Seputar Praktik Kerja Lapangan

Praktik Kerja Lapangan atau biasa disebut dengan PKL merupakan mata kuliah internal yang harus ditempuh oleh mahasiswa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Program ini biasa dilaksanakan pada semester tujuh selama dua bulan dari akhir bulan Juli hingga akhir September. hal ini dilakukan untuk melatih kemampuan yang

Seputar Praktik Kerja Lapangan

Oleh : Salma Laksmita Benedik (Mahasiswa PBA Angkatan 2016)

 

Praktik Kerja Lapangan atau biasa disebut dengan PKL merupakan mata kuliah internal yang harus ditempuh oleh mahasiswa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Program ini biasa dilaksanakan pada semester tujuh selama dua bulan dari akhir bulan Juli hingga akhir September. hal ini dilakukan untuk melatih kemampuan yang telah dipelajari mahasiswa selama duduk di bangku perkuliahan sesuai dengan penjurusan masing-masing. PKL ini dilaksanakan di berbagai tempat. Adapun mahasiswa dari fakultas Syari‟ah melaksanakannya di Pengadilan Agama ataupun Pengadilan Negeri. Selain itu dari fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melaksanakannya di berbagai sekolah.

Adapun salah satu tempat yang menjadi objek pelaksanaan PKL tersebut di MTs Almaarif 01 Singosari. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang masyhur di kabupaten Malang. Sekolah ini bukan hanya masyhur dalam bidang pendidikan umum saja, akan tetapi sekolah ini pun masyhur dengan landasannya sebagai sekolah pesantren. Berbeda dengan sekolah pada umumnya hal tersebut dibuktikan dengan adanya kegiatan tambahan yang biasa disebut dengan ta‟lim. Kegiatan ini bertujuan untuk membina siswa membaca alqur‟an (bagi peserta didik yang belum bisa membaca alqur‟an sesuai dengan makhraj dan tajwidnya), dan membina peserta didik lancar dalam membaca alqur‟an sesuai dengan makhraj dan tajwidnya.

Sama halnya dengan sekolah lain, sekolah ini juga mempelajari ilmu-ilmu sains dan sosial. Meskipun mempunyai latar belakang sekolah pesantren, sekolah ini mengunggulkan ilmu pengetahuan sains dan sosial. Hal tersebut mempunyai tujuan agar peserta didik dapat bersaing kemampuan dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Bahkan mendapat nilai tambahan dari mata pelajaran agama. Akan tetapi sama halnya dengan sekolah pesantren pada umunya, peserta didik di sekolah ini sangat bersemangat dalam mempelajari bahasa Arab dan ilmu-ilmu agama lainnya.

Kembali pada PKL. Dimana semua mahasiswa ditugaskan ke beberapa instansi di daerah Malang Raya maupun di luar kota. Kegiatan ini bagi fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan bukanlah sekedar sebuah kegiatan mengajar biasa akan tetapi juga dilatih untuk mengabdi pada sekolah. Hal tersebut tertuang dalam sebuah tugas akhir yang berupa laporan akhir kegiatan pengabdian. Di sini mahasiswa diminta untuk membuat sebuah program kerja. Dalam hal ini laporan tersebut terbagi menjadi dua, diantaranya adalah laporan individu dan laporan kelompok. Adapun laporan individu program yang harus disusun adalah mengenai rencana apa saja yang akan dilakukan selama dua bulan mengajar. Mulai dari pembagian materi, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran hingga format penilaian hasil belajar peserta didik.

Adapun laporan kelompok merupakan laporan yang disusun berisi rencana pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat yang di sebut adalah bagaimana sikap mahasiswa-mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim dalam bersosial dengan warga sekolah. Pada program kelompok inilah yang biasanya dapat memberikan sesuatu yang membekas untuk sekolah. Adapun contoh hal-hal yang termasuk ke dalam pengabdian masyarakat adalah dengan mengikuti dan membantu berjalannya kegiatan belajar mengajar atau biasa disebut dengan KBM. Hal tersebut tertuang dalam beberapa piket, diantaranya adalah piket KBM, pikettatatertib, piketubudiyah dan lain-lain.

Related posts

Ini Tujuanku, Apa Tujuanmu?

by adminfitk
4 years ago

Prakom-Mini (Minikom), Program Pencetak Calon Faqih Cilik

by adminfitk
4 years ago

Agama Sejatinya Ketulusan

by adminfitk
5 years ago
Exit mobile version