Site icon FITK

UIN Maliki Jadi Tuan Rumah PINBA IX dan Munas V IMLA 2015

FITK NEWS – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang bakal punya gawe besar akhir Agustus 2015 mendatang. Yaitu acara Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) IX dan Muktamar Nasional (Munas) V Ittihadul Mudarrisin Lil-Lughah Al Arabiyah (IMLA) 2015.

Acara hasil kerja sama antara UIN Maliki Malang dengan ini IMLA Pusat ini akan diselenggarakan selama empat hari berturut-turut. Yaitu 27-30 Agustus 2015. Lewat acara bertema Al Lughah Al Arobiyah Asasus Tsaqofah Al Insaniah ini diharapkan bisa memformulasikan Bahasa Arab sebagai bahasa akademik di dunia internasional.   

Ketua Organizing Committee (OC) PINBA IX dan Munas V  IMLA 2015, Dr Mamluatul Hasanah MPd menyatakan pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan demi suksesnya acara, mulai dari menyusun konsep acara dan beberapa agenda lainnya. ”Kami akan terus saling berkoordinasi agar acara bisa berjalan sukses seperti yang diharapkan,” jelas Mamlu’-sapaan- Dr Mamluatul Hasanah MPd.

Mamlu’ memaparkan PINBA IX dan Munas V  IMLA 2015 ini juga tak kalah spesial dengan acara serupa yang telah digelar tahun-tahun sebelumnya. Sebab pihaknya telah mengundang Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin untuk membuka acara. Tak hanya itu, Prof Dr Mahmud Kamil Naqah selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Metode Pengajaran Bahasa Arab Universitas Ainu Syam Mesir juga diundang sebagai keynote speech.

Selanjutnya di PINBA IX dan Munas V  IMLA 2015 ini pula, ada satu sesi yang tidak ada di tahun sebelumnya, yakni konsorsium Pendidikan Bahasa Arab (PBA) – Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Fungsi konsorsium ini sebagai ajang pertemuan para pakar PBA-BSA untuk menentukan standar bahasa Arab di dunia internasional.

Berdasarkan data yang dihimpun wartawan FITK, sampai saat ini sudah ada sekitar 200 abstrak, baik dari dalam maupun luar negeri  yang masuk list panitia. Menariknya, mereka yang mengirim abstrak tak hanya berasal dari benua Asia saja namun juga benua lain seperti Afrika, Eropa bahkan Amerika. ”Ada 1 abstrak berasal dari Amerika,” tutur wanita yang sedang menjabat sebagai Ketua Jurusan PBA FITK UIN Maliki Malang ini.

Informasi lebih lanjut bisa melihat di media publikasi berikut. Antara lain website: imla.uin-malang.ac.id, emailimlauin2015@gmail.com, facebook: http://www.facebook.com/imla.pinba.ix.danmuktamar.v, twitter: https://twitter.com/imla_pinba dan  G+: https://plus.google.com/u/1/109650915023457483342/post. (dw/gung)Penulis: Dewi Nur Suci/Agung Prasetiyo

Exit mobile version