Site icon FITK

Selain Bimtek Penulisan KTI, Prodi PIPS juga Gelar Bimtek Statistik

FITK NEWS – Tak hanya melaksanakan bimtek penulisan karya tulis ilmiah, Prodi PIPS juga menggelar program serupa namanya Bimtek Program Statistik untuk Ilmu Sosial dengan Aplikasi Program SPSS. Acara ini dilaksanakan selama empat hari terturut-turut mulai 17-20 September 2018. Kegiatan dipusatkan di Aula Microteaching dan ruang dosen Gedung Megawati.

Berdasarkan wawancara dengan Kajur Prodi PIPS Alfiana Yuli Efiyanti, MA, acara bimtek dibagi menjadi empat hari. Hari pertama diisi materi tentang aplikasi SPSS untuk analisis penelitian pendidikan IPS yang disampaikan oleh Dr. Alfiana Yuli Efiyanti, MA dan  dan materi entry data dengan aplikasi SPSS yang dipaparkan oleh Sulistya Umie Ruhmana Sari, M.Si dan  Dr. Marhayati, M.Pmat.

Sementara hari kedua, sambung Alfi, materi yang dikaji yaitu deskriptif statistik dengan aplikasi SPSS dan one sample t test, individual sample t test, paired sample t test. Materi ini disampaikan oleh Luthfiya Fathi Pusposari, ME dan Nurlaeli Fitriah, M.Pd. “Bu Luthfi dan Bu Laeli juga memberikan materi di hari ketiga tentang uji validitas dan reliabilitas dan uji asumsi klasik”, ujar Alfi disela-sela kegiatan bimtek.

Ditambahkan jika materi di hari terakhir juga tak kalah menariknya, yaitu tentang korelasi sederhana dan berganda yang dijelaskan langsung oleh Dr. Marhayati, M.Pmat dan Sulistya Umie Ruhmana Sari, M.Si.  “Semoga lewat bimtek statistik ini, mahasiswa Prodi PIPS dapat memami materi yang disampaikan oleh para narasumber dan mempermudah mereka dalam mengerjakan skripsi yang berkaitan dengan statistika”, harap Alfi.

Exit mobile version