Bosan dengan pembelajaran IPA yang monoton? Dosen FITK Rizki Amelia, M.Pd., punya solusinya! Dosen yang sehari-hari berkantor di Prodi PPG tersebut telah mengembangkan modul pembelajaran digital yang memungkinkan siswa melakukan eksperimen sains secara virtual. Dengan laboratorium virtual kelistrikan yang terintegrasi, siswa dapat belajar sambil bermain dan memecahkan masalah. Hasil temuanya tersebut dipresentasikan pada kegiatan ICP FITK Monthly Expert Talk pada 23 Oktober 2024, di meeting room gedung megawati lantai 1 FITK.

Beliau menjelaskan bahwa pembelajaran IPA merupakan pembelajaran empiris yang melibatkan proses penyelidikan. Akan tetapi, keterbatasan sarana dan prasarana, serta belum tersedianya laboratorium menjadi kendala dalam proses penyelidikan pembelajaran IPA. Laboratorium tradisional membutuhkan banyak waktu, biaya dan kinerja, sehingga penggunaan laboratorium virtual dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPA. Model pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi pedoman penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan produk bahan ajar digital berbasis pembelajaran berbasis masalah terintegrasi dengan laboratorium virtual pada materi kelistrikan bagi mahasiswa PGMI. Proses pengembangan produk mengacu pada model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data terdiri dari instrumen uji validasi media, uji validasi materi dan uji keterbacaan berupa angket dengan skala likert. Hasil uji validasi media menunjukkan skor persentase sebesar 92,33% dengan kriteria sangat valid. Sebagai perbandingan, uji keterbacaan menghasilkan skor sebesar 83,25 dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian, bahan ajar digital berbasis problem based learning terintegrasi dengan laboratorium virtual pada materi kelistrikan terbukti valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA bagi mahasiswa PGMI.

ICP Monthly Expert Talk merupakan acara dua mingguan yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FITK). Pertemuan ini berfungsi sebagai wadah untuk membahas temuan dan perkembangan penelitian terbaru di berbagai bidang pendidikan. Acara ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi akademis, meningkatkan kemampuan penelitian, dan memberikan informasi terkini kepada peserta tentang isu-isu penelitian terkini.