Gdng Fakultas Ilmu Sosial Lantai 2
No. Telepon PS                          :  (0341) 551398
No. Faksimili PS                        :  (0341) 551398
Homepage dan E-mail PS           :  tarbiyah.uin-malang.ac.id/info@uin-malang.ac.id

VISI

Terdepan di Kawasan Asia dalam Menghasilkan Guru Kelas pada Pendidikan Dasar SD/MI yang Unggul Spritual, Akhlak, Ilmu dan Keterampilan.

MISI

  1. Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul, berciri khas Islam  dan berakar pada karakter pendidikan dasar.
  2. Menuntaskan pengelolaan program studi menjadi program studi yang mandiri dan mempunyai tatakelola yang baik (Good Governance).

TUJUAN

  1. Menjadi Learning program studi yang unggul, mantap, berciri khas Islam dan berakar pada karakter pendidikan dasar.
  2. Menjadi program studi yang mandiri dan mempunyai tatakelola yang baik (Good Governance).

SASARAN

Untuk tujuan “Menjadi learning program studi yang unggul, mantap, berciri khas Islam dan berakar pada karakter pendidikan dasar”, maka program studi mempunyai sasaran:

  1. Terwujudnya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, dan Islami yang sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan Pendidikan Dasar (tematik integrative), dan tercapainya lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dasar dan/atau pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar, serta tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi agama secara integral pada jenjang pendidikan dasar.
  2. Tercapainya penelitian secara intens dan berkelanjutan untuk melahirkan dan mengembangkan teori-teori dan konsep keilmuan Pendidikan Dasar yang Islami.
  3. Tercapainya peran program studi untuk pengabdian masyarakat yang bersifat proaktif dan antisipatif dalam menunjang penerapan keilmuan dan praktik pendidikan dasar yang Islami.
  4. Tercapainya peningkatan jaringan kerjasama dengan perguruan tinggi/program studi lain di dalam dan luar negeri, khususnya yang berakar pembelajaran pada pendidikan dasar

Untuk tujuan “Menjadi program studi yang mandiri dan mempunyai tatakelola yang baik (Good Governance), maka sasaran yang ditentukan adalah:

1.   Terciptanya iklim akademic religius dalam pengelolaan pendidikan dasar.

2.   Terwujudnya status program studi yang terekreditasi sangat baik oleh BAN PT Indonesia

3.   Tuntas penyiapan sistem manajemen dan tahapan menuju pengelolaan SDM program studi

4.   Tercapainya good governance dalam sistem manajemen

5.  Tercapainya peningkatan berkelanjutan kapasitas kerjasama dengan sekolah dasar atau   madrasah ibtidaiyah dalam pengembangan kelembagaan.

STRATEGI PENCAPAIAN

Untuk Tujuan ” Menjadi learning program studi yang unggul, mantap, berciri khas Islam dan berakar pada karakter pendidikan dasar” adalah:

Sasaran 1 : Terwujudnya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, dan Islami yang sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan Pendidikan Dasar (thematic integrative) dan tercapainya lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dasar dan/atau pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar serta tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi agama secara integral pada jenjang pendidikan dasar. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

a)  Program peningkatan dan penjaminan mutu kurikulum dan silabus untuk memenuhi standar nasional dan internasional dengan kebijakan pengembangan dan pentahapan

b)  Program peningkatan kompetensi/mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana dan manajemen dengan kebijakan perencanaan seksama, menyeluruh dan terpadu.

c)  Program pengembangan joint program dengan perguruan tinggi/program studi/LPTK yang bermutu, baik dalam atupun luar negeri.

d)  Program pengembangan Bahasa dan Keislaman, baik pada program pembelajaran di kampus maupun program pengembangan life skill di Ma’had Sunan Ampel al-‘Aly.

Sasaran 2: Tercapainya penelitian secara intens dan berkelanjutan untuk melahirkan dan mengembangkan teori-teori dan konsep keilmuan Pendidikan Dasar yang Islami. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  1. Program pengikutsertaan riset bertaraf nasional dan internasional dengan kebijakan mengutamakan pada permasalahan pendidikan dan pembelajaran untuk pendidikan dasar.
  2. Program riset-riset kerjasama dengan mitra perguruan tinggi/program studi yang maju dan bermutu, baik kerjasama dalam proses penelitian, pendanaan maupun publikasi.
  3. Program peningkatan mutu SDM, sarana dan prasarana penelitian
  4. Program penyempurnaan sistem tatakelola riset tingkat program studi dengan kebijakan memprioritaskan keikutsertaan seluruh dosen dalam program penelitian yang ada.
  5. Program peningkatan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan teori-teori dan konsep keilmuan, pendidikan dan pembelajaran tingkat dasar.
  6. Program peningkatan prosentase jumlah mahasiswa program studi dengan kebijakan penataan prioritas (mencakup peningkatan jumlah dan kualitas mahasiswa melalui perekrutan mahasiswa bermutu secara proaktif dan peningkatan mutu serta relevansi program studi).
  7. Program pemberian dukungan fasilitas riset untuk skripsi (S-1) dengan kebijakan pemberian dukungan financial dan non-financial (diupayakan dari berbagai sumber).

3.   Sasaran 3:   Tercapainya peran program studi untuk pengabdian masyarakat yang bersifat proaktif danantisipatif dalam menunjang penerapan keilmuan dan praktik pendidikan dasar yang Islami. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  1. Program peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat berfokus pada pemberdayaan masyarakat di lingkungan pendidikan.
  2. Program peningkatan partisipasi masyarakat berbasis masjid dengan kebijakan peningkatan kepeduliaan dan empati dalam membantu dan memberdayakan masyarakat sehingga pengalaman dan keahlian yang diperoleh dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat.

Sasaran 4: Tercapainya peningkatan jaringan kerjasama dengan perguruan tinggi/program studi lain didalam dan luar negeri, khususnya perguruan tinggi/program studi yang berakar pembelajaran pada pendidikan dasar. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  1. Program peningkatan fasilitas jejaring kerjasama nasional dan internasional dengan kebijakan pengembangan yang meliputi aspek kapasitas kelembagaan dan SDM, tatakelola, pendataan, pemantauan serta pendanaan.
  2. Program peningkatan jumlah dan mutu jejaring kerjasama nasional dan internasional secara bertahap dengan kebijakan memprioritaskan kerjasama yang memberikan posisi strategis program studi di tingkat nasional dan atau internasional.

Untuk tujuan “Menjadi program studi yang mandiri dan mempunyai tatakelola yang baik (Good Governance), maka sasaran yang ditentukan adalah:

Sasaran 1: Terciptanya iklim akademis religius dalam pengelolaan pendidikan dasar. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  1. Program peningkatan dalam proses pembelajaran lebih menekankan pada penggunaan Pendekatanandragogis dan pengalaman belajar dirancang secara terpadu antara konsep teori dengan aplikasi pembelajaran di lapangan.
  2. Program peningkatan pembelajaran yang dikembangkan mengacu kepada konsep PAIKEMI, yaituPembelajaran Aktif Inovatif  Kreatif Menyenangkan dan Islami.
  3. Pengembangan Keilmuan mengunakan model integrasi antara agama dan ilmu pengetahuan.

Sasaran 2: Terwujudnya status program studi yang terekreditasi sangat baik oleh BAN PT Indonesia. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  1. Program peningkatan dan penyempurnaan aspek-aspek penilaian dalam akreditasi program studi dan fakultas.
  2. Program pelacakan data dan borang melalui kebijakan temu alumni dan job fair untuk mahasiswa dan alumni program studi
  3. Program peningkatan seluruh program pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran karakter tingkat pendidikan dasar

Sasaran 3: Tuntas penyiapan sistem manajemen dan tahapan menuju pengelolaan SDM program studi. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  1. Program penyiapan dan pelaksanaann instrumen manajemen SDM dengan kebijakan perubahan pengelolaan SDM termasuk pengangkatan dosen program studi. 
  2. Program pengelolaan SDM dengan kebijakan menerapkan manajemen dual sistem dan menggunakan prinsip-prinsip profesionalisme

Sasaran 4: Tercapainya good governance dalam sistem manajemen. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  1. Program penataan organisasi program studi yang mandiri yang memenuhi standar good governance
  2. Program penyempurnaan integrasi sistem informasi keuangan dan manajemen.
  3. Program pembuatan sistem akuntansi yang dipakai sebagai standar yang berlaku untuk program studi yang mandiri (secara bertahap).

Sasaran 5:  Tercapainya peningkatan berkelanjutan kapasitas kerjasama dengan sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah dalam pengembangan kelembagaan. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:

  1. Program pengembangan jejaring kerasama dengan alumni dan stakeholder (termasuk stakeholder internal seperti laboratorium, pusat kajian, les privat, dan sanggar seni) 
  2. Program transformasi unit usaha program studi yang professional dan berkemampuan memberikan kontribusi yang meningkat secara berkelanjutan.
  3. Program pemagangan di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah yang terakreditasi sangat baik, terutama dalam pengasahan pembelajaran berbasis tematik integrasi.

RENCANA OPERASIONAL

Tahap pengembangan program studi mengikuti pola pengembangan dan fakultas dan universitas (Steps of University Development) sebagai induk institusi. Adapun rencana pengembangan program program stud diarahkan untuk mencapai sasaran strategis 25 tahun ke depan yang dibagi ke dalam tiga tahap pengembangan sebagai berikut:

1)  Jangka Pendek 5 tahun ke depan (2007-2011) diarahkan untuk mencapai kemantapan akademik (academic establishment). Pada tahap ini, Fakultas diharapkan mampu memberikan landasan kelembagaan pendidikan akademik dan profesional berciri keislaman dan berbudaya keindonesiaan. Oleh karena itu, kebijakan umum pengembangan lima tahun pertama diarahkan pada pemantapan dan penguatan kelembagaan akademik sebagai landasan bagi tahap pengembangan lima tahun kedua. Tujuan pengembangan tahap ini adalah:

  1. Memenuhi semua baku mutu kelayakan dan kinerja sebagai penyelenggara program pendidikan.
  2. Memenuhi semua persyaratan dasar sebagai program pendidikan yang berciri keislaman.

2)   Jangka Menengah 10 tahun ke depan (2012-2021):

  1. Jangka menengah pertama (2012-2016) diarahkan untuk mencapai posisi program studi yang dikenal di tingkat regional (regional recognition)
  2. Jangka menengah kedua (2017-2021) diarahkan untuk mendapat pengakuan di tingkat regional (regional reputation)

Pada tahap jangka menengah pertama, program program studi diharapkan mampu memberikan landasan untuk berkembang sebagai program pendidikan terkemuka di tingkat regional, khususnya negara-negara sahabat (Islam). Karena itu, kebijakan umum pengembangan lima tahun kedua diarahkan pada pemenuhan baku-mutu program sarjana unggulan, sehingga memberi peluang untuk dikenal sebagai program sarjana dengan reputasi regional. Sedangkan pada jangka menengah kedua, program studi diharapkan harus semakin mantap sebagai program sarjana terkemuka di tingkat regional. Karena itu, kebijakan umum pengembangan lima tahun ketiga diarahkan pada pemenuhan baku-mutu program sarjana unggulan dengan reputasi regional dan mulai dikenal secara global. Adapun tujuan dari pengembangan tahap ini adalah:

  1. Memenuhi semua baku mutu kelayakan dan kinerja sebagai penyelenggara program pendidikan dengan reputasi nasional.
  2. Memenuhi semua persyaratan dasar sebagai program pendidikan Islam unggulan.
  3. Jangka panjang 10 tahun ke depan (2022-2031):
  1. Jangka panjang pertama (2022-2026) diarahkan untuk mencapai posisi yang dikenal di tingkat internasional (international Recognition)
  2. Jangka panjang kedua (2027-2031) diarahkan untuk mendapat pengakuan di tingkat internasional(international Reputaion)

Pada jangka panjang pertama, program studi harus memberikan landasan yang kuat untuk bisa berkembang menjadi program pendidikan dengan reputasi internasional dengan kekhususan Islam. Karena itu, kebijakan umum pengembangan lima tahun keempat diarahkan pada pemenuhan persyaratan dasar sebagai program sarjana yang mampu memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas internasional tanpa membedakan asal-usul peserta didik. Sedangkan pada jangka kedua,program studi harus semakin mantap sebagai program pendidikan terkemuka di tingkat internasional. Karena itu, kebijakan umum pengembangan lima tahun kelima diarahkan pada pemenuhan baku-mutu program pendidikan dengan reputasi internasional yang mampu memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas internasional tanpa membedakan asal-usul peserta didik dan memberikan kontribusi keilmuan, teknologi, dan kebudayaan bagi masyarakat internasional.

Adapun tujuan pengembangan tahap ini adalah:

  1. Memenuhi semua baku mutu kelayakan dan kinerja sebagai penyelenggara program pendidikan dengan reputasi internasional.
  2. Memenuhi semua persyaratan sebagai program pendidikan unggulan di kalangan masyarakat Islam internasional.
  3. Memenuhi baku-mutu minimum sebagai program pendidikan internasional.
  4. Memenuhi baku-mutu sebagai program pendidikan internasional dan pusat keunggulan ilmu, teknologi dan kebudayaan internasional. 

Dengan melihat pola pengembangan program program studi yang telah digambarkan, maka rencana operasional program kerja diarahkan pada:

1.  Penataan dan peningkatan persyaratan penyelenggaraan program pendidikan, yaitu program studi mendapatkan akreditasi A tahun 2014

2.    Penataan dan peningkatan fungsi-fungsi pembelajaran

3.    Peningkatan aktualisasi otonomi keilmuan dan kebebasan akademik

4.    Peningkatan kemampuan tenaga dosen dalam evaluasi hasil pembelajaran

5.    Pembinaan suasana akademik.

6.    Pemenuhan kuantitas dan kualitas dosen, laboran, dan tenaga pendukung lainnya.

7.    Studi lanjut dan spesialisasi yang setara.

8.    sandwich program bagi dosen dan tenaga pendukung lainnya.

9.    Pendidikan dan latihan dalam dan luar negeri (regional and Internasional training program)

10. Forum kajian keagamaan dalam bentuk istighasah dan khatmil qur’an yang merefleksikan kedalaman spiritualdan keluhuran akhlak dalam ajaran Islam

11.  Pentas Karya dan Seni yang mampu mengeksplorasi kekayaan budaya masyarakat muslim.

12.  Bimbingan dan pelatihan membaca dan menulis al-Qur’an dan praktik-praktik keagamaan untuk programstudi.

13.  Studi penelusuran kualitas lulusan dan perubahan pasar kerja lulusan program studi

14.  Kegiatan pengembangan SDM dalam bentuk pelatihan kepemimpinan, sanggar seni dan budaya Bina Madrasah untuk membantu mahasiswa dalam peningkatan kualitas diri dan membantu penyelesaian masalah pribadi dalam perkuliahannya

15. Peningkatan pelatihan penelitian melalui berbagai macam workshop penguatan metodologi penelitian.

16. Peningkatan kemampuan berbahasa asing melalui pendidikan dan pembinaan melalui PKPBA dan PKPBI

17.  Iklim akademik yang kondusif dalam proses pembelajaran

18. Penyediaan kesempatan kerja paroh/magang waktu bagi mahasiswa, khususnya semester 5 kea atas.

19. Penyediaan beasiswa untuk para mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu

20. Program pembinaan kemahasiswaan dalam bidang akademik, pengembangan sikap mental cendekiawan, serta pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan

21. Terselenggaranya pembinaan keagamaan, olahraga, kesenian, dan minat khusus

22. Optimalisasi kerjasama internal dan eksternal program studi baik dengan lembaga Madrasah/Sekolah untuk peningkatan kualitas akademik

23. Optimalisasi hubungan kerjasama program studi dengan lembaga-lembaga pemerintah, pendidikan, perusahaan, dan organisasi kemasyarakatan dan keagamaan.

24. Peningkatan kuantitas dan kualitas sarana-prasarana pendidikan dan pembelajaran

25. Pengembangan fasilitas laboratorium dan perangkat keras pelayanan sistem informasi.

26. Pengembangan jaringan LAN dan internet untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran.

27. Penataan dan peningkatan penerimaan sumber pendanaan dari alumni

28. Penataan dan peningkatan penerimaan sumber pendanaan dari jalinan kerjasama

29. Penataan dan peningkatan penerimaan sumber pendanaan dari unit-unit usaha yang dimiliki. 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

  1. Menampilkan diri sebagai pribadi muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  2. Memiliki komitmen keislaman, keilmuan, dan ke-Indonesiaan.
  3. Mampu mengembangkan diri secara terus-menerus dan berperilaku sebagai pendidik muslim yang professional.
  4. Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan utuh pendidikan.
  5. Memahami karakteristik peserta didik MI, baik dari segi usia, anak yang berkebutuhan khusus, latar belakang keluarga dan masyarakat.
  6. Memahami cara belajar dan kesulitan belajar peserta didik MI dalam penggalan kelompok usia tertentu (kelas awal dan kelas lanjut).
  7. Mampu mengembangkan potensi peserta didik usia MI.
  8. Menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran yang mendidik.
  9. Mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran 10 matapelajaran pokok di MI secara kreatif dan inovatif.
  10. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik, serta mampu menilai proses dan hasil pembelajaran serta tindaklanjut yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  11. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran di MI.
  12. Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas.
  13. Mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai Islam ke dalam setiap matapelajaran di MI.
  14. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan yang mendukung pembelajarannya di MI.
  15. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Al-Qur’an–Al-Hadits (QH), Aqidah–Akhlaq (AA), Fiqih, Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa Arab secara komprehensif yang mendasari pembelajarannya di MI.
  16. Menguasai materi ajar 10 mata pelajaran (BI, Matematika, IPA, IPS, PKn, BA, QH, AA, Fiqih, dan SKI) dalam kurikulum di MI.
  17. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta Seni, Budaya dan Prakarya yang mendukung kedua mata kuliah tersebut di MI
  18. Menguasai materi ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta Seni, Budaya dan Prakarya dalam kurikulum di MI
  19. Mampu mengembangkan pembelajaran 5 mata kuliah umum (BI, Matematika, IPA, IPS, PKn) secara integrasi terpadu.
  20. Mampu mengembangkan pembelajaran 5 mata kuliah rumpun keagamaan (BA, QH, AA, Fiqih, dan SKI) secara integrasi.
  21. Menguasai dasar-dasar materi kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung tercapainya tujuan utuh pendidikan peserta didik MI.
  22. Mampu melakukan kegiatan untuk mengembangkan substansi dan metodologi dasar keilmuan 10 mata pelajaran MI (BI, Matematika, IPA, IPS, PKn, BA, QH, AA, Fiqih, dan SKI).
  23. Mampu berkonstribusi terhadap pengembangan pendidikan di sekolah dan masyarakat tingkat lokal, regional, nasional, dan global.
  24. Memiliki keterampilan berbahasa (bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris).
  25. Mampu berkomunikasi secara aktif, efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat sesuai dengan norma ajaran Islam.
  26. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan stakeholder untuk pengembangan pendidikan.
  27. Memiliki pengetahuan dan kepedulian tentang persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kenegaraan.
  28. Memiliki keterampilan menganalisis, memecahkan masalah, dan bekerja sama dengan orang lain.

STRUKTUR ORGANISASI 

KURIKULUM

A.  MATA  KULIAH WAJIB UMUM (40 SKS)    
NO MATA KULIAH SKS SEMESTER
1 Filsafat Pancasila 3  
2 Bahasa Indonesia Keilmuan 2  
3 Bahasa Inggris I 3  
4 Bahasa Inggris II 3  
6 Ilmu Alamiah, Sosial dan Budaya Dasar 2  
7 Filsafat Ilmu 2  
8 Studi Al-Qur’an 2  
9 Studi Al-Hadits 2  
10 Studi Fiqh 2  
11 Akhlaq/Tasawuf 2  
12 Sejarah Peradaban Islam 2  
13 Teologi Islam 2  
14 Maharat al-Istima’ I 1  
15 Maharat al-Kalam I 2  
16 Maharat al-Qira’ah I 2  
17 Maharat al-Kitabah I 1  
18 Maharat al-Istima’ II 1  
19 Maharat al-Kalam II 1  
20 Maharat al-Qira’ah II 2  
21 Maharat al-Kitabah II 2  
22 Tarbiyah Ulul Albab 1  
Jumlah 40  
B. MATA KULIAH WAJIB KEPRODIAN UNSUR KEFAKULTASAN (49 SKS)
NO MATA KULIAH SKS SEMESTER
1 Psikologi Perkembangan 2  
2 Teori Belajar dan Pembelajaran 2  
3 Perencanaan Pembelajaran 2  
4 Evaluasi Pembelajaran 3  
5 Model Pembelajaran 3  
6 Dasar-Dasar Pendidikan 2  
7 Penelitian Tindakan Kelas 2  
8 Manajemen Pendidikan Islam 2  
9 Pengembangan Kurikulum 3  
10 Statistik Pendidikan 2  
11 Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran 3  
12 Keterampilan Dasar Mengajar (KDM) 3  
13 Metodologi Penelitian Pendidikan (kualitatif) 2  
14 Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif) 2  
15 Filsafat Pendidikan Islam 2  
16 Seminar Proposal 2  
17 Komprehenship 0  
18 Praktik Kerja Lapangan (PKL) 4  
19 Pengabdian Pada Masyarakat 2  
20 Skripsi 6  
Jumlah 49  

 C.  MATA KULIAH WAJIB KEPRODIAN UNSUR KEPRODIAN (69) 

NO MATA KULIAH SKS SEMESTER
  Materi Rumpun Bahasa Indonesia SD/MI    
1 Bahasa Indonesia SD/MI 1 3  
2 Bahasa Indonesia SD/MI 2 2  
3 Bahasa Indonesia SD/MI 3 3  
  Materi Rumpun Matematika SD/MI    
4 Matematika SD/MI 1 3  
5 Matematika SD/MI 2 3  
6 Matematika SD/MI 3 2  
  Materi Rumpun IPA SD/MI    
7 Konsep Dasar Sains MI/SD 1 3  
8 Konsep Dasar Sains MI/SD 2 3  
9 Konsep Dasar Sains SD/MI 3 2  
  Materi Rumpun Ilmu Sosial SD/MI    
10 Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI 1 2  
11 Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI 2 2  
12 Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI 3 2  
  Materi Rumpun Kewarganegaraan SD/MI    
13 Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI 1 2  
14 Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI 2 2  
15 Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI 3 2  
  Materi Rumpun Pendidikan Agama Islam SD/MI    
16 Pembelajaran Akidah Akhlak MI 2  
17 Pembelajaran Fiqh MI 2  
18 Pembelajaran al-Qur’an Hadis MI 2  
19 Pembelajaran  SKI MI 2  
20 Pembelajaran Bahasa Arab MI 2  
22 Pembelajaran Seni Rupa SD/MI 2  
23 Pembelajaran Seni Musik SD/MI 2  
24 Pembelajaran Seni Tari SD/MI 2  
25 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 1 2  
26 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2  
27 Pembelajaran TematikTerpadu 3  
29 Analisis Pengubahan Tingkah Laku Anak 2  
30 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 2  
  Jumlah 63  
 D. UNSUR PILIHAN ( 8 SKS)    
1 Kewirausahaan 2  SEMESTER
2 Pendidikan jurnalistik 2  
3 Desain Grafis 2  
4 Analisis data 2  
5 Speaking 2  
6 Muhadasah 2  
7 Bimbingan Membaca Kitab 2  
8 Etika Profesi Guru 2  

DOSEN

No Nama Dosen Tetap Jabatan Aka-demik Gelar Aka-demik Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (5) (6) (7) (8)
1. Baharuddin Guru Besar Drs.M.PdIDr.Prof. 1. S1-IAIN     Malang2. S2- UNISMA3. S3- Universitas Negeri Malang 1. Pendidikan Agama Islm2. Pendidikan Islam3. Manajemen Pendidikan
2. Djunaidi Ghony Guru Besar Drs.Dr.Prof 1.    S-1 IAIN Sunan Ampel Malang2.   S-3 IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1.     Pendidikan Ke-Islaman2.     Kurikulum
3. Hj. Sulalah Lektor Kepala Dra. M.Ag. Dr. 1.  S-1 IAIN Sunan Ampel Malang.2.  S-2 IAIN Sunan Ampel Surabaya3.  S-3 IAIN Sunan Ampel Surabaya 1. Pendidikan Bahasa ArabIlmu Agama IslamIlmu Ke-Islaman
4. Muhammad Walid Lektor Kepala S. AgMA.Dr. 1.  S-1, STAIN Malang.2.  S-2 Universitas Gadjah Mada3.  S-3, UIN Maliki Malang 1.    Pendidikan Bahasa Arab2.   Ilmu Perbandingan Agama (Teologi)3.   Manajemen Pendidikan Islam
5. Abdul Ghofur Lektor S. AgM.Ag 1.  S-1 STAI Bahrul Ulum Jombang,2.  S-2 IAIN Sunan Kalijaga Jogyakarta 1.    Pendidikan Bahasa Arab2.   Pemikiran/Filsafat Pendidikan Islam
6. Ahmad Sholeh Lektor S. AgM.Ag S-1 STAIN Malang.S-2 IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1.    Pendidikan Agama Islam2.   Sejarah Pendidikan Islam
7. Indah Aminatuz Zuhriah Lektor S. Pd IM.Pd S-1 STAIN Malang.S-2 Universitas Negeri Malang 1.    Pendidikan Islam2.   Manajeman Pendidikan
8. Nurul Yaqin Lektor S. Pd IM.Pd S-1 STAIN Malang.S-2 UIN Malang 1.    Pendidikan Islam2.   Manajemen Pendidikan Islam
9. Agus Mukti Wibowo Lektor S. SiM.Pd S1 Universitas Negeri MalangS2 Universitas Negeri Malang 1.    Kimia (IPA)2.   Pendidikan Kimia (Pendidikan IPA)
10. Yeni Tri Asmaningtias  Lektor S. PdM.Pd S-1 Universitas Muhammadiyah Malang.S-2 Universitas Negeri Malang 1.    Pendidikan Matematika2.   Pendidikan Matematika
11. Bintoro Widodo Lektor S. PdM.Kes S1 IKIP Malang.S2 Universitas Airlangga Surabaya 1.    Pendidikan Olah Raga Kesehatan2.    Ilmu Ksehatan Olah raga
12. Rini Nafsiati Astuti Lektor S. PdM.Pd S1 Universitas Negeri MalangS2 Universitas Negeri Malang 1.    Pendidikan Kimia (IPA)2.   Pendidikan Kimia (Pendidikan IPA)
13 Abdussakir Lektor SPdM.Pd 1.    S1  Universitas Negeri Malang2.   S2 Universitas Negeri Malang 1.    Pendidikan Matematika2.   Pendidikan Matematika
14 Ahmad Abtokhi Lektor SPd. M.Pd 1.    S1 UNESA Surabaya.2.   S2 UNESA Surabaya 1.    Pendidikan Fisika (IPA)2.   Pendidikan Sains (IPA)
15 Nur Ali Lektor Kepala Drs.M.PdDr 1.    S-1 IAIN Sunan Ampel Malang2.   S-2 IKIP Malang3.   S-3 Universitas Negeri Malang 1.    Tadris Bahasa Inggris2.   Teknologi Pembelajaran3.   Manajemen Pendidikan
16 Zainuddin Lektor Kepala Drs.MADr 1.    S-1 IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta2.   S-2 IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta3.   S-3 IAIN Sunan Ampel Surabaya 1.    Sejarah Kebudayaan Islam2.   Ilmu Pendidikan3.   Ilmu Keislaman
17 Wahidmurni Lektor Kepala S.PdM.PdDr 1.    S-1 IKIP Malang2.   S-2 IKIP Malang3.   S-3 Universitas Negeri Malang 1.    Pendidikan IPS (Ekonomi Akutansi)2.   Manajemen Pendidikan3.   Pendidikan Ekonimo
18 Abdul Bashith Lektor S.PdM.SiDr 1.    S-2 Universitas Negeri Malang2.   S-2 Universitas Brawijaya3.   S-2 Universitas Negeri Malang 1.    Pendidikan IPS (Akutansi)2.   Ilmu Administrasi Niaga3.   Pendidikan Ekonomi
19 M. Padil Lektor Kepala Drs.M.PdIDr 1.    S-1 IAIN Sunan Ampel Malang2.   S-2 IAIN Sunan Ampel Surabaya3.   S-3 IAIN Sunan Ampel Surabaya 1.    Pendidikan Agama2.   Pendidikan Islam3.   Ilmu Ke-Islaman 
20 Esa Nur Wahyuni Lektor S.AgM.PdDr. 1.    S-1 STAIN Malang.S-2 Universitas Negeri Malang3.   S-3 Universitas Negeri Malang 1.    Pendidikan Agama Islam2.   Bimbingan Konseling3.   Bimbingan Konseling
21 M. Yahya Asisten Ahli S.AgMAPh.D 1.    S-1 IAIN Sunan Ampel Surabaya2.   S-2 University of the Philiphines3.   S-3 Monash University Australia 1.    Tafsir Hadist2.   Sosiologi3.   Sosiologi Politik
22 Siti Annijat Lektor Kepala Dra.M.Pd 1.    S1 IKIP Malang2.   S2 IKIP Malang 1.    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia2.   Pendidikan Bahasa Indonesia
23 Alfin Mustikawan Asisten Ahli S.PdIM.Pd 1.    S-1 STAIN Malang2.   S-2 UNY Yogyakarta Pendidikan Islam2.   Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
24 Moh. Miftahusyaian Asisten Ahli S,PdIM.Sos S1 STAIN Malang.S2 universitas Brawijaya 1. Pendidikan Islam2.  Sosiologi
25 Jamal Lektor kepala Drs.M.Pd S-1 IKIP MalangS-2 UM MalangS-3 UM Malang 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia2. Pendidikan Bahasa Indonesia3. Pendidikan Bahsa Indonesia
26 Fitratul Uyun S.ThIM.Pd S-1 UIN S. KalijagaS-2 PGMI UIN Maliki Malang 1. Tafsir Hadist2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
27 Ifa Nur Hayati S.AgM.Pd S-1 STAIN MalangS-2 PGMI UIN Maliki Malang 1. Pendidikan Agama2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
28 Eni Nur Asiyah   S.PdIM.Pd S-1 STAIN MalangS-2 UNJ Jakarta 1.Pendidikan Agama Islam2. Pendidikan Anak Usia Dini

PERKEMBANGAN MAHASISWA PENDAFTAR DAN YANG DITERIMA

Tahun Akademik Daya Tampung Jumlah Calon Mahasiswa Reguler  Jumlah Mahasiswa Baru Jumlah Total Mahasiswa
Ikut Seleksi Lulus Seleksi Regular bukan Transfer Transfer(3) Reguler bukan Transfer Transfer(3)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
2008 80 94 80 67 0 90 0
2009 160 230 160 144 0 234 0
2010 160 445 160 126 0 360 0
2011 160 935 160 147 0 507 0
2012 160 1021 160 160 0 667 0
Jumlah 720 2725 720 644 0 1858 0
Rata-rata 144 545 144 129 0 372 0

MODEL PEMBELAJARAN

  1. Metode pendidikan yang memungkinkan Mahasiswa untuk bergerak atau berpindah tempat, agar mahasiswa terbiasa aktif, kreatif, dinamis dan inovatif.
  2. Metode pembelajaran yang sarat dengan permainan-permainan agar Mahasiswa terbiasa dan mencontoh penerapan metode pembelajaran yang mengaktifkan.
  3. Metode pembelajaran yang memberikan Mahasiswa kesempatan untuk belajar atau bekerja secara kelompok, agar terbiasa menerapkan collaborative learning.
  4. Metode pembelajaran yang memberikan Mahasiswa kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses belajar sehingga terbiasa untuk kontekstual teaching learning.
  5. Metode pembelajaran yang menggunakan saintific learning (Observing, Questioning, Associating [menalar], Experimenting [mencoba], Networking [Membentuk jejaring])
  6. Pendekatan pembelajaran integratif eksternal maupun internal .
  7. Pendekatan pembelajaran mengakomodasi pembelajaran tematik integratif sebagaimana kebutuhan pada anak SD/MI.

KEGIATAN AKADEMIK

1.    Perkuliahan pendekatan andragogi dan berbasis integratif

2.   layanan konsultasi dan bimbingan studi

3.   Layanan konsultasi dan bimbingan karier

4.   International Class Program (ICP)

5.   Layanan Konsultasi dan Bimbingan Individual

6.   Praktek Kerja Lapangan Integratif (PKLI)

7.   Workshop Metode Pembelajaran baca Tulis al-Qur’an

8.   Workshop Penulisan Proposal dan Skripsi

9.   Workshop PAIKEMI

10. Kuliah Tamu dan Seminar

11.  Studi Lapangan

12. Experimental learning pada Sains (IPA) dan Pembelajaran

13. Workshop Pembelajaran Matematika

14. Jurnal Ilmiah “Madrasah”

15. Magang mengajar ke madrasah dan sekolah

16. Posdaya Berbasis Masjid

17. Untuk memperkuat akar pohon ilmu UIN, mahasiswa PGMI dilatih berbahasa Arab selama 1 tahun di ma’had (Boarding School) dibawah koordinasi PKPBA. Pada tahun selanjutnya mahasiswa diberi kesempatan mengikuti pembelajaran bahasa Inggris melalui Speaking Club yang dikoordinasikan oleh PKPBI

KEGIATAN NON AKADEMIK

  1. Kepramukaan (KMD)
  2. Bina Seni Musik (gamelan, angklung, recorder, seruling, gitar, pianika, tambora, rebana)
  3. Bina Seni Rupa (lukis, pahat dan membatik)
  4. Bina Seni Tari (modern dan tradisional)
  5. Kepemimpinan
  6. Bina Olahraga (kasti, bola voli, lari, lempar, basket, futsal, baksodor, bola tangan, jumpritan)
  7. Lembaga Bimbingan Belajar.
  8. Pilot (PGMI Organization and Leadeeship Training)
  9. Unit Kegiatan Mahasiswa
  10. OSFAK (Orientasi Fakultas), mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakat dan minat melalui proses pembibitan, termasuk dalam hal ini adalah kegiatan istighasah dan khatmil quran.
  11. OSJUR (Orientasi Jurusan), mahasiswa dibekali materi oleh pakar dan diakhir rangkaian kegiatan dilaksanakan outbond.
  12. Pelatihan Living Values Education (LVE).
  13. Pelatihan ESQ (Emotional Spiritual Quotion).
  14. Khatmil Qur’an setiap Jumat pagi minggu terakhir tiap bulan

15.  Layanan Kesehatan Poliklinik UIN Malang meliputi:

  •  

PENILAIAN (EVALUASI)

      Tujuan evaluasi adalah untuk menilai kemampuan dan kecakapan mahasiswa dalam rangka memahami dan menguasai bahan studi yang disajikan, perubahan sikap dan ketrampilan dalam waktu tertentu dan untuk mengetahui keberhasilan penyajian bahan studi oleh tenaga pengajar dan keberhasilan penyelenggaraan program pendidikan, serta untuk mengetahui kedudukan seorang mahasiswa dalam suatu kelompok menurut kemampuan masing-masing. Ruang lingkup :penilaian terhadap kemampuan akademik mahasiswa dalam suatu matakuliah dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Kegiatan penilaian kemampuan akademik suatu matakuliah dilakukan melalui tugas terstruktur, tugas mandiri, ujian tengah semester dan ujian akhir semester, (2) Kegiatan praktikum didasarkan pada penerapan ilmu yang berkaitan dengan matakuliah-matakuliah tertentu dan penilaiannya dilakukan oleh pembimbing yang dilaksanakan secara terarah dan objektif, (3) Kegiatan terstruktur dalam kegiatan penilaian kemampuan akademik suatu matakuliah pada suatu semester dilaksanakan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam satu semester, (4) Kegiatan mandiri dalam kegiatan penilaian kemampuan akademik suatu matakuliah pada suatu semester dilaksanakan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam satu semester (5) Ujian tengah semester dan akhir semester dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dalam kalender akademik, (6) Penilaian melalui tugas terstruktur, tugas mandiri, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan ujian praktikum dimaksudkan untuk menentukan nilai akhir (NA) dengan pembobotan tertentu, (7) Penilaian keberhasilan studi mahasiswa untuk setiap matakuliah didasarkan pada Penilaian Acuan Patokan (PAP). Setiap awal perkuliahan baru, Dosen memberitahukan kepada mahasiswa tentang sistem penilaian yang dipergunakan. Sistem penilaian acuan patokan (PAP) adalah penilaian dengan cara membandingkan antara hasil belajar riil mahasiswa dengan patokan yang telah ditetapkan. Patokan itu biasa disebut dengan batas kelulusan atau tingkat penguasaan minimum. Hasil penilaian akhir matakuliah dinyatakan dengan huruf dan angka seperti tertera pada tabel berikut:

No. Interval Skor Nilai Huruf Nilai Angka Status
1.       85 – 100 A 4,00 Lulus
2.      75 – 84 B+ 3,50 Lulus
3.      70 – 74 B 3,00 Lulus
4.      65 – 69 C+ 2,50 Lulus
5.      60 – 64 C 2,00 Lulus
6.      50 – 59 D 1,00 Tidak Lulus
7.      Kurang 50 E 0,00 Tidak Lulus

BEA SISWA

Pemberian Beasiswa. Bea siswa untuk mahasiswa  diberikan berdasar pada prestasi akademik, dan kontribusi mahasiswa terhadap program studi. Di samping itu, pemberian beasiswa juga mempertimbangkan tingkat ekonomi mahasiswa. Bea siswa diberikan secara bertingkat dengan mempertimbangkan semester mahasiswa, misalnya: DIPA diberikan dan diutamakan untuk mahasiswa semester 2 yang memiliki prestasi akademik yang baik dan sebagainya. Beasiswa yang diberikan pada mahasiswa prodi PGMI bersumber dari:

  1. DIPA
  2. Bidik Misi
  3. Santri Berprestasi
  4. Bank Indonesia
  5. Bank Republik Indonesia
  6. Supersemar
  7. PT Gudang Garam
  8. Qatar Charity
  9. Khifdzul Qur’an

KEGIATAN SEMINAR/WORKSHOP

No. Nama Tenaga Ahli/Pakar Nama dan Judul Kegiatan Waktu Pelaksanaan
(1) (2) (3) (4)
1 Prof. Dr. Ibrahim Bafadol, M.Pd Workshop Pengembangan Bahan Ajar November 2006
2 Prof. Dr. Rachmat Wahab Pengembangan Kurikulum Maret 2007
3 Prof. Ipung Yuwono Workshop Matematika Realistik November 2008
4 Drs. Abdul Mughni, M.Ag Kolokium Kurikulum Agustus 2009
  Drs. Abdul Mughni, M.Ag Seminar Kepemimpinan Kepala Madrasah 2010
5 K.H. Abd. Rahman Wahid (Gus Dur), Mantan Presiden RI Kuliah Tamu “Membangun Demokrasi dan Pendidikan Tinggi di Indonesia” 2008
6 Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI Peresmian Gedung Sport Center 2010
7 Prof.Dr. Munawar Ismail, DEA “ Workshop Metodologi Penelitian Dosen dan Mahasiswa” 17 Juni 2010
8 Dr. Hc. Anni Iwasaki; Presiden Pusjuki Kuliah Umum dengan Tema “Pembangunan Keluarga Berbasis Green Tech Life Style” 17 Desember 2010
9 Prof. Hamid Awaluddin, Ph.D. (Dubes RI untuk Rusia) Kuliah Tamu dengan Tema “Perkembangan Islam dan Masa Depan Hubungan Bilateral Republik Indonesia – Rusia” 23 Desember 2010
10 Prof. Tiem Lindsay, Ph.D., Marry Challager (Monash Univertsity dan Christian University, Australia) Revolusi Kurikulum Menuju Daya Saing Pendidikan Internasional 2011
11 Ir. H. Aburijal Bakrie, Ketua umum Golkar, Menteri Kabinet Gotong Royong  “Membangun Entrepreneur Sukses” 2011
12 Prof. Dr. Wahbah Zuhaili, mufti syria (Majlis ulama Syiria) Kuliah Tamu dengan Tema “Islam dan Tantangan Peradaban Modern” 11 Januari 2011
13 Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS; Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta Kuliah Tamu dengan Tema “Penguatan Kelembagaan Perguruan Tinggi” 17 Januari 2011
14 H. Yusuf Kalla Kuliah Tamu dan pendirian Yusuf Kalla Entrepreneurship dengan tema “Menjadi Saudagar Muslim Sukses dan Beretika” 21 Januari 2011
15 Prof. Dr. Ir. B.J. Habibie, Mantan Presiden RI  Kuliah Tamu dengan Tema “UIN Dan Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Maju dan Bermartabat” 29 Januari 2011
16 Prof. Akhmaloka, Ph.D ; Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kuliah Tamu dengan tema “Sains dan Pendidikan Karakter Bangsa” 2 April 2011
17 Dr. Ahmed Mohamed Ali; Presiden IDB The IDB Role in Enhanching the Development of Member Countries” 10 Mei 2011
18 Letjen TNI (purn) Andi M. Ghalib, SH., MH.; Dubes RI untuk India Kuliah Tamu dengan Tema “Dunia Pendidikan India di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 16 Mei 2011
19 Dra. Sri Untari Bisowarno, M. AP Studi Lapangan ke Koperasi Serba Usaha “Setia Budi Wanita” JATIM 20 Mei 2011
20 Peter Paul Moormann, Leiden University  Gender Diffreences in the Impact of Child Sexual Abuse on Alexithymia 13 Juni 2011
21 Cynthia Pawelzick; dosen California Pemahaman Cross Culture dalam Dunia Pendidikan 17 Juni 2011
22 Upik Haryanti, SH(Direktur PT. danareksa)  Kuliah Tamu:“Mengenal Lebih Dekat Investasi di Pasar Modal 24 Juni 2011
23 Lilik Sugiharti, S.E., M.Si. (Dosen Tetap FE UNAIR Surabaya) Diklat Metodologi Penelitian bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS 27 Juni 2011
24 Shinta Nuriyah Wahid Sahur Keliling dan Peresmian Gedung Perpustakaan dengan nama “Perpustakaan Abdurrahman Wahid”; kuliah tamu dengan tema “ Dengan Berpuasa Kita Tingkatkan Perjuangan dan Pertahanan Keutuhan Bangsa dan Negara 21 Agustus 2011
25 Megawati Soekarno Putri, Mantan Presiden RI    Kuliah Tamu dan Peresmian Gedung Ilmu Sosial dengan nama Gedung Megawati Soekarno Putri: “Pengembangan Sosial politik dan Pendidikan di Indonesia” 19 Oktober 2011
26 Jo Crawford, MA; Policy and Research Advisor Australia –    Integration of Gender Analysis and Gender Equality in Development Program: Best Practice (Gender in Australian Development NGOs)-    Gender’ – we can’t talk about gender, it is not part of our culture?-    Addressing the challenges of navigating gender anf culture 30 Nopember 2011
27 Edu Media Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT 2011, 2012
28 Tim Jari Matika Workshop Pembelajaran Matermatika 2010
29 Tim PMRI Workshop Pembelajaran Matermatika 2010
30 Tim Sempoa Workshop Pembelajaran Matermatika 2010
31 Prof. Dr. H. Tholhah Hasan Kuliah Tamu dengan Tema “Peranan Agama dan Spiritual dalam Pembangunan Karakter” 13 Desember 2011
32 KH. Abdur Rofi’ Pimpinan Jama’ah Riyadlul Jannah Dzikir Bersama 6000 – 10.000 Jama’ah Majlis Dzikir dan Maulidur rosul Riyadlul Jannah 23 Pebruari 2012
33 Ir. H. Aburizal Bakrie  Entreperenurship: “Membangun Perekonomian Bangsa: Tantangan dan Soslusi” 15 Maret  2012
34 Djamal Aziz ; Anggota Komisi X DPR RI Dia;og Terbatas Tentang Rencana UU Pendidikan Tinggi 27 Maret 2012
35 Dr. Buddy Munawar Rachman, Zamawi Imron dan Dr. Muqowwim, MA Pelatihan tentang “Living Values Education” 21-22 Mei 2012
36 Dr. Sinyo Hari Sarundajang    “Membangun Kearifan dalam Mengelola Masyarakat majemuk di Indonesia” 11 Juni 2012
37 Prof. Dr. Haryono Suyono; Ketua Yayasan Damandiri Kuliah Tamu LPM Posdaya Berbasis Masjid 5 Juli 2012
37 Muhaimin Iskandar, Menakertrans kabinet Indonesia Bersatu jilid 2 Kuliah Tamu Orientasi Pengenalan Akademik Kampus (OPAK) 29 Agustus 2012
39 Prof. Dr. Sa’dun Akbar Workshop Pembelajaran Tematik Integratif September 2013
40 Dr. H. Mustain, M.Ag Sarasehan dan Seminar Nasional (Temu Alumni) Januari 2013
41 Prof. Dr. H. Dede Rosada, M.A Rekonstruksi Kurikulum PGMI Menyongsong Pemberlakuan Kurikulum 2013 September 2013
42 Prof. Dr. Nur Cholis Setyawan, M.Phil Rekonstruksi Kurikulum PGMI Menyongsong Pemberlakuan Kurikulum 2013 September2013
43 Drs. Supriadi, M.Ag Rekonstruksi Kurikulum PGMI Menyongsong Pemberlakuan Kurikulum 2013 2013
44 Joe Cooper Round Table Discussion ICP Nopember 2013
45 Prof. Sven Schottmann Islam and Education: Development and Challanges Nopember 2013
46 Prof. Sven Schottmann Culture, Religion, and Conflict in Muslim Southeast Asia: negotiating Tense Pluralism Nopember 2013
47 Prof. Mary Gallagher Great Teacher: an International Prespective Pebruari 2014
48 Prof. Tim Liendsay Review Curricula Pebruari 2014

MATRIK PERKEMBANGAN INDEK PRESTASI MAHASISWA

  1. Mahasiswa angkatan tahun 2007/2008 rata rata menyelesaikan masa studi adalah selama 4,3 Tahun, penyelesaian tugas akhir 4,8  bulan, dengan IPK rata-rata adalah 3,59.
  2. Mahasiswa angkatan tahun 2008/2009 rata rata menyelesaikan masa studi adalah selama 4, 2 Tahun, penyelesaian tugas akhir 4,6  bulan, dengan IPK rata-rata adalah 3,59.
  3. Mahasiswa angkatan tahun 2009/2010 rata rata menyelesaikan masa studi adalah selama 4, 4 Tahun, penyelesaian tugas akhir 5,3  bulan, dengan IPK rata-rata adalah 3, 64.
Angkatan Mahasiswa Lulusan* Rata-rata Lama Studi** Rata-rata Lama Skripsi*** IPK
2009/2010 118 4, 3 tahun 4.8 Bulan 3.64
2008/2009 61 4, 2 tahun 4.6 Bulan 3.59
2007/2008 19 4, 4 tahun 5.3  Bulan 3, 59
Total 198 4, 3 tahun 4, 9 Bulan 3, 61

SARANA PRASARANA

Prasarana dan sarana yang digunakan Prodi PGMI untuk mendukung interaksi akademik antara sivitas akademika adalah:

a.  Ruang Dekan, Ruang Pembantu Dekan I, Ruang Pembantu Dekan II dan Ruang Pembantu Dekan III

b.  Ruang kuliah, sebanyak 10 ruang kuliah tetap Prodi PGMI yang berkapasitas antara 30 – 45 tempat duduk

c.   Ruang laboratorium terdiri dari laboratorium Microteching, laboratorium dan laboratorium  LP3I yang berfungsisebagai tempat latihan mengembangkan kompetensi dan mengembangkan strategi pembelajaran inovatif, sedangkan untuk Laboratorium Matematika dan IPA ada di Gedung B.J Habiie di Fakultas Saintek

d.  Ruang perpustakaan sebanyak satu ruang dengan koleksi buku-buku literatur asing maupun domestik, terbitan berkala, koleksi skripsi dan pustaka lainnya. Perpustakaan berlangganan jurnal internasional dan nasional yang berkaitan dengan bidang ilmu ekonomi dan ilmu sosial. Adanya fasilitas digital library dan hot spot juga tersedia di area perpustakaan tarbiyah dan perpustakaan pusat

e.  Ruang dosen dan unit yang terbagi sebagai berikut:

  • Ruang unit LP3I, ruang Pusat Penelitian, Pengembangan Mutu dan Pengabdian Masyarakat (Puslitbang Mutu PPM), unit Bimbingan Konseling (BK), ruang unit International Class Programme (ICP), dan ruang unit Info Publikasi Data dan Penerbitan.
  • Ruang sidang dan ruang ujian skripsi
  • Ruang seminar LP3l sebanyak satu ruang dengan kapasitas 150 tempat duduk
  • Ruang Pelayanan administrasi akademik dan kemahasiswaan sebanyak satu ruang
  • Ruang Pelayanan Prodi PGMI terbagi atas ruang Ketua Prodi, sekretaris Prodi, dan staf Prodi PGMI

f.   Prasarana olahraga, seni dan kegiatan kemahasiswaan yang mendukung interaksi dan proses pembelajaran, yaitu: lapangan olahraga, Hall Seni,  Ruang HMJ dan UKM serta Ruang Sidang Kemahasiswaan, sertaStudent Centre (SC) berkapasitas 1000 orang

g.  Ruang Gudang

h.  Ruang Toilet

i.    Ruang ATK

j.    Ruang Keuangan

k.  Ruang Lab Komputer

l.    Ruang Puskomsi dan Perencanaan

m.Ruang Arsip

n.  Sarana yang digunakan oleh Prodi PGMI untuk mendukung interaksi akademik adalah :

  • Proyektor terdiri atas 40 unit milik Fakultas yang dapat diakses oleh Prodi PGMI
  • Layar proyektor sebanyak 16 unit milik Fakultas yang dapat digunakan untuk kegiatan Prodi PGMI
  • Laptop terdiri 5 unit dibawa oleh masing-masing dosen Prodi PGMI dan 1 unit milik Prodi PGMI
  • Komputer (PC) milik Prodi PGMI sebanyak 4 unit dilengkapi dengan perangkat printer dan terhubung dengan jaringan internet di siakad online untuk pelayanan pemgrogaman matakuliah, kepenasehatan akademik, presensi kuliah, dan jurnal perkuliahan
  • Finger print untuk merekam kehadiran dosen dan karyawan
  • Perangkat alat perekaman pembelajaran terdiri dari: tape recorder,   alat shootingcamera digital,  compact disc, TV layar datar, dan ratusan tema CD pembelajaran.

INTERAKSI KOMPONEN PEMBELAJARAN

Interaksi akademik antara Dosen dan mahasiswa diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Tatap muka terjadwal dalam kegiatan perkuliahan di dalam kelas
    1. Kegiatan akademik melalui seminar-seminar, ujian proposal, ujian skripsi, lokakarya, diskusi serta pertemuan-pertemuan ilmiah di dalam kampus.
    2. Untuk memotivasi dosen dan mahasiswa aktif dalam kegiatan ilmiah tersebut pimpinan program studi PGMItelah memprogramkan pertemuan ilmiah sekaligus pemantapan materi Tarbiyah Ulul Albab pada hari Sabtu tiap minggu bertempat di ruang Laboratorium Microteaching lantai 2 yang sangat kondusif. Di samping kegiatan ilmiah tersebut, interaksi antara Dosen dan mahasiswa dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler: orientasi prodi, tadarus al-Qur’an setiap Jum’at pagi, shalat dhuhur berjama’ah, dan konsultasi dengan Dosen wali secara insendental jika mahasiswa mengalami permasalahan akademik maupu non akademik.
    3. Dosen dan mahasiswa berinteraksi bersama secara berkelompok di halaman kampus yang sejuk dan asri untuk belajar Bahasa Arab di waktu sore hari pada saat pelaksanaan pembelajaran PKPBA. Masing-masing kelompok (kelas) berjumlah 30 mahasiswa yang dibimbing oleh satu Ustadz/ustadzah.

Interaksi akademik antara mahasiswa dengan mahasiswa sangat intensif, karena seluruh mahasiswa baru tinggal dalam satu asrama ma’had Sunan Ampel al-Aly. Dalam satu kamar yang ada di Ma’had dihuni oleh 4-6 mahasiswa. Interaksi akademik mahasiswa dengan mahasiswa tersebut direalisasikan dalam bentuk:

  • ?Kegiatan belajar mahasiswa dilakukan secara lesehan di kamar, membaca buku di ruangloby ma’had, diskusi kecil di kantin sambil menunggu antrian makan, baca kitab di ruangHalaqahMa’had, dan pembiasaan berbahasa Arab dan Inggris melalui program kegiatanShabah al-Lughahsetiap habis shalat shubuh di depan ma’had masing-masing, serta shalat wajib lima waktu secara berjama’ah di masjid at-Tarbiyah untuk mahasiswa laki-laki, sedangkan untuk mahasiswa putri di masjid Ulul Albab.
  • Interaksi antar mahasiswa secara intensif terjadi juga di lembaga intra kampus (HMJ, SEMA, dan Unit-unit kemahasiswaan lain seperti Unior, Pramuka, KSR-PMI, Menwa, Seni Religius, LKP2M, Inovasi, Jepret Club, Mapala, Simfoni, TK2, dan Komust) yang memiliki ruang kantor sendiri-sendiri yang kesemuanya bertempat di Gedung Sport Center UIN Malang. Dengan demikian interaksi meraka terbangun secara intensif, mudah dikoordinasi dan dipantau oleh bagian kemahasiswaan.

Interaksi akademik antara Dosen dengan Dosen, ditunjukkan melalui:

  • Pertemuan rutin pengajian Tafsir al-Qur’an setiap hari Jum’at minggu pertama di ruangmicroteaching.
  •  Selain pertemuan dalam rapat-rapat formal universitas, fakultas dan prodi, intensitas interaksi antar Dosen terjadi dalam diskusiLimited Group Discussion(LGD), khatmil qur’an setiap satu bulan sekali, dan komunikasi melalui website UIN Class yang setiap Dosen diberiuser ID.
  • Interaksi antar Dosen juga terjadi secara aktif pada waktu istirahat menjalankan shalat dhuhur secara berjama’ah. Setiap Dosen diberi kesempatan memberi kuliah lima menit (kulma) secara bergiliran di masjid at-Tarbiyah

PRESTASI PGMI

1.     Juara I Microteaching Competetion 2010

2.    Juara II Bola Volly UNIOR CUP 2009

3.    Juara I Catur Tarbiyah Award 2009

4.    Juara I Bulu Tangkis tunggal Putri UNIOR CUP 2012

5.    Juara I Ning Kampus UIN Maliki Malang 2012

6.    Juara II Ning Kampus UIN Maliki Malang 2012

7.    Undangan Kehormatan Bina Seni dan Tari Pada Pameran Buku 2011

8.    Undangan Kehormatan Bina Seni dan Tari pada Sosialisasi Kartini 2012

Lebih lengkap sebagaimana terdapat dalam table berikut:

No. Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) Prestasi yang Dicapai
(1) (2) (3) (4)
1 Kaligrafi tahun 2008 Lokal Juara I
2 Bulutangkis tahun 2008 Lokal Juara I
3 Pidato Bahasa Arab 2008 Lokal Juara I
4 Volley tahun 2008 Lokal Juara II
5 Catur tahun 2008 Lokal Juara II
6 Futsal tahun 2008 Lokal Juara I
7 Catur tahun 2009 Lokal Juara I
8 Volley tahun 2009 Lokal Juara II
9 Bulu Tangkis Tunggal Putri 2012 UNIOR Cup 2013 Lokal Juara I
10 Ning UIN Malang 2013 Lokal Juara I
11 Ning UIN Malang 2013 Lokal Juara II
12 Peer Teaching Competition 2010 Lokal Juara I
13 Catur Kilat (5 menit) Perorangan Putri PIONIR 2013 Nasional Juara II
14 Catur Kilat (5 menit) Beregu Putri PIONIR 2013 Nasional Juara II
15 Catur Cepat (25 menit) Perorangan Putri PIONIR 2013 Nasional Juara II
16 Catur Cepat (25 menit) Beregu Putri PIONIR 2013 Nasional Juara II
17 Catur Standar (45 menit) Perorangan Putri PIONIR 2013 Nasional Juara II
18 Catur Standar (45 menit) Beregu Putri PIONIR 2013 Nasional Juara II
19 Futsal tahun 2013 Lokal Juara I

Start Date
July 2018, February 2019
Duration
2 years (Part time, Full time)
Price
18,000 USD
More Information
Categories